Home > Coppa Italia > Jungkalkan Napoli, Atalanta Bakal Hadapi Juventus di Final Coppa Italia

Jungkalkan Napoli, Atalanta Bakal Hadapi Juventus di Final Coppa Italia

Setelah mengandaskan perlawanan Napoli pada semifinal dengan keunggulan agregat 3-1. Atalanta memastikan diri ke partai puncak Final Coppa Italia dengan menuntaskan pertandingan leg kedua semifinal berkat kemenangan 3-1 atas Napoli di Stadion Gewiss, Rabu (10/2/2021) atau Kamis dini hari WIB.
Pada pertemuan perdana di Stadion San Paolo, markas Napoli, Atalanta bermain imbang 0-0.

Sebelumnya berkaca dari hasil imbang tanpa gol itu, baik Atalanta dan Napoli mau tidak mau harus saling bunuh demi satu tiket di final Coppa Italia. Pada akhirnya satu tiket terakhir ke final menjadi milik pasukan Gian Piero Gasperini. Mereka pun berhak menantang Juventus di final Coppa Italia.
Sebelumnya Juventus sukses menumbangkan Inter Milan. Dalam pertandingan ini, Atalanta selaku tuan rumah tidak begitu mendominasi karena hanya menguasai 40 persen bola.

Dilihat dari segi peluang, La Dea mampu menghasilkan 19 dengan 7 tembakan tepat sasaran, sementara Napoli menghasilkan 12 dengan 5 shot on target. Sejak menit awal, pasukan Gian Piero Gasperini sudah berusaha mendominasi permainan dan penguasaan bola. Pertandingan baru berjalan 10 menit, gawang Napoli sudah jebol oleh tembakan jarak jauh Duvan Zapata.
Setelah mendapat umpan pendek dari Martin de Roon dari tengah lapangan, Duvan Zapata sempat menggiring bola mendekati kotak penalti.

Penyerang asal Kolombia itu lantas melepaskan tendangan dari luar kotak dan gagal dibendung oleh David Ospina. Atalanta unggul 1-0. Enam menit berselang, Zapata gantian menjadi arsitek bagi gol kedua timnya yang dicetak oleh Matteo Pessina. Umpan terobosan Robin Gosens ke kotak penalti diambil oleh Zapata, dan sang bomber segera melepaskan umpan ke arah Matteo Pessina.
Pessina yang berlari ke tengah kotak penalti langsung menyambar umpan pendek Zapata dan menempatkan bola ke pojok kanan gawang Il Partenopei.

Lesakan kaki kiri Pessina tidak mampu dihalau oleh Ospina. Atalanta pun unggul 2-0 atas Napoli. Keunggulan 2-0 Atalanta atas Napoli bertahan sampai turun minum. Di babak kedua, Napoli berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 berkat gol Hirving Lozano pada menit ke-53. Gol berawal dari tembakan Tiemoue . . . Gabung . . . Bakayoko dari dalam kotak, di mana bola sempat membentur kaki Jose Luis Palomino.
Bola itu segera disambar oleh Hirving Lozano yang turut berada di dalam kotak.

Walau sepakannya sempat diblok oleh Pierluigi Gollini, tembakan kedua Lozano dari jarak dekat gagal dibendung oleh kiper Atalanta. Tersentak gol Napoli, Atalanta berusaha untuk menjauh dan melancarkan serangan dari dua sisi memanfaatkan lebar lapangan. Upaya Zapata dkk berbuah hasil dengan lahirnya gol kedua Pessina pada menit ke-78 yang membuat kedudukan menjadi 3-1.
Kembali Zapata menjadi kreator gol berkat assist-nya untuk brace Pessina pada pertandingan ini lewat satu sentuhannya di depan kotak penalti.

Pessina yang berlari segera menggiring bola ke dalam kotak dan melepaskan sepakan ke sisi kiri bawah gawang Napoli. Ospina yang kalah cepat gagal mengamankan gawangnya untuk ketiga kalinya. Gol kedua Pessina menjadi gol penutup pada pertandingan ini dan membuat Atalanta menang agregat 3-1 atas Napoli.
La Dea berhak menantang Juventus di partai puncak Coppa Italia. Atalanta 3-1 Napoli (Duvan Zapata 10, Matteo Pessina 16′, 78′; Hirving Lozano 53′) (Atalanta menang agregat 3-1)

Berikut susunan pemain Atalanta dan Napoli:

Atalanta (3-4-3): 95-Pierluigi Gollini; 2-Rafael Toloi, 6-Jose Luis Palomino, 19-Berat Djimsiti; 8-Robin Gosens, 11-Remo Freuler, 15-Marten de Roon, 4-Bosko Sutalo; 9-Luis Muriel (72-Josip Illicic 56′), 32-Matteo Pessina, 91-Duvan Zapata

Pelatih: Gian Piero Gasperini

Napoli (4-3-3): 25-David Ospina; 22-Giovanni Di Lorenzo, 19-Nikola Maksimovic, 33-Amir Rrahmani, 23-Elseid Hysaj (6-Mario Rui 42′); 7-Eljif Elmas (21-Matteo Politano 46′), 5-Tiemoue Bakayoko (4-Diego Demme 64′), 20-Piotr Zielinski (68-Stanislav Lobotka 64′); 11-Hirving Lozano, 24-Lorenzo Insigne, 9-Victor Osimhen (37-Andrea Petagna 79′)

Pelatih: Gennaro Gattuso

x

Check Also

Lawan Inter, Pioli Bakal Duetkan Mandzukic-Ibrahimovic Lagi?

Milan – AC Milan akan menghadapi rival sekotanya, Inter Milan, dalam laga perempat final Coppa ...