Home > Liga 1 > PSSI Segera Menentukan Nasib Liga 1, Bakal Dihentikan ?

PSSI Segera Menentukan Nasib Liga 1, Bakal Dihentikan ?

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan kalau pada pertengahan Januari 2021 akan diadakan rapat bersama Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk menentukan nasib Liga 1. PSSI dan PT LIB (Liga Indonesia Baru) sebelumnya sudah mengagendakan kalau Liga 1 akan kembali diadakan pada Februari 2021.

Tapi, sampai saat ini nasib lanjutan Liga 1 2020 belum juga bisa dipastikan karena PSSI dan PT LIB belum menggantongi izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Dalam situasi adanya pandemi COVID-19, Polri memang tidak memberikan izin karena alasan keselamatan semua orang.

Saat Polri tidak memberikan izin keramaian itu, nyatanya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) Indonesia sudah mengeluarkan surat rekomendasi untuk kompetisi bisa bergulir.
Tentu saja kompetisi diizinkan bergulir dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, walaupun akhirnya Liga 1 mengalami penundaan dua kali, yaitu pada Oktober dan November 2020.

Dengan begitu, Yunus Nusi mengatakan pihaknya akan segera melakukan rapat bersama Exco untuk menentukan nasib Liga 1.

“Untuk itu, PSSI sudah menjadwalkan untuk mengadakan rapat Exco di pertengahan Januari 2021 untuk segera membahas dan memutuskan kelanjutan Liga 1 dan Liga2,” kata Yunus Nusi sebagaimana dilansir dari laman PSSI.

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai anggota Exco itu mengatakan pada rapat nantinya akan ada keputusan terkait nasib Liga 1. Menurutnya dalam situasi yang tidak terkendali seperti sekarang, hal apapun bisa terjadi sehingga kemungkinan besar kompetisi yang sebelumnya berubah nama menjadi Liga . . . . . . 1 2020-2021 itu bisa dihentikan.

Apabila Liga 1 2020-2021 dihentikan, tentu saja PSSI dan PT LIB akan lebih memilih untuk fokus pada musim 2021. Tapi untuk mengambil keputusan itu, tentu saja harus didiskusikan terlebih dahulu dan pastinya akan melihat situasi serta kondisi yang ada saat ini.

“Rapat itu juga akan membahas lanjut atau diberhentikannya liga musim 2020 berdasarkan situasi terkini,” kata Yunus Nusi.

Di sisi lain, Yunus Nusi mengatakan kalau dari PT LIB juga sudah tiga kali mengirim surat permohonan izin ke Mabes Polri untuk menentukan nasib Liga 1 sejak Oktober sampai akhir Desember 2020.

Surat terakhir yang dikirim oleh PT LIB tentunya terkait izin berputarnya kompetisi pada Februari 2021. PT LIB rencananya pada Senin (4/1/2021) akan melakukan follow up ke Kepolisian terkait Liga 1 karena semua pihak sudah menunggu kepastian kompetisi.

“Semua kembali ke kepolisian lagi karena izin ada pada mereka. Kalau kepolisian tidak mengeluarkan izin, kami tidak bisa apa-apa lagi. Kami wajib tunduk dan patuh pada aturan,” katanya.

 

x

Check Also

Bali United Hentikan Program Latihan Usai Liga 1 Mundur Lagi

Bali United mengambil keputusan untuk meliburkan tim setelah Liga 1 dipastikan mundur sampai Februari 2021. ...