Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Ahli Keuangan Sarankan Barcelona Pertahankan Messi Jika Tak Ingin Bangkrut

Ahli Keuangan Sarankan Barcelona Pertahankan Messi Jika Tak Ingin Bangkrut

Barcelona – Barcelona diketahui saat ini tengah menanggung masalah kesulitan keuangan. Berdasarkan laporan keuangan yang telah dirilis pada akhir tahun 2020 lalu, Blaugrana memiliki utang sebesar 1,173 miliar euro atau sekitar Rp 20 triliun.

Menurut laporan media Spanyol Marca, dari utang tersebut, 730 juta euro di antaranya, atau Rp 12,5 triliun, merupakan utang jangka pendek yang akan jatuh tempo pada Juni 2021.

Meski banyak pihak berpendapat gaji para pemain bintang, termasuk Lionel Messi, membuat kondisi keuangan Barcelona makin terpuru, namun ahli keuangan Marc Cirias justru menyarankan agar Barcelona memperpanjang kontrak Messi, yang akan berakhir pada musim panas mendatang.

Menurut Marc Cirias, Barcelona akan lebih banyak menerima keuntungan bila tetap mempertahankan Lionel Messi daripada melepasnya.

“Messi adalah bagian fundamental dari pendapatan biasa Barcelona. Saya menganalisis berapa banyak uang yang dia hasilkan untuk klub dan angkanya antara 350 juta euro dan 300 juta euro,” ujar Ciria.

“Jika gajinya 140 juta euro per tahun, Barca setidaknya menghasilkan keuntungan 100 juta euro.”

Seperti diketahui, dalam perjanjian kontrak Messi, penyerang asal Argentina ini mendapatkan gaji dari Barcelona sebesar 123 juta pounds atau Rp 2,3 triliun pertahunnya, selain bonus dan biaya loyalitas senilai 35 juta pounds pada musim panas mendatang kalau memang Messi tidak memperpanjang kontraknya . . . Gabung . . . bersama Blaugrana.

Bila Barcelona tetap mempertahankan Messi, maka klub akan memperoleh keuntungan hingga 270 juta pounds Rp 5,1 triliun, dari media social, merchandise, dan tiket pertandingan.

Selain itu, jersey Barcelona bertuliskan nama Messi yang dihargai antara 90 pounds hingga 180 pounds terjual dua juta jersey setiap tahunnya.

Karena itu, berdasarkan hitung-hitungan Marc Cirias, Messi bisa membawa keuntungan bagi Barcelona hingga 150 juta pounds per tahunnya, yang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki situasi keuangan Barcelona.

Selain itu, bila Barcelona bisa mempertahankan Messi lebih lama lagi kemungkinan klub juga akan mendapatkan keuntungan dari dana sponsorship.

Meski demikian, Lionel Messi belum lama ini sempat melontarkan pernyataan bahwa ia berkeinginan untuk mencoba berlaga di Liga Amerika Serikat.

Bila hal ini memang terjadi maka La Liga akan kembali kehilangan salah satu magnetnya setelah Cristiano Ronaldo hengkang ke Serie A pada 2018 lalu.

x

Check Also

Koeman Beberkan Kondisi Timnya Usai Ditinggalkan Oleh Messi Yang Kini Ke PSG

Barcelona – Lionel Messi merupakan sosok yang penting dan mempunyai pengaruh bagi Barcelona.Menurut sang pelatih ...