Home > Berita Liga Indonesia > Persebaya Surabaya > Dibanding Tarkam, Uston Nawawi Sarankan Pemain Cari Uang Lewat Medsos

Dibanding Tarkam, Uston Nawawi Sarankan Pemain Cari Uang Lewat Medsos

Surabaya – Mantan Pemain Persebaya, Uston Nawawi, menyarankan kepada para pemain sepak bola profesional untuk tidak bermain di turnamen antar kampung (tarkam).

Seperti yang diketahui, di saat kompetisi sepak bola dihentikan sejak pertengahan Maret 2020 lalu akibat pandemi Covid-19, banyak pemain sepak bola yang memilih bergabung dalam turnamen tarkam dengan alasan ingin menjaga kebugaran, hingga untuk menambah penghasilan.

Terkait hal ini, Uston Nawawi mengaku memakluminya, karena ia sendiri pernah mengalaminya di saat kompetisi sepak bola terhenti di tahun 2015 lalu.

“Awal-awal vakum kompetisi 2015 saya sempat ikut tarkam,” ungkap Uston Nawawi.

“Alasannya tentu untuk menjaga kondisi dan menambah penghasilan,” lanjutnya.

“Kan waktu itu tidak ada kegiatan sepak bola, mirip lah kondisinya seperti sekarang, bedanya kalau sekarang kan semua kegiatan olah raga dilarang,” ujarnya.

Meski demikian, Uston tetap menyarankan agar pemain tidak ikut terjun ke turnamen tarkam karena memiliki banyak risiko, termasuk risiko cedera.

“Saya bisa paham pilihan pemain yang main tarkam, tapi kalau bisa ya cari yang lain saja,” ucap Uston.

“Karena untuk pemain profesional tarkam banyak risikonya.” sambungnya.

“Kalau saya dulu kan sudah jauh lewat masa emas . . . Gabung . . . waktu main tarkam,” tuturnya.

Uston menyarankan agar para pemain mencari tambahan penghasilan dengan berjualan melalui media sosial, atau membuka usaha lain.

Selain itu, Uston berharap agar para pemain saat ini tidak boros dan mulai mempersiapkan masa depannya, karena masa produktif seorang pemain sepak bola profesional sangat singkat.

“Mungkin saya bisa menyarankan pemain untuk buka usaha, apalagi sekarang sudah ada sosial media, mereka bisa usaha lewat situ,” kata Uston.

“Intinya saya berharap untuk pemain bola jangan terlalu boros untuk mengelola hasil keringat main bola,” lanjutnya.

“Berpikirlah untuk masa depan karena tidak akan selamanya bermain bola, intinya pemain bola dikatakan sukses kalau sudah tidak bermain tetap stabil kondisi ekonominya,” tutupnya.

x

Check Also

Aji Santoso Sebut Perkembangan Bruno Moreira Cukup Bagus

Persebaya – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengaku cukup puas dengan perkembangan salah satu pemain ...