Home > Berita Piala Dunia > Kualifikasi Piala Dunia > Bulgaria vs Italia: 0-2 , Man of The Match Leonardo Bonucci

Bulgaria vs Italia: 0-2 , Man of The Match Leonardo Bonucci

Tiga poin penting kembali diraih Italia dalam Grup C babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka meraih kemenangan usai bertandang ke markas Bulgaria pada Senin (29/3/2021) dinihari dengan skor 2-0.

Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Federico Chiesa dijatuhkan di kotak terlarang. Namun wasit mengabaikan dan tetap melanjutkan permainan sebagaimana biasanya. Peluang emas didapatkan pada menit ke-16. Berawal dari umpan Marco Verratti, Federico Chiesa mendapatkan posisi yang ideal untuk mencetak gol dan hanya tinggal berhadapan dengan kiper Bulgaria, Plamen Iliev. Sayangnya, bidikannya melebar dari gawang.

Akhirnya muncul peluang nyata pada menit ke-42. Kali ini, wasit memberikan hadiah penalti kepada Gli Azzurri setelah yakin kalau Andrea Belotti dijatuhkan Daniel Dimov di kotak 16. Protes pemain Bulgaria tidak digubris oleh wasit. Belotti sendiri yang menjadi eksekutor penalti dan berhasil menuntaskan tugasnya dengan mendendang bola ke sudut kanan bawah gawang Bulgaria. Kiper Bulgaria Iliev sukses menebak arahnya, namun tak mampu menghalau bola. Italia pun unggul 1-0.

Pada menit ke-50, Italia nyaris menggandakan keunggulannya, Stefano Sensi, mengirimkan bola melalui sepak pojok menuju tiang dekat tempat Francesco Acerbi menanti. Sang bek melakukan sundulan, namun bola melambung di atas gawang.

Para pemain Bulgaria memberitahu adanya indikasi handsball yang dilakukan Sensi di kotak penalti. Namun wasit tidak mengindahkan pemberitahuan tersebut dan melanjukan permainan. Keputusan ini sukses membuat penggawa Bulgaria frustrasi.

Italia hampir mencetak gol kedua di menit ke-72, Belotti yang mengejar umpan Verratti dan melepaskan tembakan gantung agar tidak dijangkau kiper Bulgaria. Bola melesat dan mengenai tiang gawang! Belotti berhasil merebut bola muntah dan melepaskan tembakan yang melambung tinggi di atas gawang.

Pada menit ke-82, Italia akhirnya mendapatkan gol keduanya! Pada saat kotak penalti Bulgaria nampak ramai diisi oleh pemain tuan rumah. Gli Azzurri mendapatkan celah tembak yang dimanfaatkan dengan baik oleh Manuel Locatelli. 2-0.

Italia terus bernafsu menambah keunggulannya. Sayangnya, dari sekian . . . Gabung . . . banyak peluang yang didapatkan di sisa menit permainan, tidak ada satupun yang berbuah gol ketiga. Pertandingan ditutup dengan kedudukan 2-0 untuk kemenangan Gli Azzurri.

Penamaan Leonardo Bonucci sebagai man of the match pada laga kali ini bukannya tanpa alasan. Selain berhasil mengawal benteng pertahanan Gli Azzurri dengan baik, ia juga cukup terlibat dalam pembangunan permainan.

Pemain berusia 33 tahun itu memang memiliki visi bermain yang cukup baik, mengingat dirinya pernah menjadi seorang gelandang. Whoscored mencatat kalau Bonucci berhasil menyelesaikan 66 dari 73 operan yang dilakukannya.

Bonucci juga melakukan sentuhan terhadap bola sebanyak 82 kali, kalah sedikit dari Marco Verratti yang dikenal sebagai playmaker. Ini membuktikan kalau pemaian Juventus itu punya peran penting dalam proses pembangunan serangan meski berperan sebagai bek.

Ia juga melakukan enam kali duel udara, tiga di antaranya berhasil dimenangkan. Kemudian, Bonucci juga menorehkan lima sapuan dan dua intersep yang membuat gawang Gianluigi Donnarumma bersih dari kebobolan. Whoscored memberinya rating 7.7

Susunan Pemain
Bulgaria (3-5-2): Plamen Iliev; Daniel Dimov, Vasil Bozhikov, Valentin Ivaylov Antov; Cicinho (Birsent Karagaren 46′), Ivaylo Chochev, Georgi Kostadinov (Kristiyan Malinov 63′), Petar Vitanov (Martin Raynov 88′), Momchil Tsvetanov; Andrej Galabinov, Spas Delev (Atanas Iliev 78′).

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi (Giovanni Di Lorenzo 68′), Leonardo Bonucci, Leonardo Spinazzola, Francesco Acerbi; Nicolo Barella, Stefano Sensi (Manuel Locatelli 68′), Marco Verratti (Matteo Pessina 88′); Lorenzo Insigne, Federico Chiesa (Federico Bernardeschi 76′), Andrea Belotti (Ciro immobile 75′).

x

Check Also

Head to Head : Shin Tae-yong Hanya Sekali Kalah Dari Park Hang-seo

Dubai – Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertanding melawan Vietnam pada matchday ketujuh Grup G Kualifikasi ...