Home > Timnas Indonesia > Merumput di Liga Jepang, 3 Pemain Ini Bersedia Perkuat Timnas Indonesia

Merumput di Liga Jepang, 3 Pemain Ini Bersedia Perkuat Timnas Indonesia

Di Liga Jepang, ada setidaknya 3 pemain yang memiliki garis keturunan Indonesia. Mereka di antaranya adalah Riku Matsuda, Riki Matsuda dan Ryu Nugraha. Dua nama pertama adalah saudara kembar yang saat ini membela Cerezo Osaka di kompetisi J1 League.

Pada Kamis (7/1/2021) lalu, Cerezo Osaka telah mengamankan jasa dari Riki Matsuda untuk bergabung setim dengan saudara kembarnya, Riku Matsuda. Sebelumnya Riki Matsuda bermain di klub yang pernah dibela oleh Irfan Bachdim, yakni Ventforet Kofu di J2 League.

Baru-baru ini kedua saudara kembar itu dikabarkan siap membela timnas Indonesia. Riki Matsuda pernah dihubungi pada April 2020 lalu mengenai hal itu, dan pemain 29 tahun itu tidak menampik peluang membela timnas Indonesia.

“Saat ini saya masih memiliki cita-cita untuk membela timnas Jepang,” kata Riki saat dihubungi pada Senin (13/4/2020).

“Tapi saya pikir juga bagus untuk membela Indonesia sebagai saudara kembar,” katanya.

Riki juga mengonfirmasi kepada mereka yang memiliki darah keturunan suku Jawa.

“Ayah saya orang Indonesia. Dia berasal dari Jawa,” katanya.

“Saya sering pergi ke Indonesia saat saya ada di sekolah dasar,” katanya.

Riki dan Riku sejak muda belum sempat membela timnas Jepang, sehingga ia bisa memilih untuk membela timnas Indonesia menurut garis keturunan sang ayah. Riki Matsuda berposisi sebagai striker, sedangkan kembarannya Riku merupakan bek kanan.

Kalau keduanya bergabung timnas Indonesia, maka keduanya bisa disamakan seperti Bagas dan Bagus Kahfi saat membela timnas U-16 . . . Gabung . . . Indonesia. Satu lagi pemain yang dikabarkan siap membela timnas Indonesia adalah Ryu Nugraha.

Kiper setinggi 183 cm itu menjadi pemain pinjaman dari AC Nagano Perceiro yang sekarang membela Fukui United (kasta kelima Liga Jepang). Beberapa waktu lalu, Ryu Nugraha baru saja memperpanjang masa abdinya di Fukui United setahun lagi.

Hal ini diketahui dari update laman transfermarkt yang memberikan keterangan kalau Ryu akan dipinjam lagi oleh Fukui United sampai 31 Januari 2022. Sebelumnya, Ryu Nugraha dipinjamkan ke Fukui United dari klub J3 League (kasta ketiga Liga Jepang), AC Nagano Parceiro sejak Februari 2020.

Perlu diketahui, Fukui United adalah tim yang berkompetisi di Hokushin’etsu Football League, atau setara dengan kompetisi kasta kelima di Jepang. Walau begitu, Fukui United menjadi klub yang sering keluar sebagai juara di kompetisi Hokushin’etsu Football League. Ryu Nugraha dikabarkan menggunakan paspor Indonesia saat didaftarkan AC Nagano Perceiro dan Fukui United. Hal ini membuatnya masih memiliki peluang untuk bisa membela timnas Indonesia.

x

Check Also

Shin Tae-yong Panggil 144 Pemain Untuk TC Timnas U-18 Indonesia

Jakarta – Pelatih Timnas U-18 Indonesia, Shin Tae-yong akan memanggil 144 nama untuk mengikuti pemusatan ...