Home > Berita Liga Indonesia > PT LIB Buka Peluang Turnamen Pramusim Digelar di Luar Pulau Jawa

PT LIB Buka Peluang Turnamen Pramusim Digelar di Luar Pulau Jawa

Jakarta – Kemungkinan turnamen pramusim ataupun Liga 1 2021 akan digelar di luar Pulau Jawa mengingat kondisi di Jawa yang belum kondusif terkait pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, seusai menjalani Rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Penyelenggaraan Kompetisi Sepakbola Liga 1 dan 2, yang berlangsung di Wisma Kemenpora, Rabu (10/2/2021).

Menurut keterangan Sudjarno, PSSI dan PT LIB selaku operator pelaksana telah memprentasikan hasil dari simulasi pertandingan yang telah dilakukan pada Minggu (7/2/2021) lalu.

“Kami paparkan terkait dengan dua hal terutama yang jadi prioritas soal protokol kesehatan dan pengelolaan suporter. Semua paparan lengkap, kami paparkan videonya, secara umum, video sudah memenuhi alur protokol kesehatan dalam pertandingan sepakbola,” kata Sudjarno, di Kantor Kemenpora, Rabu (10/2/2021).

Semua pihak yang dihadir disebutnya juga telah memberikan respon, mulai dari Satgas Covid-19 atau Badan Nasional Penanggulangan Bencara (BNPB), KONI Pusat, dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Pihak Mabes Polri masih akan mengkaji hasil pemaparan yang telah dilakukan PSSI dan PT LIB.

Dalam kesempatan itu, PT LIB juga telah menyampaikan rencana waktu terkait turnamen pramusim dan kompetisi Liga 1 2021.

Untuk turnamen pramusim rencananya akan digelar pada Maret 2021, sementara Liga 1 2021 akan digelar pada Juni setelah Hari Raya Idul Fitri.

“Ini sedang dikaji oleh Mabes. Kemudian juga saya sampaikan rencana pertandingan kita. Kami berharap dari jadwal yang kami berikan, Polri bisa memberikan jawaban minimal satu bulan sebelum pertandingan bergulir, baik turnamen ataupun liga,” jelas Sudjarno.

Sementara itu, dalam rapat tersebut juga ditekankan soal kemungkinan venue pertandingan yang bisa dilakukan di Zona Hijau Covid-19.

“Masukan-masukan, soal pilihan-pilihan daerah yang bisa direkomendasikan (untuk zona hijau), nanti LIB menyampaikan jadwal . . . Gabung . . . tempatnya di mana,” ucap Sudjarno.

Karena itu, kemungkinan besar turnamen pramusim dan Liga 1 bisa digelar di luar pulau Jawa, karena sampai saat ini di bebarapa daerah Pulau Jawa masih zona merah.

“Ini nanti terkait dengan infomasi Baintelkam Polri, bagaimana perkembangannya di daerah. Kami akan menyesuaikan itu. Bisa kemungkinan di luar Pulau Jawa untuk venue pertandingannya,” tutur Sudjarno.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali ini diikuti oleh perwakilan kepolisian, Asops Kapolri Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si, Karo Dalops Sops Polri Brigjen Pol. Dr. Endi Sutendi, S.I.K., S.H., M.H., Dirsosbud BIK Polri Brigjen Pol. Arif Rahman, S.H., Kabid Yanmas Kombes Pol. Drs. Gunawan, S.H., M.Hum.

Lalu, perwakilan gugus tugas/BNPB yakni Direktur Mitigasi Bencana Johny Sumbung, S.K.M., M.Kes. dan Ketua Bidang Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K GintingS , SpP(K) FCCP.

Sementara untuk PSSI dihadiri langsung oleh Ketua Umum Mochamad Iriawan, didampingi Sekjen Yunus Nusi dan Direktur Teknik Indra Syafri.

Dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi ada Direktur Utama Akhmad Hadian Lukita, Direktur Operasional Sudjarno, Manajer Media dan PR Hanif Marjuni.

KONI Pusat yang diwakili Sekjen Ade Lukman dan Indonesia Basketball League (IBL) Junas Miradiarsyah sebagai pengamat juga turut ambil bagian.

x

Check Also

PPKM Darurat, PS Palembang Liburkan Tim

Palembang – Salah satu klub Liga 3, PS Palembang, memillih untuk meliburkan tim selama belum ...