Home > Berita Bola > Asnawi Mangkualam Harus Sering Buka Kamus Agar Bisa Beradaptasi di Korsel

Asnawi Mangkualam Harus Sering Buka Kamus Agar Bisa Beradaptasi di Korsel

Asnawi Mangkualam resmi merapat ke tim asal Korea Selatan, Ansan Greeners. Pemain kelahiran Makassar 4 Oktober 1999 itu kabarnya dikontrak satu selama musim dengan opsi perpanjangan. Tantangan baru akan dirasakan salah satu andalan Tim Nasional Indonesia U-22 di SEA Games 2019 itu.

Beberapa faktor seperti gaya permainan, iklim juga hal antara bermain di Indonesia dengan Korea Selatan dipastikan jadi tantangan tersendiri bagi pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Mantap Perkuat Ansan Greeners Meski Nilai Kontrak Turun

“Untuk adaptasi iklim mungkin masih belum ya karena sekarang saya masih karantina di dalam kamar. Mungkin baru 10 hari lagi untuk mulai latihan di luar,” kata Asnawi dalam konferensi pers virtual, Sabtu (6/2/2021).

Selain itu, faktor bahas juga biasanya jadi kendala tersendiri bagi para pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan dialami Asnawi saat bermain bersama Ansan Greeners nanti.

Untuk itu, ia pun mengaku sedang berusaha untuk menguasai bahas Korea. Selain belajar dari translator Salah satunya adalah dengan membaca kamus yang disediakan pihak klub.

“Ada kamus bahasa Korea yang disediakan . . . Gabung . . . di kamar oleh pihak klub. Jadi waktu karantina ini saya manfaatkan juga untuk belajar dan membaca kamus agar lebih mudah nantinya,” kata Asnawi

Sebenarnya, pihak klub sendiri sudah menyediakan penerjemah untuk pemain asing yang bergabung. Seperti yang disampaikan pelatih Ansan sebelumnya, Kim Gil-Sik, yang mengatakan timnya akan membantu Asnawi untuk beradaptasi sebaik mungkin.

“Mengenai permasalahan bahasa, di Kota Ansan terdapat banyak sekali orang berkebangsaan Indonesia. Kami akan mencari penerjemah secepatnya untuk membantu tim dan Asnawi,” kata Kim.

“Tapi sebenarnya sepakbola adalah olahraga dunia. Pasti ada banyak persamaan. Jadi, saya merasa kalau bahasa bukan sebuah hambatan buat dia untuk bisa beradaptasi dengan baik bersama kami,” kata pelatih berusia 42 tahun itu.

 

x

Check Also

Akhirnya Kemenangan Pertama Di Liga Champions Musim Ini, Barcelona Kalahkan Dynamo Kiev Dengan Skor 1-0

Barcelona – Dalam partai matchday 3 fase grup Liga Champions 2021/22,Barcelona sukses mengalahkan Dynamo Kiev ...