Home > Berita Liga Spanyol > Koeman Dianggap Masih Sebagai Sosok Yang Tepat Untuk Menukangi Barcelona

Koeman Dianggap Masih Sebagai Sosok Yang Tepat Untuk Menukangi Barcelona

Joan Laporta sudah menjelaskan ia akan tetap memilih Ronald Koeman ketimbang menunjuk Xavi Hernandez sebagai pelatih baru Barcelona, andai terpilih jadi Presiden nanti.

Sebab, Laporta kini berpendapat bahwa Xavi belum terlalu matang untuk bisa membesut tim besar seperti Barca. Sebagaimana diketahui, Koeman sendiri memang sudah resmi ditunjuk sebagai pelatih dari Barca jelang musim 2020-2021 dimulai.

Ya, manajemen dari Barca kini sudah menunjuk Koeman sebagai pelatih guna menggantikan peran dari Quique Setien yang sudah dinilai gagal.

Pada awal kiprah dari Koeman sebagai pelatih Barca, ia memang sudah gagal menunjukkan performa yang mengesankan. Bahkan Barca juga harus rela menutup tahun 2020 dengan menempati posisi keenam pada klasemen Liga Spanyol di musim ini.

Akan tetapi perlahan tapi pasti, Barca pun kini sudah mulai menunjukkan performa yang mengesankan di segala kompetisi yang mereka ikuti pada musim ini.

Bahkan di Liga Spanyol 2020-2021, Barca kini sudah mampu melalui lima pertandingan terakhir mereka tanpa tersentuh sebuah kekalahan.

Kemenangan teranyar yang berhasil didapatkan Barca di Liga Spanyol 2020-2021 adalah saat menghadapi Athletic Bilbao.

Dalam pertandingan yang sudah dimainkan di Estadio Camp Nou itu, Barca mampu menang dengan skor akhir 2-1 via sumbangan gol dari Lionel Messi (14’) serta Antoine Griezmann (70’).

Meski berhasil mencatatkan hasil positif, bukan berarti posisi dari Koeman sebagai pelatih Barca bakal tetap aman.

Terlebih, penunjukkan dari Koeman sebagai pelatih Barca sendiri pada saat mereka masih dipimpin oleh Josep Maria Bartomeu.

Akan Gantikan Valverde, Xavi Akui Telah Berbicara dengan Barcelona

Kini jelang bergulirnya pemilihan Presiden Barca, masa depan Koeman . . . Gabung . . . pun kencang dispekulasikan kelanjutannya. Bahkan salah satu calon Presiden Barca, Victor Font, berniat menggantikan Koeman dengan legenda Barca lainnya, Xavi.

Akan tetapi rencana Font tersebut justru mendapatkan penolakan dari Laporta. Ya, Laporta menilai bahwa Xavi masih terlalu hijau untuk melatih tim seperti Barca. Maka dari itu, Laporta memilih untuk tetap menaruh kepercayaan kepada Koeman.

“Hubungan saya dengan Xavi masih sangat baik. Kami kerap berbincang melalui sambungan telepon. Lagi pula dia sepertinya bagian dari kampanye calon lain (Victor Font), karena sejauh ini anggapan itu tidak disangkal,” jelas Laporta, seperti disadur dari Marca, Selasa (2/2/2021).

“Menurut saya, saya pikir dalam jangka waktu pendek, menengah, atau jangka panjang dia bisa menjadi pelatih Barca, karena dia menginginkannya. Akan tetapi, dia masih membutuhkan sedikit persiapan lagi. Klub membutuhkan pengalaman,” sambungnya.

“Klub membutuhkan pengalaman. Sama dengan saat kami merekrut (Frank) Rijkaard, yang meletakkan dasar, dan Guardiola, yang membawa keunggulan. Pertama-tama, kami harus menghormati Koeman, yang masih terikat kontrak.”

“Dia itu seorang legenda Barcelona dan layak mendapatkan seluruh hormat dari kita semua, sekalipun kemenangan dan performa memengaruhi. Situasi klub sekarang membutuhkan pengalaman,” tuntas pria berusia 58 tahun tersebut.

x

Check Also

Ronald Koeman Anggap Penampilan Depay Sesuatu Banget Untuk Barcelona

Memphis Depay memutuskan tidak memperpanjang kontraknya di Olympique Lyon dan bergabung secara gratis ke Barcelona. ...