Home > Berita Liga Indonesia > Aji Santoso Beberkan Kunci Kemenangan dari Persebaya Saat Kontra Persik

Aji Santoso Beberkan Kunci Kemenangan dari Persebaya Saat Kontra Persik

Kemenangan yang kini sudah diraih Persebaya Surabaya atas Persik Kediri dalam laga perdana mereka dalam fase penyisihan Grup C Piala Menpora 2021.

Dalam pertandingan yang sudah berlangsung dalam Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (23/03/2021) itu Persebaya sudah berhasil menang dengan skor akhir 2-1 atas Persik.

Pelatih dari Persebaya, Aji Santoso, kini juga sudah bersyukur atas hasil positif yang kini sudah diraih oleh anak asuhnya. Apalagi, kemenangan tersebut juga sudah didapatkan dengan susah payah.

Pasalnya, semenjak laga memasuki menit ke-35, Persebaya juga sudah harus bermain dengan 10 pemain setelah Rizky Ridho mendapatkan dua buah kartu kuning dari wasit.

Selain itu, Persebaya juga sudah tertinggal lebih dulu dari Persik Kediri. Tim berjulukan Macan Putih itu juga sudah sukses mengungguli Persebaya pada menit ke-62 melalui eksekusi penalti dari Andri Ibo.

Akan tetapi, Persebaya akhirnya mampu bereaksi dengan cepat serta membalas gol tersebut hingga akhirnya membalikkan kedudukan melalui dua gol penalti dari Samsul Arif Munip pada menit ke-67 serta ke-69.

Baca Juga : Usai Cetak Dua Gol Untuk Persebaya, Samsul Arif : Kami Bisa Menang Berkat Kerja Keras

“Pertama tentunya hasil ini patut kami syukuri pertandingan pertama di Piala Menpora ini,” kata Aji Santoso, seusai pertandingan.

“Biasanya pertandingan pertama itu cukup sulit, tetapi alhamdulillah pemain Persebaya tadi meski main dengan 10 orang mulai babak pertama, bisa memenangi pertandingan,” kata dia.

Meski sudah kehilangan satu pemain sejak menit ke-35, Persebaya juga sudah tetap bisa menguasai jalannya pertandingan.

Hal tersebut juga karena respons taktik yang sangat efektif dari Aji setelah timnya bermain dengan 10 orang pemain.

Aji juga sudah merespons kurangnya jumlah pemain dalam timnya dengan perubahan skema permainan dari 4-2-3-1 menjadi . . . Gabung . . . 4-4-1.

Perubahan skema tersebut juga sudah terbukti berhasil. Sebab, meski bermain dengan hanya 10 pemain, tim berjulukan Bajul Ijo itu juga sudah bisa mendominasi pertandingan hingga mampu mengunci kemenangan.

“Di ruang ganti saya memberi instruksi kepada pemain untuk tenang dan bermain dengan ciri Persebaya dengan satu-dua sentuhan bola,” ungkap Aji.

“Kemudian, saya juga masukkan pemain-pemain yang kuat pegang bola seperti Rendy (Irawan), (Ricky) Kambuaya, dan pemain muda Akbar (Firmansyah),” imbuh dia.

“Dengan masuknya tiga pemain ini kami lebih tajam, terbukti pemain kami bisa masuk ke penalty box dan keduanya mendapatkan penalti seperti itu,” ujar mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Penyerang dari Persebaya, Samsul Arif juga sudah bersyukur karena timnya kini sudah bisa membalikkan keadaan setelah bermain dengan hanya 10 pemain serta sudah sempat tertinggal lebih dulu.

Mantan pemain Persib Bandung itu mengatakan para pemain Persebaya menunjukkan mentalitas yang baik dalam laga tersebut.

Lebih lanjut, Samsul juga mengapresiasi performa para pemain muda Persebaya di laga melawan Persik. Menurut dia, agresivitas para pemain muda itu sangat membantu pergerakannya di depan.

“Memang sentuhan bola saya mencari lagi dari nol, tidak tahu pertandingan tadi, yang jelas alhamdulillah pemain dibantu dengan baik pemain muda saat ini,” kata Samsul.

“Bagi saya tidak terasa karena kami tahu pemain kita cukup mobile. Banyak sekali overlap, bola ke depan kami dibantu dengan pemain-pemain muda Persebaya sekarang,” ucap dia.

x

Check Also

Liga Belum Juga Bergulir, Pesepak Bola Kirim Surat Terbuka ke Presiden Jokowi

Jakarta – Sejumlah perwakilan pemain sepak bola yang tergabung di dalam Asosiasi Pesepak Bola Profesional ...