Home > Berita Liga Italia > AC Milan Menang Lawan AS Roma, Tapi Ibrahimovic Belum Cetak Gol

AC Milan Menang Lawan AS Roma, Tapi Ibrahimovic Belum Cetak Gol

AC Milan berkunjung ke markas AS Roma dalam pertandingan pekan ke-24 Liga Italia 2020-2021 pada Minggu (28/2/2021) waktu setempat atau Senin pukul 02.45 WIB. Berduel dengan AS Roma di Stadion Olimpico, AC Milan dibayangi tren buruk dalam beberapa pertandingan terakhir.
I Rossoneri selalu gagal meraih kemenangan dalam empat pertandingan terakhir yang mereka jalani di semua ajang. Dua pertandingan di antaranya terjadi di ajang Liga Italia dan berakhir dengan kekalahan.

AC Milan dipermalukan Spezia dengan dua gol tanpa balas, lalu keok dari Inter Milan dengan skor 0-3 dalam Derby della Madonnina. Rangkaian hasil buruk itu turut membuat AC Milan terdepak dari posisi pucuk klasemen Liga Italia. Demi menghentikan rentetan hasil buruk, AC Milan langsung tampil menekan saat bertemu AS Roma.
Menurut statistik Lega Serie A, AS Roma mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 52 persen.

Dari segi peluang, mereka memiliki 17 yang 10 di antaranya mengarah tepat sasaran. Adapun AC Milan mendapatkan 20 kesempatan dengan 14 menuju ke gawang. Saat pertandingan baru berjalan selama dua menit, I Rossoneri membahayakan gawang AS Roma melalui aksi Zlatan Ibrahimovic.
Ibrahimovic melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Tapi, usaha bomber asal Swedia itu tidak menghasilkan gol karena bola tendangannya mampu ditepis kiper AS Roma, Pau Lopez. Tidak sampai satu menit, Fikayo Tomori mampu menggetarkan jala gawang tuan rumah dengan tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti. Tapi, wasit Marco Guida tidak mengesahkan gol itu karena Tomori lebih dulu berada dalam posisi offside.

Pada menit ke-5, Ibrahimovic kembali mengancam gawang AS Roma setelah melepaskan tendangan kaki kiri di dalam kotak penalti yang mampu ditepis Pau Lopez.

Ibrahimovic kemudian hampir memanfaatkan kesalahan Pau Lopez dengan melakukan back-heel menggunakan kaki kanan. Sial bagi Ibrahimovic, bola melebar dari gawang AS Roma. Belum menyerah, Ibrahimovic lagi-lagi berhasil menembus barisan pertahanan AS Roma pada menit ke-9. Dia bahkan sukses membobol gawang AS Roma setelah meneruskan umpan Ante Rebic dengan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti.
Tapi, wasit kembali tidak mengesahkan gol AC Milan karena Ibrahimovic berada dalam posisi offside ketika menerima operan Rebic.

Pada menit ke-16, Rebic mencoba peruntungannya dengan meluncurkan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Tapi, usaha Rebic hanya berbuah sepak pojok setelah tembakannya mampu diblok Pau Lopez. Sepuluh menit berselang, Simon Kjaer berpeluang membuka keunggulan AC Milan melalui sundulannya dari dalam kotak penalti. Hanya saja sundulan Kjaer, yang memanfaatkan umpan Hakan Calhanoglu dari sepak pojok, membentur mistar gawang Roma.

Pada menit ke-27, kans AS Roma untuk membobol gawang AC Milan tercipta melalui skema serangan balik.

Henrikh Mkhitaryan bahkan berhasil menceploskan bola ke gawang AC Milan setelah meneruskan bola tandukan Gianluca Mancini dengan sundulan dari dalam kotak penalti. Tapi, Henrikh Mkhitaryan berada dalam posisi offside sehingga gol itu tidak disahkan wasit.

Pada menit ke-32, AC Milan kembali mendapatkan peluang melalui Rebic. Pemain asal Krosia itu melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Tapi, peluang itu hanya menghasilkan tendangan sudut karena bola tendangan Rebic diblok Pau Lopez.

Pau Lopez kembali menggagalkan usaha AC Milan dua menit kemudian dengan memblok tembakan kaki kanan Alexis Saelemaekers dari dalam kotak penalti. Pasukan Paulo Fonseca ganti menekan pertahanan AC Milan pada menit ke-36 lewat aksi Lorenzo Pellegrini. Tapi, tembakan kaki kanan Pellegrini berhasil dibendung Sandro Tonali. AC Milan mendapatkan peluang emas setelah wasit Marco Guida menghadiahkan penalti.
Wasit Marco Guida menunjuk titik putih setelah melalui tinjauan Video Assistant Referee (VAR) menganggap Davide Calabria dilanggar Federico Fazio di dalam kotak penalti.

Franck Kessie, yang menjadi eksekutor penati, sukses menjalankan tugas. Kessie melesakkan tembakan kaki kanan yang tidak mampu dijangkau Pau Lopez. AC Milan pun unggul 1-0 pada menit ke-42. Berkat gol itu, Kessie menyamai torehan gelandang andalan Manchester United, Bruno Fernandes. Seperti . . . Gabung . . . Kessie, Fernandes juga sering ditunjuk sebagai algojo penalti Setan Merah.
Dikutip dari Opta Paolo, Kessie sudah mencetak tujuh gol dari titik putih di Liga Italia musim 2020-2021. Dia menyamai jumlah gol Fernandes, Wissam Ben Yedder, dan Memphis Depay. Keempat pemain itu menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol penalti di lima liga top Eropa.

Tidak ada tambahan gol tercipta. Keunggulan 1-0 AC Milan atas AS Roma bertahan sampai babak pertama usai. Memasuki babak kedua, AC Milan tidak mengendurkan serangan mereka. Pada menit ke-48, Theo Hernandez berhasil merangsek ke kotak penalti AS Roma. Hernandez kemudian melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam area penalti, tapi bola tendangannya melebar dari gawang AS Roma.
Satu menit berselang, AC Milan malah kecolongan lewat aksi Jordan Veretout.

Veretout meluncurkan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang tak mampu dijangkau kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. AS Roma pun menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Adapun Ibrahimovic tidak lagi mengancam gawang AS Roma dan ditarik keluar pada menit ke-56 untuk digantikan Rafael Leao. Dengan begitu, Ibrahimovic gagal mengakhiri puasa gol dalam dua pertandingan terakhir di Liga Italia.
Di sisi lain, Rebic semakin menggila dan sukses membuat AC Milan kembali memimpin pada menit ke-58.

Rebic menghunjamkan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang tidak mampu diantisipasi Pau Lopez. AC Milan unggul 2-1 atas AS Roma. Menurut statistik Sofa Score, lesakan itu menjadi gol pertama AC Milan dalam 258 menit di Liga Italia yang dicetak dari permainan terbuka. Rebic juga menjadi sosok yang menciptakan gol AC Milan terakhir dari permainan terbuka saat melawan Crotone pada 7 Februari lalu.

Borja Mayoral mencoba merespons gol kedua AC Milan dengan merangsek ke dalam kotak penalti pada menit ke-68. Tapi, pergerakannya mampu dihentikan Donnarumma. Pada menit ke-71, giliran Mkhitaryan mencoba membobol gawang AC Milan. Hanya, tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti melambung di atas gawang Donnarumma.

8menit kemudian, kerja sama Stephen El Shaarawy dan Mkhitaryan nyaris membuahkan hasil. Setelah menerima umpan dari El Shaarawy, Mkhitaryan meluncurkan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Beruntung bagi AC Milan karena Donnarumma berhasil menepis bola tendangan Mkhitaryan. Pada menit ke-80, skuad Stefano Pioli mencoba kembali menyerang. Rade Krunic berpeluang menambah keunggulan AC Milan lewat tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti.
Tapi, bola tembakan Krunic mampu diblok oleh Pau Lopez. Tidak ada tambahan gol tercipta dari AC Milan dan AS Roma. AC Milan pun pulang dengan kemenangan 2-1 atas AS Roma.

Berkat kemenangan itu, AC Milan bangkit dari hasil buruk dalam dua pertandingan sebelumnya. Selain itu, dikutip dari Opta Paolo, AC Milan sekarang sudah menenangi 13 dari 19 pertandingan tandang mereka musim ini di semua kompetisi. AS Roma 1-2 AC Milan (Jordan Veretout 49′; Franck Kessie 42′-pen, Ante Rebic 58′)

Susunan pemain AS Roma dan AC Milan:

AS Roma (3-4-2-1): 13-Pau Lopez; 23- Gianluca Mancini, 4-Bryan Cristante, 20- Federico Fazio (33-Bruno Peres 62′); 2-Rick Karsdorp, 14-Gonzalo Villar (92-Stephen El Shaarawy 70′), 17-Jordan Veretout (42-Amadou Diawara 79′), 37-Leonardo Spinazzola;77-Henrikh Mkhitaryan, 7-Lorenzo Pellegrini; 21-Borja Mayoral (11-Pedro 79′)

Pelatih: Paulo Fonseca

AC Milan (4-2-3-1): 99-Gianluigi Donnarumma; 2-Davide Calabria, 24-Simon Kjaer, 23-Fikayo Tomori, 19-Theo Hernandez; 8-Sandro Tonali (18-Soualiho Meite 83′)i, 79-Franck Kessie; 56-Alexis Saelemaekers (7-Samu Castillejo 83′), 10-Hakan Calhanoglu (21-Brahim Diaz 46′),12- Ante Rebic (33-Rade Krunic 67′); 11-Zlatan Ibrahimovic (17-Rafael Leao 56′)

Pelatih: Stefano Pioli

Wasit: Marco Guida

x

Check Also

Giorgio Chiellini Minta Naik Gaji di Juventus

Juventus kelihatannya akan sulit untuk kembali mendapatkan Giorgio Chiellini yang berstatus tanpa klub saat ini. Sebab ...