Home > Berita Liga Indonesia > Boyong Sejumlah Pemain Bintang, Begini Perkiraan Skema PSS

Boyong Sejumlah Pemain Bintang, Begini Perkiraan Skema PSS

Bedah formasi mengerikan PSS Sleman usai melakukan gebrakan besar dengan merekrut banyak pemain bintang jelang bergulirnya Liga 1 2021. Klub Liga 1, PSS Sleman, melakukan gebrakan besar menjelang musim baru 2021. Klub asal provinsi Yogyakarta ini menjadi tim yang paling jor-joran di bursa transfer.

Jelang Piala Menpora 2021, Super Elang Jawa sudah merekrut delapan pemain baru yang sebagian besar adalah bintang Liga 1. Ketujuh pemain itu adalah M Adi Satryo, Irfan Jaya, Fabiano Beltrame, Fandry Imbiri, M Dwi Raffi Angga, Miswar Saputra, dan yang terbaru Kim Kurniawan.

Sebetulnya di luar nama di atas, PSS sudah mengumumkan kedatangan mantan kiper Tira Persikabo, Wawan Febrianto. Tapi entah apa penyebabnya, sang pemain mundur dari Sleman. Jadilah hanya Adi Satryo dan Miswar Saputra yang bergabung. Keduanya merupakan dua kiper berlabel timnas Indonesia.

Lalu ada nama winger Irfan Jaya yang merupakan bintang Timnas Indonesia di SEA Games 2019  di Filipina dan sempat menjadi pemain terbaik Liga 2 2018 bersama Persebaya Surabaya. Selanjutnya, Fabiano Beltrame merupakan pemain naturalisasi yang musim lalu memperkuat klub raksasa Liga 1, Persib Bandung.

Dan terakhir ada Kim Kuniawan yang menjadi andalan Persib Bandung selama lima tahun. Bergabungnya ketujuh rekrutan baru itu melengkapi barisan skuad asuhan Dejan Antonic yang sudah terlebih dulu diumumkan untuk dipertahankan pada musim kompetisi 2021 mendatang. Mereka yang bertahan di antaranya adalah Dendi Maulana, Wahyu Sukarta, Misbakus Solikin, Jepri Kurniawan, Arthur Irawan, dan sejumlah pemain lainnya.

Belanja besar-besaran PSS Sleman di bursa transfer jelang Piala Menpora 2021 dan Liga 1 2021 memang terbilang mencolok dibanding klub Indonesia lainnya. Walau begitu, langkah itu dinilai cukup wajar lantaran di rentang waktu yang relatif sama, PSS juga melepas sembilan pemainnya. Kesembilan pemain yang dilepas manajemen PSS di tahun 2021 ini adalah Alex Sander, Luthfi Kamal, Burhan, Zamzani, Naufal, I Gede Sukadana, Hendra Molle, Dimas Galih, dan Efdal. Kabarnya dua legiun asing mereka juga akan dilepas.

Dengan fakta ini, maka bisa dipastikan wajah PSS Sleman di Liga 1 2021 akan berubah cukup drastis. Lalu, bagaimana kira-kira susunan formasi baru PSS Sleman di bawah Dejan Antonic dengan kedatangan banyak pemain baru untuk musim 2021 nanti?

FORMASI: 4-3-3

KIPER: Miswar Saputra/Adi Satryo

BEK: Derry Rahman/Samsul Arifin, Aaron Evans, Fabiano Beltrame/Fandry Imbiri, Arthur Irawan

TENGAH: Irkham Mila, Fitra Ridwan/Kim Kurniawan, Nicolas Velez/Ocvian Chanigio,

DEPAN: Jefri Kurniawan/Irfan Bachdim, Saddam Gaffar/Raffi Angga, Irfan Jaya

PSS Sleman musim ini mempertahankan pelatih mereka musim lalu, Dejan Antonic. Dejan sendiri baru masuk pada pekan awal Liga 1 2020 menggantikan Eduardo Perez yang mundur tiba-tiba.  Di bawah Dejan Antonic, PSS Sleman belum tampil meyakinkan karena hanya meraih 1 imbang dan 2 kekalahan.

Walau begitu, hal itu bisa dimaklumi karena Dejan baru baru hitungan hari bergabung dengan skuad Super Elja sebelum menjalani pertandingan pekan pertama Liga 1 2020 yang pada akhirnya batal . . . Gabung . . . di pekan ketiga. Untuk itu, mempertahankan Dejan adalah keputusan yang bijak dari manajemen. Dejan Antonic merupakan pelatih yang menganut formasi 4-3-3.

Formasi itu ia terapkan di musim lalu dan kemungkinan besar akan dipertahankan untuk musim ini. Apalagi PSS kedatangan pemain-pemain kuat di sayap seperti Irfan Jaya. Jakau menengok skuad saat ini, maka untuk posisi penjaga gawang PSS kemungkinan akan menjadikan rekrutan baru, Miswar Saputra, sebagai kiper utama.

Walau begitu, Miswar harus mewaspadai persaingan dengan kiper Timnas U-19 dan mantan kiper PSMS Medan, M. Adi Satryo. Untuk posisi pemain belakang, Dejan akan memainkan skema empat bek. Duet bek tengah akan diserahkan kepada Aaron Evans dan rekrutan anyar, Fabiano Beltrame. Baik Aaron maupun Fabiano bisa dilapis dengan bek baru, Fandry Imbiri.

Lalu untuk kedua fullback akan diserahkan kepada Derry Ramhman (kiri) dan Arthur Irawan (kanan). Posisi Derry di kiri bisa juga digantikan dengan Samsul Arifin. Bergeser ke tengah, ada tiga gelandang yang akan dipasang oleh Dejan Antonic. Ketiga pemain itu adalah Irkham Mila (kiri), Fitra Ridwan (tengah), dan pemain asing baru, Nicolas Velez (kanan).

Dejan memiliki banyak pilihan di pos tengah. Ia juga bisa memainkan Kim Jeffrey Kurniawan menggantikan Fitra Ridwan sebagai gelandang tengah.  Nicolas Velez sendiri belum teruji kemampuannya di Liga 1, walau begitu Dejan diprediksi tetap memasukkannya ke daftar tim inti menggantikan dua legiun asing sebelumnya yang telah digusur dari skuad musim depan.

Sementara itu, untuk pos lini depan serangan PSS Sleman, Dejan Antonic akan mengandalkan trisula maut. Kedatangan Irfan Jaya diyakini bisa memperkuat formasi 4-3-3 milik Dejan di PSS. Irfan bisa bermain baik sebagai penyerang sayap kiri maupun kanan. walau begitu, posisi utamanya adalah sebagai sayap kanan. Untuk itu, tanpa ragu, Dejan diyakini bakal menempatkan Irfan di pos sayap kanan.

Irfan Bachdim pun harus mengalah dengan dipindah menjadi sayap kiri. Bachdim harus bersaing dengan Jefri Kurniawan di posisi tersebut. Sementara posisi penyerang tengah akan diserahkan kepada legiun asing baru, Saddam Gaffar. Striker muda yang baru didatangkan PSS musim ini, Raffi Angga, kemungkinan akan diplot sebagai pelapis dari Saddam Gaffar.

Tentu saja hal ini masih bergantung pada performa Gaffar di Piala Menpora 2021 mendatang. Menarik untuk menantikan bagaimana kiprah PSS Sleman di Piala Menpora dan Liga 1 2021 mendatang. Selama ini PSS dikenal sebagai tim dengan manajemen yang cukup ambisius serta diimbangi dengan saran dan prasarana mumpuni di sepak bola Indonesia.

x

Check Also

Boaz Solossa ke Borneo FC, Yustinus Pae Gabung Dewa United

Jakarta – Klub Liga 2, Dewa United, secara resmi merekrut mantan pemain Persipura Jayapura, Yustinus ...