Home > Berita Liga Spanyol > Bukan Messi, Koeman Menyebut 5 Pemain Ini Yang Menyelamatkan Barcelona

Bukan Messi, Koeman Menyebut 5 Pemain Ini Yang Menyelamatkan Barcelona

Akhir masa bakti Lionel Messi kelihatannya memang sudah dekat setelah adanya regenerasi di raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Tidak mau terlalu andalkan megabintangnya itu, Ronald Koeman sebut lima penyelamat masa depan timnya. Striker berkebangsaan Argentina itu sejatinya menjadi saksi kedigdayaan Catalan selama beberapa tahun terakhir.
Bagaimana tidak? Ia sudah menyumbangkan 33 trofi berbeda, baik di tingkat domestik dan pentas Eropa selama dua dekade ini.

Kegemilangan El Barca sendiri begitu luar biasa saat masih ditukangi oleh Pep Guardiola (2008-2012) dan Luis Enrique (2014-2017). Bersama keduanya La Pulga dan kawan-kawan meraih treble winners sekaligus jadi salah satu tim paling diperhitungkan.
Kapasitas dari Lionel Messi sendiri terlihat saat dirinya menjadi satu-satunya penyerang dengan koleksi lebih dari 50 gol secara beruntun semenjak era kejayaan itu. Tapi segalanya mulai berubah ketika musim lalu Barcelona tak menangi gelar satu pun.

Bayangkan saja, 20 tahun lebih ikatan kerjasama mereka kandas setelah Blaugrana kehilangan LaLiga Spanyol sekaligus dipermalukan 2-8 oleh Bayern Munchen saat jalani Liga Champions. Rasa muaknya semakin menjadi-jadi ketika Koeman jadi pelatih utama. Semua kalangan mungkin sudah tahu, Barca memiliki permasalahan krisis ekonomi hutang 1,2 miliar euro (Rp20 triliun) dengan ancaman pailit pada Juni nanti.
Penjualan Luis Suarez pun tidak terelakan sebagai cara menekan pengeluaran melalui gaji yang tinggi.

Gara-gara itu juga Lionel Messi sempat mengancam tidak mau lagi berkarier di Camp Nou usai tidak ada perpanjangan kontrak. Akan pergi akhir LaLiga Spanyol nanti, Koeman kelihatan tidak perlu khawatir karena sudah ada lima pemain penggantinya. Berawal di pertandingan kemenangan 2-0 atas . . . Gabung . . . Osasuna, Blaugrana mengandalkan formasi 3-5-2 dan menuai hasil manis berkat Ilaix Moriba.
Terkesan dengan jebolan La Masia itu, sang pelatih pun memasukannya dengan empat pemain muda yang jadi masa depan klub.

“Pemain seperti Pedri, Ilaix Moriba, Riqui Puig, Ronald Araujo, dan Oscar Mingueza akan menjadi masa depan klub ini. Ilaix mencetak gol di laga sulit, tiap kali masuk ke lapangan, ia bawa hasil ekstra,” kata pelatih asal Belanda itu dilansir Barca Universal.

Seperti katanya, Araujo dan Mingueza sama-sama memiliki potensi sebagai lini belakang yang tangguh saat Gerard Pique dan Samuel Umtiti tak bisa diharapkan. Untuk lini tengah ada Pedri selaku titisan Andres Iniesta dan bersinarnya Moriba. Sempat enggan memasukan namanya, mantan juru taktik Timnas Belanda itu malah menjilat ludah sendiri dengan gaet Puig lagi.
Mengutip laman Marca, lima pemain muda tersebut pun kian sempurna ketika Ansu Fati ikut serta jika pulih dari cedera.

Adanya para bintang muda itu kelihatan jadi alasan yang cukup agar Barcelona mampu melepaskan Lionel Messi. Siapa tahu? Enam pemain pilihan Ronald Koeman tersebut bakal kian meningkatkan performa klub ketika lakoni LaLiga Spanyol dan Liga Champions.

x

Check Also

De Jong Ungkap Alasan Depay Mudah Melebur Dalam Tim Barcelona

Frenkie de Jong mengungkapkan hal yang membuat rekan anyarnya di Barcelona, Memphis Depay, bisa melebur ...