Home > Copa Del Rey > Barcelona Berharap Tuah Ronald Koeman di Copa Del Rey

Barcelona Berharap Tuah Ronald Koeman di Copa Del Rey

Barcelona sangat berharap tuah Ronald Koeman, pelatih mereka, yang sejarahnya memiliki manis di Copa del Rey.

Setelah kekalahan 1-2 dari Real Madrid dalam laga el clasico di Liga Spanyol, Barcelona kini bersiap menghadapi pertandingan besar lainnya.

Barcelona akan menjalani pertandingan final di Copa del Rey 2020-2021 melawan Athletic Bilbao pada akhir pekan nanti di Estadio de La Cartuja, Sabtu (17/4/2021) atau Minggu pukul 02.30 WIB.

El Barca mencapai final setelah melibas Sevilla pada babak semifinal. Bilbao sendiri masuk ke partai puncak setelah mengandaskan perlawanan Levante.

Barcelona adalah pemegang trofi terbanyak Copa del Rey dengan 30 gelar. Bilbao berada di belakang mereka dengan torehan 24 trofi di tempat kedua.

Pada edisi final Copa del Rey kali ini, Lionel Messi cs diunggulkan sebagai juara. Selain rekor apik dalam kompetisi kasta kedua Liga Spanyol tersebut, mereka memiliki jimat dalam diri Ronald Koeman.

Dilansir dari Marca, Copa del Rey adalah trofi perdana Ronald Koeman sebagai pemain pada musim 1989-1990 dilanjutkan lagi ketika menukangi Valencia dengan menggondol trofi pada musim 2007-2008.

Koeman pada saat itu sukses mengantarkan Valencia menjadi juara berkat kemenangan 3-1 atas Getafe di final.

Sedangkan ketika masih pemain, Koeman membantu El Barca mengalahkan Real Madrid 2-0 di final Copa del Rey yang diadakan di Mestalla.

Tentunya sejarah indah dari periode berbeda dalam karier Koeman akan menambahkan cerita manisnya. Selain menjadi trofi pertamanya di bawah asuhan Johan Cruyff di Camp Nou, Copa del Rey juga merupakan kompetisi besar terakhir yang dimenangkan Koeman sebagai pelatih.

Terakhir kali pelatih berusia 58 tahun itu mengangkat trofi adalah pada gelaran Piala Super Belanda bersama AZ Alkmaar pada musim 2008-2009. Dan final Copa del Rey tahun ini juga menjadi ujian bagi Koeman di Barcelona.

Posisinya sebagai pelatih kepala tengah dipertaruhkan mengingat Copa del Rey menjadi salah satu dari dua trofi yang masih bisa diangkat Barcelona musim ini. Adapun pertemuan dengan Bilbao mengulang kembali memori manis Lionel Messi cs pada musim 2014-2015.

Mereka turut bertemu di final dan keluar sebagai pemenang setelah meraih kemenangan 3-1. Pada musim tersebut, Copa del Rey melengkapi gelar Barcelona yang meraih treble winner bersama Luis Enrique.

x

Check Also

Aritz Aduriz Bosan Dengan Dominasi Barcelona dan Real Madrid

Madrid – Aritz Aduriz berharap menutup kariernya dengan memenangkan Copa del Rey, selagi mengaku bosan ...