Home > Berita Liga Inggris > Video, Gol Tendangan Kungfu Ala Pemain Liga Inggris

Video, Gol Tendangan Kungfu Ala Pemain Liga Inggris

Striker Liga Inggris seharga Rp 5,3 juta mencetak gol kungfu dan langsung menjadi kandidat pemenang FIFA Puskas Award 2021. Nama Elisha Sam mendadak mengguncang jagat sepak bola Inggris. Sam sekarang bermain untuk Notts County yang berkompetisi di National League alias kompetisi kasta kelima Liga Inggris. Berposisi sebagai striker, Sam menjalankan tugasnya dengan sempurna saat melawan Oxford City dalam pertandingan perempat final FA Trophy di Stadion Meadow Lane, Sabtu (27/2/2021).

Pertandingan itu dimenangi Notts County dengan skor 3-1. Tiga gol Notts County diceploskan oleh Elisha Sam (menit ke-49, 73′) dan Jimmy Knowles (90+4′). Adapun gol Oxford City datang dari lesakan bunuh diri Tylor Golden (26′). Dari keempat gol yang muncul, sepakan kungfu Elisha Sam pada menit ke-73 benar-benar paling menggemparkan.

Proses gol Elisha Sam diawali dengan umpan silang bek kiri Notts County, Adam Chicksen, dari sisi kanan pertahanan Oxford City. Bola umpan Chicksen disambut oleh Sam dengan tembakan menggunakan tumit. Menariknya, Sam sama sekali tidak melihat gawang. Setelah menendang bola secara ajaib, Sam membalikkan badannya untuk melihat laju si kulit bulat.


Bola tendangan Elisha Sam yang melambung tinggi tiba-tiba menukik menuju ke gawang Oxford City. Kiper Oxford, Ben Dudzinski, sudah melompat untuk menepis bola, tapi gagal . . . Gabung . . . dan berbuah gol untuk Notts County. Gol Sam membuat komentator pertandingan heboh dan langsung memberikan penilaian kalau lesakan fenomenal ini layak menjadi kandidat pemenang Puskas Award.

Puskas Award merupakan penghargaan yang diberikan FIFA untuk gol terbaik dalam satu tahun kalender. Pemenang FIFA Puskas Award 2020 adalah penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min. Tapi, kalau melihat harga pasaran, maka Son berada jauh di atas Sam. Dikutip dari Transfermarkt, Son saat ini memiliki banderol 81 juta pounds. Apabila diubah ke rupiah, Son mempunyai mahar sekitar Rp 1,61 triliun.

Harga pasar Son Heung-Min 300.000 kali lipat di atas Elisha Sam. Elisha Sam sekarang mempunyai nilai jual hanya 270 pounds atau sekitar Rp 5,3 juta. Sepanjang karier profesionalnya sejak 18 Juli 2017, Sam bahkan tidak pernah pindah klub karena dibeli. Penyerang berusia 23 tahun ini selalu berganti klub karena pindah dengan status bebas transfer atau dipinjamkan. Sebelum memperkuat Notts County, Elisha Sam pernah membela Hapoel Acre, Hapoel Nof HaGalil, FC Eindhoven, dan Arda Kardzhali.

x

Check Also

Josep Guardiola

Rencana Guardiola Jika Kontraknya Dengan Manchester City Sudah Habis

Manchester – Josep Guardiola sudah melatih Manchester City sejak tahun 2016 lalu, dan mempersembahkan banyak ...