Home > Berita Liga Indonesia > Piala Menpora 2021, Semua Pemain Bakal Jalani Tes Swab Antigen

Piala Menpora 2021, Semua Pemain Bakal Jalani Tes Swab Antigen

Jakarta – Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, memastikan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Seperti diketahui, PSSI dan PT LIB telah merencanakan akan menggelar turnamen Piala Menpora 2021 pada 21 Maret hingga 25 April.

Turnamen tersebut diharapkan bisa menjadi ajang pemanasan bagi klub-klub Liga 1, sebelum digelarnya kompetisi Liga 1 2021.

Selain itu, kesuksesan penyelenggaraan Piala Menpora 2021 ini, terutama dalam hal penerapan protokol kesehatan, akan menjadi acuan bagi pihak kepolisian untuk memberikan izin bagi kompetisi Liga 1 2021.

Sebelumnya, Polri memang memberi catatan kepada PSSI dan PT LIB sebelum memberikan izin untuk Piala Menpora 2021, yakni supaya bisa menjaga protokol kesehatan dengan ketat selama menyelenggarakan Piala Menpora 2021.

Jika ditemui pelanggaran.maka Polri tidak akan segan mencabut izin yang sudah diberikan dan akan makin sulit memberikan izin bagi kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020.

Karena itu menurut Akhmad Hadian Lukita, pihaknya sudah menyusun aturan-aturan teknis untuk penerapan protokol kesehatan pada ajang Piala Menpora 2021.

“Sebelum datang kami meminta kepada klub unuk melakukan antigen, lalu hari H kembali tes antigen jam 9 (pagi) karena . . . Gabung . . . memang salah satu rujukan dari WHO,” ucap Akhmad Hadian Lukita, Jumat (26/2/2021).

Akhmad Hadian Lukita menjelaskan, pihaknya lebih memilih menggunakan tes antigen karena masalah waktu. Bila test swab membutuhkan waktu hingga tiga hari, namun dengan menggunakan tes antigen hanya menunggu 20-30 menit saja sudah bisa diketahui hasilnya.

Nantinya menurut Akhmad Hadian Lukita, tes antigen akan dilakukan menjelang setiap pertandingan.

“Jadi setiap pertandingan akan kami tes, mau tidak mau,” ujar Akhmad Hadian Lukita.

“Setelah itu ada lagi selebihnya (protokol kesehatan mulai) dari masuk ke stadion, saat pertandingan, dan sesudah pertandingan karena harus memberikan image sebagai duta bagaimana cara menjalankan prokes di masyarakat,” lanjutnya.

“Kami tidak akan semena-mena, pokoknya kami akan terus pantau terus terkait prokes,” tandas Akhmad Hadian Lukita.

x

Check Also

Berang Terhadap Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun, Menpora : Blacklist Dari Timnas!

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengaku berang dengan permainan brutal yang dipertontonkan ...