Home > Berita Liga Indonesia > Format Turnamen Pramusim PSSI Yang Kemungkinan Diikuti 20 Tim

Format Turnamen Pramusim PSSI Yang Kemungkinan Diikuti 20 Tim

Jakarta – PSSI dan PT LIB telah memberikan pemaparan terkait rencana digelarnya turnamen pramusim, sebelum kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 digelar.

Menurut rencana, turnamen pramusim akan dimulai pada 20 Maret mendatang, dan diikuti oleh 20 tim peserta.

“Turnamen prakompetisi ini juga dapat menjadi ajang pemanasan setiap klub, sekaligus untuk melakukan seleksi pemain baru sebelum dikontrak,” demikian pemaparan dari PSSI, saat rapat
di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Rabu (10/2/2021).

Rapat juga dihadiri oleh perwakilan dari Polri, Satgas Covid-19, serta KONI.

Nantinya, turnamen pramusim tersebut akan berlangsung selama 37 hari. 20 tim peserta yang ikut terdiri dari 18 tim daari Liga 1, serta 2 tim dari Liga 2 yakni PSMS Medan dan Sriwijaya FC.

20 tim tersebut nantinya akan dibagi ke dalam empat grup, yang masing-masing terdiri dari 5 tim.

Untuk sementara, PSSI dan PT LIB memilih Kota Solo, Sleman, Magelang dan Semarang sebagai venue. Sebagai alternatif, ada opsi lain yakni Samarinda, Lampung, serta Palembang.

Format pertandingan untuk turnamen pramusim . . . Gabung . . . akan dilakukan dengan single round robin pada babak penyisihan grup. Juara serta runner-up grup akan lolos ke babak selanjutnya.

Babak 8 besar akan dilakukan dengan sistem knockout dan single match. Jika hasil akhir imbang akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu hingga adu penalti.

Demikian pula dengan babak semifinal hingga final.

Sementara itu, 48 pertandingan turnamen pramusim ini akan ditayangkan secara langsung melalui siaran televisi dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat, termasuk tidak adanya penonton.

Turnamen pramusim ini sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi pihak Polri terkait izin kompetisi Liga 1 da Liga 2 2021 nantinya.

x

Check Also

Masa Pandemi, Bisnis Sepatu Bola Hamka Hamzah Justru Laku Keras

Jakarta – Meski di masa pandemi di mana banyak usaha yang mengalami kesulitan, namun usaha ...