Home > Berita Liga Spanyol > Koeman Tak Ingin Barcelona Hanya Bergantung Pada Formasi 3 Bek

Koeman Tak Ingin Barcelona Hanya Bergantung Pada Formasi 3 Bek

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menegaskan dirinya tidak ingin bergantung pada satu sistem saja dalam formasi El Barca yang mulai bagus memakai skema tiga bek. Barcelona mampu mengejutkan banyak pihak saat berhadapan dengan Sevilla pada pertandingan leg kedua semifinal Copa del Rey.
Pada pertemuan pertama, Barcelona dibuat tidak berkutik dan diprediksi akan gugur di semifinal lantaran takluk 0-2 dari Sevilla.

Kemenangan 2-0 atas Barcelona pada pertandingan leg pertama semifinal Copa del Rey membuat sejumlah pihak meyakini Sevilla yang bakal melaju ke partai puncak. Andaikata ingin lolos dan mengejar defisit dua gol, Barcelona wajib meraih kemenangan minimal 3 gol tanpa balas.
Keajaiban pun terjadi dengan El Barca yang malah keluar dari lubang jarum berkat kemenangan 3-0 atas Sevilla di Camp Nou pada pertemuan kedua semifinal Copa del Rey, Rabu (3/3/2021) atau Kamis dini hari WIB.

Walau lewat babak perpanjangan waktu, tiga gol kemenangan pasukan Ronald Koeman masing-masing dicetak oleh Ousmane Dembele, Gerard Pique, dan Martin Braithwaite. Dalam duel ini, hal yang menarik adalah formasi yang diusung oleh tim tuan rumah.
Ronald Koeman selaku juru taktik Barcelona memakai formasi 3-1-4-2, meninggalkan formasi andalannya seperti 4-2-3-1 atau 4-3-3.

Formasi nyaris serupa juga diterapkan oleh Koeman kala melawan Sevilla dalam lanjutan pertandingan pekan ke-25 Liga Spanyol 2020-2021. Hasilnya pun tergolong mengesankan karena Lionel Messi cs. berhasil meraih kemenangan . . . Gabung . . . 2-0 atas skuad Julen Lopetegui.
Kalau digabung, maka dalam dua pertandingan terakhir di semua lintas kompetisi, pemakaian formasi tiga bek sejajar itu membuat Barcelona menorehkan dua catatan nirbobol beruntun.

Pemakaian tiga bek tengah sejajar yang diusung oleh Koeman pun mendapat sejumlah atensi dari berbagai pihak dan ramai diperbincangkan. Walau kelihatan bagus dan mulai terbiasa akan hal itu, Koeman malah tidak ingin timnya bergantung dan terus menggunakan satu sistem.
Bagi pelatih asal Belanda tersebut yang terpenting dalam timnya adalah peningkatan dalam sektor penekanan dan pemulihan penguasaan bola.

“Kami mungkin melanjutkan sistem ini karena kami memiliki sejumlah bek tengah dan bek lainnya,” kata Koeman seperti dikutip dari Marca.

“Kami seharusnya tidak terobsesi dengan satu sistem.”

“Yang paling penting adalah sikap kami terhadap bola dan di atas segalanya, kami sudah berkembang pesat.”

“Kami sudah meningkatkan tekanan dan pemulihan bola kami di berbagai sisi lapangan di mana kami dapat menciptakan bahaya,” kata Koeman menambahkan.

x

Check Also

Sebulan Kedepan Barcelona Akan Kehilangan Gerard Pique

Barcelona, Klub raksasa LaLiga Spanyol, baru saja menerima kabar buruk mengenai kondisi cedera dari bek ...