Home > Berita Liga Indonesia > Ketum PSSI Pastikan Promosi-Degradasi Berlaku di Musim 2021

Ketum PSSI Pastikan Promosi-Degradasi Berlaku di Musim 2021

Jakarta – PSSI memastikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 akan berjalan dengan memberlakukan aturan promosi dan degradasi.

Sebelumnya, PSSI memang sempat menghapuskan sistem degradasi dan promosi pada kompetisi musim 2020, sebelum kemudian diputuskan untuk dibubarkan.

“Liga 1 2021 bakal sesuai regulasi, ada promosi dan degradasi. Semua ketentuan dalam kompetisi musim 2021 ini sudah dikomunikasikan kepada FIFA dan AFC,” jelas Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Itu berarti akan kembali ada tiga tim Liga 2 yang dipromosikan, untuk menggantikan tiga tim Liga 1 yang terdegradasi.

Pada pertemuan perwakilan klub dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) beberapa waktu lalu, ada sebagian klub yang masih menginginkan tanpa degradasi di musim 2021 ini. Namun PSSI sepertinya tidak setuju untuk melakukan hal itu.

Keputusan PSSI untuk kembali memberlakukan promosi dan degradasi juga disambut baik oleh pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

Menurut pelatih asal Brasil ini, promosi dan degradasi akan menjaga kompetisi agar tetap berkualitas.

“Seharusnya ada degradasi. Sistemnya tetap tiga degradasi dan tiga promosi dari Liga 2. Sistem ini bagus untuk . . . Gabung . . . membuat kompetisi sehat, buat tim mau juara serta kompetisi tetap sehat untuk tim tidak mau degradasi,” kata Stefano Cugurra.

“Mudah-mudahan kompetisi 2021 bisa cepat mulai. Pemain sudah hampir setahun tidak bermain di ajang kompetitif,” sambungnya.

Hingga saat ini PSSI belum memberikan infomasi lebih lanjut terkait kapan kompetisi musim 2021 akan dimulai karena PSSI sejauh ini masih fokus untuk menyempurnakan protokol kesehatan yang akan diterapkan, serta mendapatkan izin dari kepolisian.

Nantinya menurut Mochamad Iriawan, akan dilakukan tes swab antigen setiap sebelum pertandingan Liga 1 dan Liga 2. Bila didapati ada pemain yang positif, maka langsung dilakukan tindakan karantina terhadap pemain tersebut.

x

Check Also

AHHA PS Pati FC Mengusulkan Agar Liga 2 2021 Digelar di Sumatera dan Kalimantan

Jakarta – AHHA PS Pati FC Mengusulkan agar Liga 2 2021 digelar di Sumatera dan ...