Home > Berita Liga Champions > Barca Disentil Presiden UEFA Karena Tetap Dukung ESL

Barca Disentil Presiden UEFA Karena Tetap Dukung ESL

Presiden UEFA, Alexander Ceferin, kali ini menyentil keputusan Barcelona yang memilih tetap mendukung berdirinya European Super League (ESL).

Karena seperti diketahui sebelumnya, informasi tentang rencana berdirinya liga baru di Eropa telah menjadi perdebatan hangat di kalangan pencinta sepak bola belakangan ini. Calon kompetisi baru yang diberi nama European Super League (ESL) tersebut dianggap menyimpang dari nilai-nilai yang diusung UEFA.

Federasi sepak bola Eropa (UEFA) itu pun dengan tegas memberikan ultimatum kepada 12 klub yang semula turut memprakarsai berdirinya ESL. UEFA menegaskan pihaknya tak segan mengeluarkan klub yang mendukung ESL dari kompetisi-kompetisi besar buatan UEFA.

Mengacu pada kondisi itu, Atletico Madrid, Juventus, Inter, AC Milan, Liverpool, Manchester United, Arsenal, Chelsea, Tottenham dan Manchester City memilih mundur dari calon liga baru ini. Namun, berbeda dengan Barcelona. Klub asal Katalan itu justru merilis pernyataan resmi mereka tentang dukungan terhadap ESL.

“Direksi Barcelona menerima tawaran untuk jadi bagian dari tim pembentuk Super League, kompetisi yang dibentuk untuk meningkatkan kualitas dan keatraktifan produk sepak bola kepada fans,” bunyi pernyataan mereka.

Dilansir dari . . . Gabung . . . Goal, keputusan Barca ini membuat Presiden UEFA, Alexander Ceferin, akhirnya angkat bicara.

Rencana logo European Super League.

Ceferin mengaku sangat kecewa dengan keputusan Barcelona yang lebih mementingkan ekonomi ketimbang ekosistem sehat di sepak bola.

“Saya kecewa dengan semua orang. Tapi, saya harus mengatakan, mungkin Barcelona adalah orang-orang yang paling mengecewakan saya,” katanya,

“Presiden Joan Laporta dan saya berbicara dengannya, dua atau tiga kali. Dia ada di bawah tekanan besar karena situasi keuangan yang diwarisi.”

“Ini terjadi ketika Anda banyak mengeluarkan uang untuk pemain tapi tak (kunjung) mendapatkan hasil,” ia menambahkan.

x

Check Also

Menangi Liga Champions, N’Golo Kante Justru Ogah Cium Trofi

Jakarta – Chelsea berhasil memenangkan trofi Liga Champions musim ini setelah mengalahkan Manchester City dengan ...