Home > Berita Liga Inggris > Thomas Tuchel Kini Punya Andalan Baru di Chelsea, Alonso-Werner

Thomas Tuchel Kini Punya Andalan Baru di Chelsea, Alonso-Werner

Baru beberapa pekan melatih Chelsea, Thomas Tuchel sepertinya sudah mulai memahami potensi terbaik Timo Werner. Werner semakin rajin berkontribusi dan akhirnya mencetak gol. Selasa (16/2) kemarin Chelsea menaklukan Newcastle dengan skor 2-0, Werner mencetak satu gol di antaranya. Ini adalah gol pertama Werner setelah melewati paceklik gol panjang.
Artinya, ada peran Tuchel di balik kembalinya gol-gol Werner. Dan itu pun dipengaruhi oleh keberanian Tuchel yang memainkan kembali pemain-pemain lama, termasuk Marcos Alonso.

Duet Alonso-Werner di sisi kiri lini serang Chelsea inilah yang tampaknya jadi senjata Tuchel, apa maksudnya?

Alonso bermain sebagai wing-back kiri dalam formasi tiga bek, artinya dia lebih leluasa naik ke depan dan membantu serangan. Menurut Football London, gaya main Alonso inilah yang sangat membantu Werner. Saat Alonso naik dan menusuk ke dalam, dia jadi menguasai lini tengah, dan salah satu bek lawan wajib meninggalkan posisinya.
Ruang kosong pun terbuka, dan itulah yang dimanfaatkan Timo Werner.

Selain itu, keberadaan Alonso di wilayah bermain lawan pun melindungi Chelsea . . . . . . dari serangan balik cepat. Werner pun tidak perlu sering-sering mundur seperti sebelumnya, karena bola akan dijemput Alonso dan diberikan padanya.

Sekilas keputusan taktik seperti ini kelihatan mudah, tapi sebenarnya Tuchel patut dipuji untuk kejeliannya. Dia bisa memahami kekuatan pemain-pemain Chelsea dan mengombinasikannya. Hal serupa sebenarnya pernah dilakukan Pep Guardiola di Manchester City. Kyle Walker dan Joao Cancelo akan naik dan mengisi lini tengah, alhasil Sterling dan Mahrez boleh menunggu di depan.
Sekarang, Tuchel kelihatannya paham betul potensi Werner dan kemampuan pemain-pemain lainnya. Duel Alonso-Werner bakal jadi salah satu senjata terbaik Chelsea di sisa musim ini.

x

Check Also

mikel arteta

Berada Di Posisi Paling Akhir Klasemen Sementara Arsenal Terancam Terdegradasi

London – Dalam laga pekan ketiga EPL 2021/22 ini, Arsenal harus menelan kekalahan mereka yang ...