Home > Berita Bola > Bola Internasional > Sedang Krisis Finansial, Real Madrid dan Barcelona Kini Ditagih Pajak

Sedang Krisis Finansial, Real Madrid dan Barcelona Kini Ditagih Pajak

Barcelona – Belum lepas dari masalah krisis finansial, Barcelona dan Real Madrid kini dikabarkan mendapatkan masalah baru berupa tagihan pajak yang besarnya mencapai 5 juta euro.

Selain Barcelona dan Real Madrid, dua klub La Liga lainnya, Athletic Bilbao dan Osasuna juga akan menerima tagihan yang sama.

Sebelumnya, klub-klub tersebut, yang dipimpin oleh Barcelona, terlibat sengketa dengan Uni Eropa (EU) yang mempertanyakan penggunaan tarif pajak 25 persen, bukan tarif standar 30 persen untuk sebuah perusahaan olahraga.

Hasilnya, mereka kalah di pengadilan dan diwajibkan membayar tagihan pajak tambahan karena telah menerima bantuan negara atau state aid dalam bentuk tarif pajak yang lebih rendah.

Dalam keputusannya, Pengadilan Uni Eropa (CJEU) yang berbasis di Luksemburg telah menyatakan dalam laporannya bahwa ‘Skema bantuan yang dipermasalahkan seharusnya hanya untuk mendukung klub yang beroperasi sebagai entitas nirlaba dan bukan diberikan kepada klub perusahaan olahraga’.

Kasus ini bermula Komisi Eropa pada 2016 lalu menyatakan bahwa empat tim . . . Gabung . . . tersebut telah menyalahi aturan bantuan negara karena pemerintah Spanyol memberikan keuntungan yang tidak adil kepada mereka berupa pembayaran pajak yang lebih rendah.

Terkait masalah ini, Barcelona kemudian mengajukan banding dengan meminta Pengadilan Umum menghapus gugatan tersebut pada 2019 lalu karena mereka anggap pengawas kompetisi Uni Eropa (EU) tidak dapat membuktikan dengan standar hukum yang disyaratkan bahwa mereka telah menikmati keuntungan.

Komisi Eropa kemudian membawa kasus ini ke CJEU, untuk membuktikan bahwa mereka memang benar-benar mendapatkan keuntungan dari ketidakadilan sistem pemerintah Spanyol.

x

Check Also

Prediksi Belanda vs Montenegro, 5 September 2021, Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta – Dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grip G, Minggu (5/9/2021) ...