Home > Liga Lainnya > Lechia Gdansk Tak Lagi Butuh Tenaga Egy Maulana ?

Lechia Gdansk Tak Lagi Butuh Tenaga Egy Maulana ?

Klub Egy Maulana Vikri, Lechia Gdansk, kembali memetik kemenangan di Liga Polandia Ekstraklasa. Kali ini menang 2-0 atas Gornik Zabrze, Sabtu malam waktu setempat atau Minggu (21/2/2021) dini hari WIB. Seminggu sebelumnya Lechia menang 1-0 di kandang klub yang lebih kuat, Rakow Czestochowa.
Pada satu sisi, Egy tentu ikut bangga karena kemenangan itu mengatrol Lechia ke posisi kelima klasemen Liga Polandia Ekstraklasa dengan nilai 26.

Kesempatan untuk menembus Liga Europa musim depan (posisi 2 dan 3), apalagi masuk 4 besar, sekarang terbuka lebar bagi Lechia. Pasalnya, Lechia hanya terpaut 2 poin dari posisi ketiga. Tapi, pada sisi lain, Egy kecewa karena kembali menjadi penghangat bangku cadangan.
Di tahun 2021 ini, sudah 4 pertandingan paruh kedua musim Ekstraklasa berlalu, Egy belum pernah dimainkan.

Pelatih Lechia Piotr Stokowiec tak pernah membahas Egy, apalagi menyebut namanya, dalam setiap konferensi pers, sebagaima dilansir sejumlah media setempat. Kebijakan pelatih itu menimbulkan anggapan kuat kalau Lechia tidak membutuhkan Egy lagi.
Pemain berusia 20 tahun itu hanya sempat merasakan Ekstraklasa di awal-awal musim. Sepanjang musim 2020-2021 ini Egy baru tampil 5 kali, seluruhnya sebagai cadangan.

Waktu yang bisa dinikmati bintang Timnas U-22 Indonesia itu juga sangat minim, yakni 62 menit. Jadi, sampai pekan ke-18, Egy lebih sering duduk di bangku cadangan. Anak Medan jebolan SKO Ragunan itu terakhir kali bermain di Liga Polandia pada 23 November 2020.
Saat itu, Egy masuk di 6 menit terakhir dan Lechia kalah 0-2 dari Piast Gliwice.

Egy sempat dimaikan dalam rangkaian uji coba ketika Liga Polandia sedang libur musim dingin. Dalam 3 pertandingan uji coba itu, Egy berhasil menunjukkan kontribusinya melalui 1 gol dan 1 asis. Dia juga berhasil mengantarkan Lechia menyapu bersih ketiga pertandingan uji coba dengan kemenangan dan skor 14-1.
Egy juga sempat diikutkan dalam 2 uji coba Lechia Gdansk II, tim cadangan atau bayangan.

Tapi penampilan Egy dalam semua uji coba itu ternyata belum meyakinkan pelatih Stokowiec. Stokowiec justru lebih percaya kepada dua pemain yang baru didatangkan pada akhir 2020 dan awal 2021, yaitu Jan Bieganski dan Joseph Ceesay. Bieganski didatangkan dari klub kasta kedua Liga Polandia, GKS Tychy, dengan status bebas transfer.
Walau masih berusia 18 tahun, pemain bertahan itu sudtelah mencatatkan 3 kali penampilan bersama Lechia di Liga Polandia.

Bieganski bahkan dimainkan secara penuh dalam dua pertandingan terakhir di Liga Polandia. Sedangkan Ceesay baru didatangkan Lechia dari Helsingborg dengan status bebas transfer. Pemain berposisi sayap itu tercatat selalu dimainkan oleh Stokowiec di Liga Polandia. Penampilan kedua pemain itu sejauh ini sangat memuaskan Stokowiec.

“Kami ingin menjaga konsentrasi dan cara kami bermain,” kata Stokowiec, sebagaimana dikutip dari Trojmiasto.pl.

Sulit Tembus Tim Inti

Egy sangat sulit menembus tim inti karena banyak pemain yang bermain di posisinya. Pemuda yang pernah dijuluki Messi Indonesia itu bisa bermain di sejumlah posisi, yaitu pemain serang, sayap, dan bahkan penyerang. Dalma uji coba, Egy dipatenkan di posisi gelandang serang. Tapi, fleksibilitas posisi Egy itu tidak membuat Stokowiec mempercayainya di tim inti.
Di posisi gelandang, Lechia masih memiliki Maciej Gajos, Egzon Kryeziu, Jaroslaw Kubicki, Tomasz Makowski, dan juga pemain muda Jakub Kaluzinski.

Selain banyaknya pesaing, posisi gelandang serang kelihatan tidak seberapa dibutuhkan karena Stokowiec kerap menerapkan formasi 4-1-4-1. Di posisi sayap, masih ada nama-nama reguler seperti Omran Haydary, Mykola Musolitin, dan Kenny Saief. Sedangkan di posisi penyerang masih ada sang kapten tim Flavio Paixao, Mateusz Zukowski, dan Lukasz Zwolinski.
Banyaknya pesaing di posisi yang sama membuat Egy kesulitan menembus tim utama Lechia. Selain itu, posisi Egy juga semakin terancam akibat rencana pelatih yang ingin mendatangkan pemain baru.

Stokowiec dikabarkan sedang mengincar penyerang baru menggantikan Jakub Arak untuk memperkuat lini serang tim. Arak sudah pindah ke Rakow karena sangat minim bermain di Lechia. Bursa transfer musim dingin Liga Polandia baru akan ditutup pada 24 Februari 2021. Selain sulit masuk ke tim inti, status kontrak Egy juga memunculkan anggapan waktunya bersama Lechia Gdansk sudah habis.
Kontrak Egy bersama Lechia akan berakhir pada 30 Juni 2021 dengan opsi perpanjangan klub 2 tahun.

Sampai saat ini, Lechia kelihatan masih belum berencana memperpanjang kontrak Egy. Status kontrak itu membuat Egy berpeluang besar dilepas Lechia dengan status bebas transfer di akhir musim ini.