Home > Berita Liga Italia > Juventus > Bicara Soal Pelatih Modal Kursus, Allegri Sindir Pirlo?

Bicara Soal Pelatih Modal Kursus, Allegri Sindir Pirlo?

Turin – Massimiliano Allegri akhirnya ikut berkomentar terkait kegagalan Juventus dalam beberapa pekan belakangan ini.

Pada laga terbarunya, Juventus kalah secara mengejutkan di kandang sendiri saat menjamu Benevento, pada Minggu (21/3/2021).

Kekalahan ini juga membuat peluang Bianconeri untuk mengejar Inter Milan di puncak klasemen menjadi semakin berkurang.

Saat ini, Juventus yang menduduki posisi ketiga klasemen sementara Serie A terpaut 10 poin dari Inter Milan. Bahkan Juventus bisa saja tergelincir dari zona Liga Champions bisa tidak berhati-hati.

Kekecewaan para pendukung Juventus menjadi makin besar pasca Si Nyonya Tua tersingkir lebih awal dari Liga Champions musim ini setelah kalah agregat dari FC Porto di babak 16 besar.

Banyak pihak yang kemudian mulai meragukan keputusan manajemen yang menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih karena Pirlo belum memiliki pengalaman menangani tim senior mana pun.

Kepada Sky Sport Italia, Massimiliano Allegri menegaskan bahwa tidak bisa memimpin tim sebesar Juventus dengan hanya bermodalkan ilmu yang didapat dari kursus kepelatihan.

Menurut Allegri, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan untuk menangani Juventus.

“Bagaimana Anda menjelaskan tentang caranya menjadi pelatih? Ada dua tipe, mereka yang melakukan pekerjaan tertentu sampai Sabtu (aktivitas latihan rutin), tapi Minggu perannya sama sekali berbeda,” kata Allegri.

“(Hari Minggu saat pertandingan) tugasnya berurusan dengan elemen yang tidak bisa diprediksi, yang tidak diketahui sebelumnya, itu adalah keahlian yang sama . . . Gabung . . . sekali berbeda (dari aktivitas latihan rutin),” jelas Allegri.

“Berbicara dengan para pemain, memberi hukuman atau tidak, itu adalah sesuatu yang tidak bisa Anda ajarkan secara teori. Tidak ada buku mana pun yang mengatakan bahwa Anda harus mengganti pemain ini dan memasukkan yang itu. Itu semua bisa Anda dapatkan saat ada di dalam dan luar lapangan, ada hal-hal yang tidak dapat Anda pelajari cuma dari kursus,” ungkapnya.

Allegri juga menambahkan, seorang pelatih harus bisa menghormati para pemainnya.

“Harus ada rasa hormat. Anda sebagai pelatih menghormati mereka para pemain dan mereka akan menghormati Anda. Itu soal sumber daya manusia, sebuah keahlian yang lain lagi,” tandasnya.

Seperti diketahui, Massimiliano Allegri pernah menangani Juventus pada tahun 2014 hingga 2019. Pada kurun waktu tersebut, Allegri sukses membawa Juventus meraih lima Scudetto, empat trofi Coppa Italia, dan dua Supercoppa Italiana.

Selain itu, Allegri juga membawa Juventus dua kali lolos ke final Liga Champions.

x

Check Also

Erling Haaland

Kesempatan Emas Terlewatkan Ketika Erling Haaland Hampir Saja Gabung Juventus Di Tahun 2017 Lalu

Jakarta – Tenyata pada 2017 lalu sebelum Erling Haaland bersinar bersama RB Salzburg hingga jadi ...