Home > Berita Bola > Nasib Mantan Bintang Jerman Yang Menjadi Penjual Pizza

Nasib Mantan Bintang Jerman Yang Menjadi Penjual Pizza

Selalu kisah menarik di dunia kehidupan persepakbola. Salah satunya kisah Tobias Weis, bintang Timnas Jerman yang berakhir menjadi penjual pizza.

Jerman terkenal sebagai salah satu kiblat sepak bola dunia. Tak terhitung berapa banyak pemain hebat lahir di negara industri tersebut. Bundesliga, kompetisi domestik mereka menjadi salah satu tontonan menarik bagi para pecinta sepak bola. Tentu fakta ini berbanding lurus dengan prestasi yang diraih Timnas Jerman.

Timnas Jerman tercatat telah menjuarai empat gelar Piala Dunia dan tiga gelar Euro. Prestasi ini membuat Die Mannscahft menjadi salah satu negara terbaik di ajang sepak bola. Meski memiliki prestasi segudang dan nama besar di panggung sepak bola, Timnas Jerman nyatanya memiliki sisi unik di mana ada satu pemainnya yang kini berstatus penjual pizza meski pernah mencicipi caps bersama Der Panzer.

Dan pemain itu adalah Tobias Weis. Pria yang kini berusia 35 tahun itu menjadi salah satu pemain yang pernah mencicipi caps bersama Timnas Jerman.

Walaupun namanya pernah melambung dan dipanggil membela Timnas Jerman, karier Weis ternyata tak berjalan cemerlang dan bahkan harus pensiun dini di usia 31 tahun. Ia memutuskan menjalankan bisnis kuliner yakni mengurus restoran pizza yang ia miliki. Siapa menyangka, bisnisnya berjalan sukses dan memiliki tiga cabang.

Bagaimana kisah Tobias Weis dari yang tadinya melambung bersama Timnas Jerman hingga menjadi penjual pizza?

Tobias Weis mengawali kariernya bersama VfB Stuttgart. Pada 2006, ia promosi ke tim utama dan setahun berselang ia dilepas ke Hoffenheim karena bersama Stuttgart kariernya tak berjalan apik. Justru bersama Hoffenheim lah namanya mulai melambung, terutama saat tim berjuluk Die Kraichgauer promosi ke Bundesliga.

Di usia 23 tahun, Weis menjadi salah satu gelandang terbaik di Bundesliga pada musim 2008/09 di bawah arahan Ralf Rangnick, sang profesor sepak bola. Dan Weis pun dipanggil ke Timnas Jerman. . . . Gabung . . . Joachim Low kepincut dengan performanya di bawah arahan Rangnick.

Weis masuk dalam skuat Timnas Jerman di laga kualifikasi Piala Dunia dan laga persahabatan. Sayangnya, ia hanya tampil satu kali saja yakni di laga persahabatan. Saat itu di bulan Juni 2009, Weis masuk menggantikan Thomas Hitzlsperger di menit ke-66. Ia tampil seama 24 menit dalam kemenangan 7-2  Jerman atas tuan rumah UEA.

Di laga itu, Weis tampil sebagai gelandang tengah berpasangan dengan Christian Gentner. Tak ada assist ataupun gol yang ia buat di laga debutnya bersama Timnas Jerman. Dan laga pertamanya itu pun juga menjadi laga terakhirnya bersama Timnas Jerman. Setelahnya, performanya menurun drastis dan kerap menjadi cadangan di Hoffenheim.

Pada 2014, ia dilepas Hoffenheim dengan status pinjaman ke Eintracht Frankfurt. Bersama Die Adler, kariernya tak menanjak sehingga dikembalikan dan kembali dipinjamkan ke VfL Bochum.

Setahun berselang, Hoffenheim pun melepas Weis ke Bochum dengan status bebas transfer. Kejatuhan pun perlahan menghampiri karier sepak bolanya yang sempat berhenti sejenak di usia 31 tahun pada 2015/16. Pada 2018, ia sempat kembali ke lapangan dan bermain bagi tim kasta kelima FSC Bissingen dan TSV Weilimdorf hingga Agustus 2019.

Setelahnya Weis benar-benar pensiun dan hanya mengurusi restoran pizza yang ia bangun. Ia pun sempat dirumorkan akan kembali bermain di usianya yang saat itu 34 tahun pada 2020. Namun ia membantahnya secara halus.

x

Check Also

Akhirnya Kemenangan Pertama Di Liga Champions Musim Ini, Barcelona Kalahkan Dynamo Kiev Dengan Skor 1-0

Barcelona – Dalam partai matchday 3 fase grup Liga Champions 2021/22,Barcelona sukses mengalahkan Dynamo Kiev ...