Home > Timnas Indonesia > Asnawi Mangkualam Berharap Ansan Greeners Bisa Jadi Batu Loncatan Menuju Eropa

Asnawi Mangkualam Berharap Ansan Greeners Bisa Jadi Batu Loncatan Menuju Eropa

Jakarta – Bek muda asal Indonesia yang saat ini direkrut klub Liga 2 Korea Selatan (K League 2) Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Bahar, mengaku ingin menjadikan Ansan Greeners sebagaibatu loncatan baginya untuk bisa berkarir di Eropa.

Sebelumnya, Asnawi Mangkualam direkrut dari PSM Makassar oleh Ansan Greeners selama satu musim dengan opsi perpanjangan bila mampu memperlihatkan performa bagus.

Asnawi Mangkualam mengaku bertekad untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya agar tidak mengecewakan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yang telah merekomendasikan dirinya.

“Saya disebut akan mendapatkan tempat di tim utama. Rencana saya, setelah di Ansan, tahun berikutnya saya bermain di K League 1. Setelah itu ke Eropa,” jelas Asnawi soal rencana karirnya.

“Saya datang ke sini yang penting mau main keluar. Sebelum saya datang ke sini, saya sudah mempersiapkan diri. Saya tidak mau mengecewakan coach Shin Tae-yong yang sudah memberikan rekomendasi kepada pelatih Ansan. Saya harus menjawab kepercayaan ini,” lanjutnya.

Selain itu, Asnawi juga ingin ‘membuka jalan’ bagi para pemain Indonesia lainnya yang ingin berkarir di Korea Selatan.

“Kalau (bicara) motivasi, memang ada. Insya Allah saya bisa berprestasi bersama Ansan Greeners, mungkin teman-teman di Indonesia bakal lebih . . . Gabung . . . mudah bermain di klub-klub Asia,” ucap Asnawi.

“Tidak bisa dipungkiri kalau pemain Indonesia diremehkan di luar, termasuk di Asia. Apalagi tim-tim dari Korea dan Jepang. Untuk saat ini tidak mudah bagi pemain Indonesia bermain di luar. Saya harus mempersiapkan mental agar bisa bekerja keras,” sambungnya.

Asnawi juga menambahkan, dirinya tidak keberatan bila ia mendapatkan gaji yang lebih kecil dibandingkan ketika memperkuat PSM Makassar. Karena baginya, mendapatkan pengalaman berharga untuk bisa berkarir di luar negeri lebih penting.

“Yang saya pikirkan itu bukan harga, itu nomor dua, tetapi kesempatannya. Saya sudah lama menantikan momen bermain di luar negeri. Ini bisa menjadi pembuka pintu saya bermain di luar negeri, sehingga mau menerima tawaran ini,” tandas Asnawi.

x

Check Also

Shin Tae-yong Panggil 144 Pemain Untuk TC Timnas U-18 Indonesia

Jakarta – Pelatih Timnas U-18 Indonesia, Shin Tae-yong akan memanggil 144 nama untuk mengikuti pemusatan ...