Home > Berita Liga Indonesia > Persib Bandung > Pelatih Persib Pusing Jelang Gelaran Piala Menpora 2021

Pelatih Persib Pusing Jelang Gelaran Piala Menpora 2021

Bandung – Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mengaku pusing mempersiapkan skuad Maung Bandung menjelang digelarnya Piala Menpora 2021.

Menurut pelatih asal Belanda ini, dengan digelarnya Piala Menpora ini muncul sebuah harapan baru terhadap kompetisi sepak bola di Indonesia yang setahun terakhir ini tidak berjalan akibat pandemi Covid-19.

“Kami akan mulai dengan sebuah harapan bahwa akan kembali berlatih dan merupakan hal paling penting tidak hanya bagi pemain, tapi juga bagi ofisial, klub, sponsor, dan para suporter,” kata Robert Alberts, Selasa (23/2/2021).

Meski demikian, Robert Alberts menilai jadwal turnamen Piala Menpora 2021 sama sekali tidak ideal bagi persiapan tim yang setahun ini tidak berkompetisi.

“Dari sudut pandang teknis, kami sudah selama satu tahun tidak berlatih dan bertanding secara kompetitif. Sekarang, mereka berharap kami bisa siap dalam waktu tiga pekan ke depan ketika turnamen digelar pada 22 Maret,” jelas Robert.

Robert juga mengaku akan sulit untuk mengumpulkan kembali para pemain Persib Bandung yang tersebar di seluruh Indonesia, apalagi para pemain asingnya, seperti Nick Kuipers (Belanda), Omid Nazari (Swedia), dan Wander Luiz (Brasil).

“Kami juga harus memastikan para pemain tersebut dinyatakan negatif Covid-19. Jadi ada banyak hal yang perlu dilakukan sebelum memulai latihan,” ungkap Robert.

Menurut Robert Alberts, seharusnya Piala Menpora digelar setelah Hari Raya Idul Fitri atau tepatnya pada pertengahan Mei . . . Gabung . . . atau Juni.

Bahkan Robert juga telah mengajukan ide agar Piala Menpora 2021 digelar dengan sistem pertandingan 3×30 menit agar para pemain tidak mengalami kelelahan dan terhindar dari risiko cedera.

“Kami pun telah mengajukan ide tersebut tapi tidak ada seorang pun yang mendengarkan, kami mempertanyakan kenapa turnamen itu digelar terlalu dini di bulan Maret, tapi kami tetap harus siap untuk itu,” ungkap Robert.

Meski demikian, Robert berharap Piala Menpora 2021 ini bisa berjalan dengan baik, terutama dalam hal penerapan protokol kesehatan karena hal itu akan menjadi acuan bagi pihak kepolisian untuk memberikan izin bagi kompetisi Liga 1 2021 mendatang.

“Setelah turnamen, kami bisa menjalani masa pramusim selama satu setengah bulan dan memulai Liga di awal Agustus nanti. Itu pun selaras dengan jadwal rehat di sepak bola Eropa karena kami juga mengikuti kalender FIFA yang mungkin juga digelar di Indonesia,” tutup Robert.

x

Check Also

Robert Alberts Kagum Dengan Kelebihan Tim Bali United

Bandung – Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, kagum dengan skuad Bali United yang memiliki kedalaman ...