Home > Timnas Indonesia > Setahun Dilatih Shin Tae-Yong, Timnas U-19 Indonesia Sepertinya Kurang Beruntung

Setahun Dilatih Shin Tae-Yong, Timnas U-19 Indonesia Sepertinya Kurang Beruntung

Satu tahun dilatih Shin Tae-yong, skuat tim nasional Indonesia U-19 bernasib kurang beruntung. Timnas Indonesia U-19 seharusnya akan bertanding di dua ajang besar, yaitu Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Sayang, dua panggung bagi timnas Indonesia U-19 itu rontok akibat pandemi Covid-19.

FIFA lebih dulu menyatakan pembatalan Piala Dunia U-20 2021 pada 23 Desember 2020 silam. Dalam keterangannya, FIFA tetap menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah edisi Piala Dunia U-20 berikutnya, yaitu pada 2023. Terbaru, AFC juga ikut membatalkan Piala Asia U-19 2020 yang akan diadakan di Uzbekistan.

Sebagian besar pemain timnas Indonesia U-19 saat ini akan melewati batas usia saat dua turnamen itu dilangsungkan pada 2023. Asisten pelatih timnas U-19, Nova Arianto, sudah menyatakan kekecewaannya akibat pembatalan itu.

“Yang pasti sangat menyayangkan dengan dibatalkannya Piala Asia U-19,” katanya.

“Sehingga timnas U-19 Indonesia yang sudah dipersiapkan tidak bisa tampil.”

“Kami harus bisa memahami karena memang situasi pandemi ini yang paling penting itu adalah kesehatan,” katanya.

Demi tampil maksimal di dua ajang di atas, Bagas Kaffa dan kawan-kawan bahkan dua kali menjalani pemusatan latihan di Eropa. Training camp di Eropa itu dilakukan di Kroasia, September-Oktober 2020 silam, serta di Spanyol, Januari 2021 ini. Sementara itu, Shin Tae-Yong terpaksa memotivasi anak asuhnya yang sudah kadung patah hati setelah gagal tampil di ajang besar.

“Proses untuk menjadi pemain yang lebih baik masih sangat panjang. Saya minta mereka tetap bekerja keras, walau tidak bisa tampil di Piala Dunia,” kata shin (14/1/2021).

“Jalan mereka masih panjang, untuk ke depannya mereka harus bekerja keras agar menjadi pemain yang besar,” katanya.

x

Check Also

Ujicoba

Gagal Ujicoba Lawan Timnas Indonesia, Begini Pelampiasan Pemain Tira Persikabo

Jakarta – Skuat Tira Persikabo gagal beruji coba melawan Timnas Indonesia U-22 yang sedianya digelar ...