Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona Pilih Siapa, Sergio Aguero dan Memphis Depay ?

Barcelona Pilih Siapa, Sergio Aguero dan Memphis Depay ?

Raksasa dari Liga Spanyol, Barcelona kini sudah memulai era baru bersama dengan muka lama dengan presiden terpilihnya, Joan Laporta.

Sempat memimpin Barcelona di tahun 2003 dan 2010, Joan Laporta sudah kembali terpilih sebagai sosok presiden klub usai berhasil  mengalahkan dua kandidat lainnya, yakni Victor Font dan Toni Freixa.

Kini tugas dari Laporta adalah untuk memperbaiki finansial dari klub serta menangani urusan pembelian dari pemain baru bagi Barcelona.

Kehadiran Joan Laporta juga sudah diharapkan akan mempercepat perencanaan klub dalam menghadapi musim depan.

Presiden baru kini harus bertemu dengan pelatih Ronald Koeman serta direktur Ramon Planes untuk bisa mulai bergerak dalam pasar serta bernegosiasi dengan pemain juga klub menjelang dibukanya bursa transfer untuk musim panas 2021.

Namun, pandemi dari COVID-19 kini telah membuat finansial dari El Barca dalam kondisi yang memprihatinkan.

Barcelona kini juga hanya memiliki sedikit uang tetapi juga memerlukan suntikan dari tenaga baru terutama pada lini depan.

Sejak kedatangan sosok Ronald Koeman pada awal musim panas 2020, pembelian dari penyerang baru sudah menjadi salah satu prioritas utama dari Barcelona.

Luis Suarez yang sudah dilepas dengan cuma-cuma ke Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2020 sudah membuat Barcelona kini hanya memiliki Martin Braithwaite sebagai penyerang tengah murni.

Antoine Griezmann yang bisa bermain dengan lebih maju pada depan juga tidak bisa banyak diharapkan serta kerap tampil angin-anginan.

Untuk itu perekrutan dari seorang striker kini sudah menjadi salah satu agenda utama dalam belanja pemain baru bagi Barcelona.

Lantaran keuangan yang sudah defisit sserta bujet yang minim, kini Barcelona hanya memiliki target untuk mendaratkan striker dari Manchester City, Sergio Aguero.

5 Striker yang Pantas Gantikan Sergio Aguero di Manchester City, Dari  Mbappe Hingga Haaland - Bola.net

Seperti diketahui, kontrak dari Sergio Aguero dengan Manchester City akan segera habis pada akhir musim 2020-2021.

Aguero juga sudah berpeluang pergi secara gratis jika tidak meneken kontrak baru bersama dengan The Citizens, itulah sebabnya El Barca kini berani berbicara dengan sang penyerang.

Dinukil SatuPedia.com dari Sport, pandangan  untuk transfer dari manajemen klub kini justru dikemukakan berbeda oleh Ronald Koeman.

Dalam hal urusan kebutuhan pada lini depan, Koeman kini lebih menyukai perekrutan penyerang dari Olympique Lyon, Memphis Depay.

Memphis Depay kini dinilai sebagai figur yang akan tepat untuk kebutuhan tim yang diracik Koeman pada saat ini.

Memphis Depay - Player profile 20/21 | Transfermarkt

Manajemen klub sendiri kini juga sudah menilai Aguero akan membawa reputasi serta banyak harapan untuk Blaugrana.

Namun, Koeman tahu apa yang dibutuhkan dirinya dan tim karena itu dia ingin Depay yang datang.

Pelatih asal Belanda tersebut jelas memahami karakter dan gaya bermain dari mantan anak asuhnya di timnas Belanda tersebut.

Belum lagi perbandingan yang mencolok antara Aguero dan Depay dalam hal penampilan mereka musim ini.

Aguero yang kini berusia 32 tahun baru bermain sebanyak 7 laga di Liga Inggris tanpa satu pun gol lahir dari kakinya.

Pada awal musim ini, sahabat karib Lionel Messi tersebut sempat dilanda cedera lutut dan memaksanya memulai dengan awalan lambat.

Sergio Aguero bahkan baru bermain sebagai starter sebanyak tiga kali di Liga Inggris.

Sementara itu, Memphis Depay . . . Gabung . . . yang kini berusia 27 tahun tampil moncer bersama Lyon di Liga Prancis dengan mendulang 14 gol dari 28 penampilan.

Performa meyakinkan Depay di awal musim ini terlihat dengan menorehkan hat-trick pada laga pekan kedua Liga Prancis kala Lyon melumat Dijon 4-1.

Moncernya Depay ditunjang dengan kondisi prima sang pemain karena cedera sama sekali belum menghampirinya dalam kompetisi musim 2020-2021.

Adapun perbedaan usia lima tahun antara Aguero dan Depay juga turut memengaruhi kualitas kedua pemain di musim depan.

Saat ini Depay telah menginjak usia emas sebagai seorang pemain dan penyerang, sementara Aguero telah menapaki usia senja sebagai penyerang meski punya reputasi sebagai top scorer sepanjang masa Manchester City.

Di sisi lain, keuntungan bagi Barcelona jika merekrut Aguero adalah sang pemain telah kenyang pengalaman bermain di Liga Spanyol.

Mantan menantu almarhum Diego Maradona tersebut sempat membela Atletico Madrid selama lima musim dalam rentang 2006 hingga 2011.

Diego Armando Maradona

Menurut data Transfermarkt, bersama Atletico Madrid, Aguero sukses menorehkan 74 gol dari 175 penampilannya di Liga Spanyol.

Belum lagi kehadiran Aguero juga dapat membuat Lionel Messi mengurungkan niatnya hengkang dari Camp Nou.

Masa depan Messi di Barcelona sendiri masih abu-abu hingga saat ini dan kehadiran sahabat karibnya dinilai bisa meredam niat La Pulga untuk hengkang.

Sementara itu, Depay sedikit memiliki catatan minor ketika membela tim besar, di mana hal itu terjadi ketika dirinya bermain untuk Manchester United pada musim panas 2015.

Diboyong dengan harga 34 juta euro (sekitar Rp584 miliar) dari PSV Eindhoven, Depay justru gagal bersinar di Old Trafford ketika usianya yang baru menginjak 21 tahun waktu itu.

Satu setengah musim mengabdi bersama Manchester United, Depay akhirnya dilego murah ke Lyon pada jendela transfer musim dingin 2017.

Transformasi eks pemain PSV Eindhoven itu dimulai ketika bergabung dengan Lyon pasca-dibuang Man United.

Karenanya Koeman telah mengenal baik Depay dan berpikir saat ini adalah waktu terbaik untuk merekrutnya.

Depay yang bisa bermain sebagai winger dan penyerang disebut-sebut siap mengabaikan tawaran klub lain dan menunggu Barcelona menjemputnya.

Di sisi lain, gaji Depay juga akan lebih mudah dibayar Barcelona daripada Aguero.

Laporta harus segera membuat keputusan bersama yang terbaik bagi Blaugrana ke depan.

Dirinya bisa berkaca pada kasus perekrutan Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan pada periode terakhirnya menjabat presiden klub pada 2009-2010.

Zlatan Ibrahimovic reaches 500 career goals

Zlatan Ibrahimovic, yang didatangkan dari Inter Milan dengan biaya tukar tambah yang membuat Samuel Eto’o berpindah ke arah sebaliknya, justru gagal bersinar.

Alih-alih menjadi preadator ulung di lini depan Barcelona, Ibrahimovic justru terlibat friksi dengan pelatih El Barca waktu itu, Pep Guardiola.

Menarik untuk dinanti siapa yang bakal dipilih Barcelona untuk menjadi penyerang baru, apakah Depay atau Aguero.

x

Check Also

De Jong Ungkap Alasan Depay Mudah Melebur Dalam Tim Barcelona

Frenkie de Jong mengungkapkan hal yang membuat rekan anyarnya di Barcelona, Memphis Depay, bisa melebur ...