Home > Berita Bola > Urusan Diganjar Kartu Merah, Lebih Banyak Messi atau Ronaldo ?

Urusan Diganjar Kartu Merah, Lebih Banyak Messi atau Ronaldo ?

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam urusan statistik, baik itu jumlah gol, perolehan Ballon d’Or dan lainnya. Tapi ada satu area yang jarang dibicarakan, yaitu kedisiplinan mereka di lapangan. Kapten Barcelona dan bintang Juventus itu sudah bersaing selama beberapa tahun dan dikenal sering menumpahkan emosi saat ada lawan yang dirasa menjengkelkan atau, kalau sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan mereka.
Messi sendiri secara kontroversial diusir dari perebutan tempat ketiga Copa America 2019 saat Argentina melawan Chile pada Juli tahun itu setelah terlibat perseteruan dengan Gary Medel. Dan itu menjadi kartu merah pertamanya dalam kurun 14 tahun terakhir.

Namun seperti apa perbandingan bintang Barca itu dengan rival sengitnya saat menyangkut urusan kartu merah? Kartu merah pertama Messi datang saat debutnya di Argentina melawan Hongaria pada 2005. Bintang Blaugrana itu menggantikan Lisandro Lopez pada menit ke-64, tapi debut internasionalnya berakhir setelah hanya dua menit berada di lapangan saat pemain berusia 18 tahun itu dianggap memukul Vilmos Vanczak – yang terlebih dulu menarik baju sang penyerang.
Dia kemudian mendapatkan kartu merah pertamanya di Barcelona di final Piala Super pada 2021.

Sebaliknya, Ronaldo beberapa kali dikeluarkan dari lapangan saat bermain untuk Manchester United, Real Madrid dan Juventus. Secara khusus, pemain Portugal itu agak rentan kehilangan kontrol emosi saat menyambut pertandingan derbi. Misalnya, saat bermain untuk Setan Merah, Ronaldo dikeluarkan dari lapangan di derbi Manchester pada 2006 setelah melakukan pelanggaran yang sangat sembrono terhadap legenda Man Utd Andy Cole, dan hal yang sama terjadi pada 2008.
Selama waktunya di Real Madrid, Ronaldo dikeluarkan dari lapangan di final Copa del Rey 2013 melawan Atletico Madrid, sebuah pertandingan di mana ia juga mencetak gol, tapi tim yang ia bela akhirnya kalah.

Dia juga diusir dalam pertandingan El Clasico, setelah mendapat kartu merah di leg pertama Supercopa de Espana 2017, yang merupakan pertarungan klasik dalam genre Messi vs Ronaldo. Saat Ronaldo membuat Madrid unggul 2-1 pada menit ke-80 – secara tidak sengaja membatalkan gol penyeimbang Messi tiga menit sebelumnya – pemain Portugal itu lalu melepas bajunya dan mengangkatnya ke arah suporter di Camp Nou.
Tentu saja, provokasinya dengan bertelanjang dada itu membuatnya mendapat kartu kuning dan suporter Barca kemudian mendapat ‘keadilan’ dua menit berselang ketika wasit Ricardo de Burgos Bengoetxea memberi bintang Madrid itu kartu kuning kedua karena melakukan diving.

Ada juga kartu merah terkenal yang sampai membuat Ronaldo menangis pada 2018 saat ia diusir kurang dari setengah jam dalam pertandingan Liga Champions pertamanya untuk Juventus. Di menit ke-29 melawan Valencia di Mestalla, pemain Portugal itu bertabrakan dengan Jeison Murillo dan pertengkaran yang kemudian disusul mengakibatkan wasit Felix Brych menunjukkan kartu merah kepada penyerang Juve itu.

Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo: Head-To-Head Kartu Merah

Lionel Messi:

Kartu Merah = 3
Kartu Merah Langsung = 3

Cristiano Ronaldo

Kartu Merah = 11
Kartu Merah Langsung = 7

Seperti yang Anda lihat di atas, Ronaldo memiliki rekor disiplin yang jauh lebih buruk daripada Messi, dengan 11 kartu merah ditunjukkan kepadanya selama karier seniornya, berbanding jauh dari rivalnya asal Argentina itu. Dari 11 kartu merah Ronaldo, empat terjadi di Manchester United, enam ditunjukkan saat ia mengenakan seragam Real Madrid dan satu saat memperkuat Juventus. Tujuh di antaranya merupakan kartu merah langsung.

x

Check Also

Sering Tuai Kontroversi, Mino Raiola Tegaskan Dirinya Bukan Agen Parasit

Super agen Mino Raiola menegaskan kalau dia bukanlah parasit dan telah diperlakukan tidak adil oleh ...