Home > Berita Liga Indonesia > 5 Pemain Lokal Berdarah Asing Yang Tampil di Piala Menpora 2021

5 Pemain Lokal Berdarah Asing Yang Tampil di Piala Menpora 2021

 

Termasuk bintang anyar dari Persib Bandung, berikut adalah lima pemain lokal keturunan asing yang nantinya bakal mentas dalam Piala Menpora 2021. Ada calon penggawa dari Timnas Indonesia?

Gelaran ajang Piala Menpora 2021 sendiri kini baru menggulirkan laga perdana pada babak penyisihan grup hari Minggu (21/03/21).

Dua partai yang sangat sengit sudah terjadi, yakni Arema FC vs Tira Persikabo serta PSIS vs Barito Putera.

Menariknya dalam dua pertandingan tersebut, tidak ada tim yang sudah keluar sebagai pemenang. Duel antara Arema FC vs Tira Persikabo berakhir dengan imbang 1-1, sementara PSIS vs Barito juga seri dengan skor akhir 3-3.

Fase grup Piala Menpora 2021 ini sendiri akan segera berlangsung selama 18 hari.

Di mana setiap harinya akan ada dua pertandingan dalam fase grup dalam rentang 21 Maret-7 April. Kecuali untuk tanggal 26 Maret serta 4-6 April.

Sebagai turnamen pramusim, Piala Menpora 2021 kini tentu akan segera dimanfaatkan oleh klub-klub untuk menguji kemampuan dari tim dan para pemainnya.

Terutama bagi klub-klub yang kini telah dan ingin mengontrak pemain asing demi gelaran Liga 1 2021, yang nantinya akan mulai bergulir pada bulan Juni mendatang.

Selain panggung untuk para pemain asing, sejumlah bintang muda yang kini sedang naik kelas ke tim utama juga akan diprediksi bakal unjuk kebolehan demi memikat pelatih tim dari Timnas Indonesia.

Menariknya, tidak cuma pemain asli dari Indonesia terdapat pula sejumlah bintang keturunan asing yang kini sudah berpotensi mentas dalam ajang Piala Menpora 2021 ini.

Siapa sajakah mereka? Berikut SatuPedia sudah coba mengulas:

Kevin Gomes (Brasil)

Gabung Borneo FC, Kevin Gomes Berharap Bisa Tembus Timnas Indonesia

Nama pertama adalah Kevin Gomes, pemain kelahiran Medan tersebut akan memperkuat Persita Tangerang setelah dipinang dari klub Borneo FC.

Meski lahir di Indonesia, namun wingback berusia 22 tahun ini memiliki darah Brasil yang berasal dari sang ayah, Gomes de Oliveira yang merupakan pesepak bola Brasil serta legenda Persebaya Surabaya.

Sebelum perkuat Persita, Kevin Gomes sempat berkarier di negeri Samba dengan memperkuat Arax√° Esporte Clube, salah satu klub Campeonato Brasileiro Serie D pada tahun 2018 silam.

Ronaldo Kwateh (Liberia)

Madura United Rekrut Ronaldo Kwateh, Striker 16 Tahun yang Punya Target  Tinggi di Liga 1 - Indonesia Bola.com

Berikutnya adalah Ronaldo Kwateh, mantan penggawa Persib Bandung U-16 ini merupakan pemain muda Indonesia berdarah Liberia.

Ronaldo Kwateh yang lahir di Yogyakarta ini sejatinya cukup akrab dengan sepak bola nasional, lantaran ia merupakan anak eks pemain asing Maung Bandung, Roberto Kwateh.

Saat ini, Kwateh yang berusia 16 tahun tersebut sedang memperkuat Madura United dan besar kemungkinan bakal debut di pertandingan Piala Menpora 2021.

Nyoman Paul Aro (Finlandia)

Gabung . . . alt="Mengenal Paul Aro: Lahir di Jakarta, Besar di Bali, Punya KTP Indonesia, dan Pegang Paspor Finlandia - Indonesia Bola.com" width="475" height="267" data-noaft="1" />

Bek berusia 19 tahun ini sempat buat heboh media Indonesia tahun 2020 silam, lantaran pengakuan dirinya yang siap melepas paspor Finlandia demi memperkuat Timnas Indonesia.

Sebelum resmi memperkuat Barito Putera, pemain kelahiran Jakarta ini pernah memperkuat Skovde AIK U-19, salah satu peserta Divisi 1 Sodra atau strata kedua kompetisi U-19 di Swedia.

Walau lahir di Indonesia, namun Nyoman Paul Aro memiliki orang tua campuran. Sang Aya adalah warga Finlandia, sementara Ibunya asli warga Bali.

Seiya Da Costa Lay (Jepang)

Saint' Seiya da Costa Lay, Wonderkid Arema FC yang Berpeluang Main di Liga  1 2020 - Bola Nusantara

Seiya Da Costa Lay didatangkan oleh Arema FC dengan status pemain asing asal Jepang. Meski begitu, sosok Seiya Da Costa Lay ternyata juga memiliki darah Indonesia di dalam dirinya.

Seiya Da Costa Lay memang lahir di Hiroshima, Jepang. Namun, ayahnya, Jefry Da Costa merupakan warga negara Indonesia (WNI) asli, dan ibunya, Sisilia, merupakan wanita keturunan Jepang yang sudah menjadi WNI.

Sosok Seiya Da Costa Lay sendiri merupakan pemain yang beroperasi di sektor pertahanan. Ia berperan sebagai bek tengah, namun juga bisa ditempatkan di posisi gelandang bertahan.

Flavio Cameron (Kamerun)

Wonderkid Keturunan Indonesia Kamerun Ini Mau Unjuk Gigi di Liga 1 -  Bolasport.com

Selain memiliki Kevin Gomez, kubu Persita Tangerang juga memiliki Flavio Cameroon sebagai pemain lokal keturunan asing dalam skuad mereka.

Sesuai namanya, Flavio Cameron merupakan pemain berdarah Kamerun yang berasal dari sang Ayah. Sementara Ibunya merupakan warga asli Medan, Sumatera Utara.

Sebelum memperkuat Persita Tangerang, Flavio Cameron juga sempat memperkuat tim kuat asal Jawa Timur, Persebaya pada beberapa kelompok usia.

Ezra Walian (Belanda)

Persib Bantah Tak Sanggup Bayar Mahal Ezra Walian - Bolalob.com

Terakhir adalah Ezra Walian, penyerang anyar Persib Bandung tersebut memang dikenal sebagai pemain muda Indonesia yang memiliki darah Belanda.

Ayahnya bernama Glenn Walian, merupakan warga asli Manado, Indonesia. Sedangkan Ibunya, Linda Bos merupakan warga Belanda.

Sebelum ke Persib, Ezra Walian sempat menandatangani kontrak profesional bersama Ajax Amsterdam dengan durasi 4 tahun pada 2012 silam.

x

Check Also

PSG Pati Targetkan Juara Liga 2 2021

Jakarta – PSG Pati pasang target tinggi menjelang akan dimulainya kompetisi Liga 2 2021, yang ...