Home > Berita Liga Spanyol > Ronaldo Didepak Messi dari 10 Pemain Terbaik Eropa

Ronaldo Didepak Messi dari 10 Pemain Terbaik Eropa

Kedigdayaan Cristiano Ronaldo sudah berakhir bersama Juventus. Pasalnya, ia kalah saing dari rivalnya Lionel Messi yang bangkitkan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, sekaligus raih posisi teratas 10 pemain terbaik Eropa. Saat masih berseragam Real Madrid, taring CR7 terlihat begitu mengerikan setelah sumbang 15 gelar juara, empat diantaranya bahkan Liga Champions.

Statistiknya pun terbilang luar biasa yakni 450 gol dalam 438 pertandingan di sembilan musim. Bersaing dengan Messi di LaLiga Spanyol, kedua pemain terbaik saat ini selalu berebut penghargaan Ballon d’Or yang didedikasikan untuk pesepak bola terbaik sejagad. Ronaldo menangi lima, sementara rivalnya sudah enam.

Akan tetapi, ternyata kehebatan dari striker asal Portugal itu tak bertahan selamanya usai pindah ke Juventus. Meskipun sudah bantu menangi Scudetto untuk kali kesembilan, ia malah gagal bantu menyumbang gelar Liga Champions yang diidam-idamkan timnya.

Berbeda dengannya, saingnya malah lebih apes saat Barcelona tidak cuma terpuruk dalam hal prestasi, melainkan juga finansial. Ya, rasa malu nirgelar musim lalu disertai hutang 1,2 miliar euro (Rp20 triliun) yang bisa berimbas kebangkrutan Juni nanti.

Sempat hampir angkat kaki kalau bukan efek klausul rilis 700 juta euro (Rp12 triliun), La Pulga mampu tunjukkan sikap profesionalnya. Bagaimana tidak? El Barca yang sempat dilabeli medioker justru tampil bagus di 18 pertandingan liga terakhir. Bahkan berkat kegigihannya, Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik yang bisa pertahankan performanya di lima liga top Eropa (berdasarkan hasil enam pertandingan terakhir) versi Whoscored.

Sang kapten Barcelona ini mampu kalahkan Ronaldo dan . . . Gabung . . . semacamnya. Mengutip laman Football Espana berdasarkan statistik Whoscored, rating Lionel Messi dalam enam pertandingan terakhir catatkan angka nyaris sempurna alias 9,26. Adapun dirinya sukses menguasai peringkat satu dengan angka tak terkejarnya itu.

Pada posisi kedua ada Robert Lewandowski (Bayern Munchen) yang punya rating 8,65, menyusul Karim Benzema (Real Madrid) di belakangnya dengan selisih 0,32. Lalu Riyad Mahrez (Manchester City) yang turun ke peringkat empat. Berlanjut ke Aurelien Tchouameni (AS Monaco), Rodrigo De Paul (Udinese), Amine Gouiri (Lyon), Erling Haaland (Borussia Dortmund), Harry Kane (Tottenham Hotspur), dan Maximilian Arnold (Wolfsburg). Anehnya, rival dari Si Kutu malah tidak terlihat.

Entah mengapa, Cristiano Ronaldo gagal masuk daftar 10 besar itu. Tapi hal ini ternyata cukup masuk akal mengingat sepak terjang Juventus yang tak konsisten, salah satunya ketika mereka kalah 0-1 lawan Benevento, tim gurem Serie A.

Gara-gara kegagalan Juventus ini juga, kualitas Ronaldo kembali menurun hingga harga di Transfermarkt merosot ke angka 60 juta euro (Rp1 triliun). Berbeda dengan Lionel Messi yang kembalikan ketajamannya bersama Barcelona di LaLiga Spanyol musim ini.

x

Check Also

Hal Yang Bisa Dipetik Dari Laga Atletico Madrid vs Barcelona

Barcelona – Hasil buruk kembali diraih oleh Barcelona, dalam laga terakhirnya di hari Minggu (3/10/2021) ...