Home > Berita Liga Spanyol > Apa Alasan Barcelona Masih Pertahankan Messi Jika Gajinya Selangit ?

Apa Alasan Barcelona Masih Pertahankan Messi Jika Gajinya Selangit ?

Melihat laporan dari El Mundo, kontrak Lionel Messi senilai lebih dari 500 juta euro bisa menjadi salah satu penyebab Barcelona berada di ambang kebangkrutan. Lalu mengapa mereka bersikeras mempertahankannya? Saat ini, kontrak Messi hanya tinggal menyisakan hitungan bulan saja.

Dengan begitu, penyerang berkebangsaan Argentina itu boleh meninggalkan Camp Nou untuk bergabung dengan klub lain secara gratis. Walau begitu, kepergian Messi cukup untuk membuat neraca keuangan Barcelona kembali seimbang. Kalau masih dipertahankan, besar kemungkinan bayaran sang bintang akan menjadi lebih mahal dari sebelumnya.

Kepergian Messi memang bisa memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap hasil-hasil di pertandingan Barcelona. Walau begitu, skuad besutan Ronald Koeman itu mampu membuktikan kalau mereka bisa tampil tanpa sosok Messi. Fakta kalau Messi sudah tidak lagi kerasan di Camp Nou, terutama setelah drama faks di musim panas kemarin, jadi menguatkan keyakinan kalau Barcelona sudah harus berpisah dengan sang bintang.

Kenapa bersikeras mempertahankan? Salah satu kandidat presiden Barcelona, Joan Laporta, coba menjelaskan alasan mengapa klub harus mempertahankan Messi. Sebagai informasi, Laporta pernah menjadi presiden Barcelona di era keemasan Messi.

“Situasi Barcelona tidak disebabkan oleh kontrak Leo. Messi menghasilkan pemasukan lebih dari pendapatannya. Kami sudah melakukan studi dan dia menghasilkan sekitar sepertiga dari total pendapatan Barcelona,” katanya . . . Gabung . . . kepada El Mundo.

Bagi Laporta, menguaknya kabar soal detail kontrak Messi di Barcelona disebabkan oleh manajemen saat ini yang buruk. Hal seperti ini dirasanya bisa terjadi dengan mudah saat sebuah klub tidak diurus oleh orang-orang kompeten.

“Ini adalah kabar buruk karena sama sekali tidak ada rasa hormatnya, dan karena adanya kegagalan manajemen di klub, hal seperti ini semakin lebih mudah terjadi,” lanjutnya.

Selain dari segi pemasukan, Messi juga menghadirkan banyak trofi untuk Barcelona. Laporta menggarisbawahi kalau sederet piala yang ada di kabinet trofinya taidk akan diraih tanpa sosok Messi dalam skuad.

“Tanpa dia, kami takkan memenangkan trofi sebanyak ini. Ada sembilan olahragawan di dunia yang mendapatkan uang lebih banyak sehubungan dengan total pemasukan dalam klub,” kata Laporta lagi.

“Leo menyumbangkan total 8,2 persen dari pengeluaran klub. Semua sponsor menginginkan Leo,” kata pria berumur 58 tahun itu.

x

Check Also

Belum Bisa Wujudkan Kontrak Messi, Presiden Barca Minta Keringanan ke Liga Spanyol

Barcelona saat ini sedang mengalami kesulitan dalam menyikapi masa depan megabintang mereka, Lionel Messi. Messi ...