Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona Habiskan Rp 9,4 Triliun Untuk Messi Padahal Bisa Bangun Skuad Impian

Barcelona Habiskan Rp 9,4 Triliun Untuk Messi Padahal Bisa Bangun Skuad Impian

Keputusan yang konyol sedari awal nampaknya sudah dilakukan oleh raksasa dari LaLiga Spanyol, Barcelona, usai habiskan Rp9,4 triliun demi Lionel Messi. Padahal, mereka tentu bisa punya starting XI dengan pemain-pemain hebat ini dengan uang segitu.

Habiskan 20 tahun bersama Catalan, pemain yang kini berusia 33 tahun itu nyatanya sudah terlalu diagung-agungkan.

Maklum saja, usai persembahkan dari 33 gelar juara termasuk dua kali treble winners, peran sertanya juga tergolong penting bagi masa depan klub.

Namun semuanya sudah berubah pada saat El Barca sudah kehilangan sentuhan magis dalam liga domestik serta alami insiden memilukan saat dibantai 2-8 oleh Bayern Munchen saat lakoni Liga Champions.

Tak cuma nirgelar, masalah dari finansial berupa hutang juga tentu sangat memperparah keadaan dari klub itu sendiri.

Ditotal ada hutang yang sudah menggunung hingga 1,2 miliar euro (Rp20 triliun) serta tambahan tunggakan sertapembayaran transfer 126 juta euro (Rp2,1 triliun) kepada 19 klub berbeda.

Situasi yang kian rumit saat ketika muncul fakta kontrak gila dari Lionel Messi.

Baca Juga : Link Live Streaming Barcelona vs Athletic Bilbao, 1 Februari 2021

Surat kabar El Mundo sudah sukses bocorkan sebuah fakta jika kesepakatan dari La Pulga 2017 lalu bernilai 555 juta euro (Rp9,4 triliun), belum termasuk dengan bonus serta keistimewaan lain.

Ketimbang menghabiskan uang demi satu pemain, uang ini ternyata sudah bisa membentuk satu tim. Ya, melansir laman berita Marca, jika saja Blaugrana lebih bijak melego perjanjian ada 11 pemain unggul yang gabung mereka.

Berdasarkan harga dari situs Transfermarkt antara 2017 hingga 2021, berikut adalah komposisi pemain senilai kontrak empat tahun dari sang kapten.

Komposisi starting XI senilai Rp9,4 triliun . . . <a href=Gabung . . . jika Barcelona tak habiskan uang demi Lionel Messi saja. Sumber: Marca." width="617" height="347" />

Kiper ada Ederson (40 juta euro) yang kini bela Manchester City. Lini bertahan diperkuat oleh Joao Cancelo dari Manchester City (40 juta euro), Leonardo Bonucci, bek Juventus (Rp35 juta euro), dan Achraf Hakimi selaku pemain Inter (40 juta euro).

Lini tengah ada Rodri, gelandang City (63 juta euro), Kai Havertz dari Chelsea (80 juta euro), dan duet Manchester United, Bruno Fernandes (55 juta euro) serta Donny van de Beek yang juga mantan Ajax Amsterdam (39 juta euro).

Untuk garis depan, tiga pemain muda yang bisa jadi penerus Messi. Ada Joao Felix striker Atletico Madrid (120 juta euro), Ferran Torres dari The Citizen (23 juta euro), dan Bomber Borussia Dortmund, Erling Haaland (20 juta euro).

Sebagian besar pemain-pemain tersebut masih dalam harga murah dan baru muncul potensi dahsyatnya sepanjang musim ini. Bisa dibilang, tim bermarkas di Camp Nou itu melewatkan kesempatan emas punya pasukan bertabur bintang masa depan.

Sayangnya, nasi sudah menjadi bubur, Barcelona kini hanya bisa menanggung sial ketika Lionel Messi berpotensi bebas dengan status gratis akhir LaLiga Spanyol nanti. Bak sudah jatuh tertimpa tangga, mereka pun kian dekat dengan kebangkrutan.

x

Check Also

De Jong Ungkap Alasan Depay Mudah Melebur Dalam Tim Barcelona

Frenkie de Jong mengungkapkan hal yang membuat rekan anyarnya di Barcelona, Memphis Depay, bisa melebur ...