Home > Berita Bola > Bola Internasional > Pelatih Klub Vietnam Puji Pemain Indonesia Yang Hijrah Ke Eropa

Pelatih Klub Vietnam Puji Pemain Indonesia Yang Hijrah Ke Eropa

Jakarta – Pelatih klub Liga Utama Vietnam (V-League) Ho Chi Minh City, Ailton dos Santos Silva, memberikan apresiasi kepada para pemain Indonesia yang berani memutuskan untuk berkarir di luar negeri.

Seperti diiketahui, beberapa nama pemain Indnesia memang memutuskan untuk berkarir di Eropa, seperti Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk), Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica), dan Bagus Kahfi (FC Utrecth).

Menurut Ailton, direkrutnya beberapa pemain Indoesia oleh klub Eropa menandakan para pemain Asia Tenggara mulai dilirik. Ini akan membawa dampak baik kemajuan sepak bola di Asia Tenggara.

“Pemain yang ingin mempunyai kemampuan lebih bagus, dan menjadi bintang kelas dunia memang harus pergi (ke luar negeri),” kata Ailton.

“Sepakbola Indonesia, Thailand, dan Vietnam saat ini masih belum terlalu bagus. Mereka harus berani pergi ke Eropa untuk mendapatkan atmosfer kompetisi lebih tinggi, mengikuti latihan tim di level atas,” lanjutnya.

Ailton kemudian mencontohkan Korea Selatan dan Jepang yang saat ini disegani di Asia telah lebih dulu mengirimkan para pemainnya ke luar negeri.

“Cara itu diterapkan pemain dari Jepang, Korsel, atau negara . . . Gabung . . . lainnya yang tidak memiliki sepakbola bagus. Lihat mereka sekarang. Setelah beberapa generasi tidak sukses, mereka kini punya banyak pemain kelas dunia,” jelas Ailton.

Ailton juga menambahkan, dengan mengirimkan banyak pemain muda untuk berkarir di luar negeri akan sangat menguntungkan bagi Timnas Indonesia.

“Mereka banyak mengirim pemain ke luar. Memang di awal banyak yang menemui kegagalan. Tapi itu menjadi pembelajaran bagi pemain generasi berikutnya untuk lebih percaya diri,” ucap Ailton.

“Saya kira Vietnam dan Thailand perlu melihat langkah yang diambil pemain Indonesia, dan diambil pelajarannya. Saya yakin, dengan apa yang dilakukan pemain Indonesia ini, mereka akan mendapatkan hasil positif,” pungkasnya.

x

Check Also

Hasil Olimpiade 2020, Pemain Real Madrid Berhasil Bawa Jepang Kalahkan Afrika Selatan

Timnas Jepang U-23 berhasil menaklukkan Timnas Afrika Selatan U-23 di pertandingan pertama Grup A sepak ...