Home > Timnas Indonesia > Shin Tae-Yong Ingin Timnas Indonesia Pahami Pola 4-4-2 Sebelum Belajar Skema Lain

Shin Tae-Yong Ingin Timnas Indonesia Pahami Pola 4-4-2 Sebelum Belajar Skema Lain

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia menilai anak didiknya belum bisa menerapkan formasi 4-4-2 yang selalu diusungnya dengan baik.

Pelatih asal Korea Selatan ini ingin agar para pemain Timnas Indonesia mengerti betul dengan formasi yang diterapkannya, sebelum ia mulai menerapkan formasi lainnya.

Seperti diketahui, selama ini Shin Tae-yong selalu memakai formasi 4-4-2 untuk Timnas Indonesia.

Formasi ini juga yang dipakai saat Timnas Indonesia mengalahkan TIRA Persikabo dengan skor 2-0, dan menekuk Bali United dengan skor 3-1, dalam laga uji coba.

Shin Tae-yong juga menerapkan formasi 4-4-2 saat laga uji coba Timnas U-19 Indonesia di Kroasia, beberapa waktu lalu.

“Mereka belum beradaptasi dengan baik pada formasi 4-4-2. Saya sudah membicarakannya dengan pemain. Kalau sudah beradaptasi baru kami akan menggunakan formasi lain,” kata Shin Tae-yong.

“Bisa formasi 4-3-3 atau 3-5-2 dengan tiga bek. Sejauh ini mereka belum adaptasi. Nanti akan ada saatnya kami menggunakan formasi lain,” jelas Shin Tae-yong.

Selain itu, Shin Tae-yong menyinggung soal kelemahan pemain Timnas Indonesia . . . Gabung . . . yang kurang agresif saat akan merebut bola dari lawan.

“Mungkin pertaruhkan nyawa untuk mendapat bola tidak ada. Gampang sekali kehilangan bola. Terkadang ambil sekali, akhirnya kelewat juga,” ucap Shin Tae-yong.

“(Duel) Satu lawan satu mudah sekali. Jadi tidak bisa cetak gol. Satu lawan satu, gampang dilewati sebagai pertahanan. Kalau diperbaiki satu demi satu, tim ini akan lebih baik dari sekarang,” sambungnya.

Usai pemusatan latihan (TC), para pemain Timnas Indonesia kembali dipulangkan ke klubnya masing-masing. Namun Shin Tae-yong akan terus memantau performa mereka, terutama saat berlaga di Piala Menpora 2021.

x

Check Also

Asnawi Mangkualam Ingin Timnas Indonesia Menang Tanpa Kebobolan di Leg Kedua

Jakarta – Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Taiwan pada laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala ...