Home > Berita Liga Indonesia > Piala Menpora 2021, Inilah Deretan Legiun Asing Yang Bakal Unjuk Aksi

Piala Menpora 2021, Inilah Deretan Legiun Asing Yang Bakal Unjuk Aksi

Berikut ini kami rangkum deretan pemain asing klub-klub Liga 1 yang semarakan turnamen Piala Menpora 2021. Setelah mati suri selama hampir satu tahun karena adanya pandemi virus corona, dunia sepak bola Indonesia akhirnya bisa menggeliat lagi.

Untuk pertama kalinya, klub-klub profesional Tanah Air akan beruji tanding dalam turnamen pramusim Piala Menpora. Piala Menpora 2021 yang kick-off nya diadakan pada 21 Maret bisa jadi angin segar bagi klub bola di Tanah Air. Akan ada empat stadion megah yang menjadi venue dari turnamen itu.

Baca Juga: Palang Pintu Anyar PSS Siap Hadapi Mantan Klub di Piala Menpora 2021

Fase grup Piala Menpora 2021 akan berlangsung selama 18 hari. Setiap hari akan terselenggara dua pertandingan fase grup dalam rentang 21 Maret-7 April. Kecuali untuk tanggal 26 Maret dan 4-6 April. Sebagai turnamen pramusim, Piala Menpora 2021 tentu akan dimanfaatkan klub-klub untuk menguji kemampuan tim dan para pemainnya.

Terutama bagi klub-klub yang sudah dan ingin mengontrak pemain asing untuk gelaran Liga 1 2021 Juni mendatang.  Selain panggung para pemain nasional, tentu saja Piala Menpora akan jadi perhelatan bagi pemain asing-asing Liga 1. Walau begitu, tidak semua klub akan menampilkan pemain asingnya di turnamen ini. Mepetnya persiapan klub menjadi alasan sebagian klub-klub peserta belum mengontrak pemain asing. Kami mencatat ada delapan klub yang kemungkinan besar turun tanpa pemain asing.

Lalu, siapa-siapa saja pemain asing yang mendapat kesempatan klub untuk tampil di turnamen pramusim ini? Berikut ini kami rangkum deretan pemain-pemain asing yang semarakan turnamen Piala Menpora 2021.

1. Arema FC: Bruno Smith (Brasil), Caio Ruan (Brasil)

Musim ini Arema FC melakukan perombakan pada skuad asingnya. Setidaknya dua nama pemain asing sudah terdaftar di skuad Singo Edan. Kedua pemain itu adalah Bruno Smith dan Caio Ruan. Keduanya sama-sama berasal dari Brasil. Dalam uji coba melawan Madura United beberapa hari lalu Bruno Smith berhasil tampil memuaskan.

2. Bali United: Willian Pachecho (Brasil), Diego Assis (Brasil)

Bali United menambah satu personel baru pemain asing di tim mereka. Pemain itu adalah Diego Assis, legiun asing asal Brasil yang pernah membela Persela Lamongan. Bali United musim ini ditinggal oleh sejumlah nama besar seperti Paulo Sergio dan Melvin Platje.

Saat ini hanya tersisa satu nama lama pemain asing di tim Serdadu Tridatu, yakni Wilian Pachecho. Itu artinya, Bali United akan memakai dua pemain asing saja di Piala Menpora, yaitu Willian Pachecho dan Diego Assis.

3. Bhayangkara Solo FC: Ezechie N’douasel (Chad), Renan Silva (Brasil), dan Lee Yoon-joon (Korea Selatan). 

Bhayangkara menjadi segelintir tim Liga 1 yang berhasil mempertahankan komposisi utama pemain asing mereka. Saat ini ada tiga pemain asing musim lalu yang masih berseragam Bhayangkara FC, yakni Ezechie N’douasel (Chad), Renan Silva (Brasil), dan Lee . . . Gabung . . . Yoon-joon (Korea Selatan).

Kemungkinan besar Bhayangkara masih akan menambah satu pemain jelang Liga 1 nanti. Tapi untuk Piala Menpora, pelatih Paul Munster diyakini hanya akan memakai tiga pemain di atas.

4. Borneo FC: Javlon Guseynov (Uzbekistan), Amer Bekic (Bosnia dan Herzegovina)

Borneo FC juga ditinggal banyak pemain asingnya musim ini. Hanya ada Javlon Guseynov (Uzbekistan) yang tersisa dari musim lalu. Menjelang Piala Menpora 2021, manajemen Pesut Etam baru berhasil mendatangkan satu nama pemain asing baru. Pemain itu adalah Amer Bekic, pemain berposisi striker dari negara Bosnia & Herzegovina.

5. Madura United: Jaimerson Xavier (Brasil), Jacob Pepper (Australia), Bruno Lopes (Brasil), Jaja (Brasil)

Mirip seperti Bhayangkara FC, manajemen Madura United juga berhasil mempertahankan tiga legiun asingnya untuk musim ini. Ketiga pemain asing yang masih bertahan adalah Jaimerson Xavier (Brasil), Bruno Lopes (Brasil), dan Jacob Pepper (Australia).

Bahkan, Laskar Sapeh Kerrab berhasil membuat kejutan dengan mendatangkan mantan penggawa timnas Brasil U-20, Jaja. Itu artinya Madura United akan turun di Piala Menpora dengan komposisi lengkap empat pemain asing.

6. Persela Lamongan: Demerson (Brasil)

Persela Lamongan banyak ditinggal oleh para pemain asingnya di musim 2021 ini. Salah satunya adalah Diego Assis yang hengkang ke klub Bali United. Saat ini hanya nama bintang Brasil, Demerson, yang masih bertahan di skuad Laskar Joko Tingkir.

7. Persib bandung: Wander Luiz (Brasil), Nick Kuipers (Belanda)

Persib Bandung harus membongkar komposisi pemain asingnya musim ini. Dari empat yang tergabung musim lalu, hanya dua yang bisa dimainkan untuk musim ini. Kedua pemain itu adalah Wander Luiz (Brasil) dan Nick Kuipers (Belanda).

Sementara dua andalan Maung Bandung musim lalu, Omid Nazari dan Geoffrey Castillion, tidak ada di skuad Persib Bandung saat ini. Omid Nazari diketahui memilih tak perpanjang kontrak, sementara Geoffrey Castillion masih dipinjamkan ke klub Italia, Como, dan entah kapan akan dipulangkan.

8. Persija Jakarta: Marco Motta (Italia), Marko Simic (Kroasia), Yann Motta (Brasil), 

Mirip seperti Persib, Persija Jakarta juga hanya mepertahankan dua legiun asingnya untuk musim ini. Kedua pemain itu adalah Marco Motta (Italia) dan sang andalan lini depan, Marko Simic (Kroasia). Sebagai langkah awal, manajemen Macan Kemayoran mendatangkan satu pemain asing baru yaitu Yann Motta. Yann Motta adalah bek muda yang berasal dari Brasil. Dengan modal tiga pemain asing, Persija Jakarta siap menyisihkan klub-klub Liga 1 lainnya di ajang turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

x

Check Also

Kondisi PPKM Level 4, PT.LIB Rencana Kick-off Agustus 2021

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, yang belakangan berganti istilah menjadi Level 4, diperpanjang sampai ...