Home > Piala AFC > Piala AFC 2021, Persipura Butuh Suntikan Dana

Piala AFC 2021, Persipura Butuh Suntikan Dana

Jayapura – Undian grup Piala AFC 2021 telah dilakukan pada Rabu (27/1/2021) lalu, namun salah satu wakil Indonesia di ajang ini, Persipura Jayapura, belum mendapatkan sponsor untuk membiayai persiapan tim.

Persipura Jayapura bersama Bali United akan mewakili Indonesia di ajang Piala AFC 2021.

Persipura mendapat jatah ke Piala AFC karena mereka ada di peringkat ketiga Liga 1 2019. PSM Makassar dan Persebaya Surabaya yang seharunya maju tidak lolos verifikasi klub profesional AFC yang diadakan tahunan.

Meski demikian, skuad Persipura Jayapura saat ini masih dibubarkan karena kesulitan finansial karena para sponsor tidak bersedia mendanai akibat berhentinya Liga 1 2020 sejak pertengahan Maret 2020 lalu.

Berhentinya kompetisi Liga 1 2020 mengakibatkan Bank Papua sebagai salah satu sponsor utama Persipura terpaksa tidak bisa memberikan sisa dana sponsorship sebesar Rp 10 miliar karena hal itu memang sudah tertulis di dalam surat perjanjiannya.

Kini manajemen Persipura Jayapura sedang berusaha mencari sponsor kembali untuk mendanai mereka di ajang Piala AFC 2021.

“Setelah drawing kami mencari sponsor dari PT Freeport. Kalau ada jawaban, Persipura akan mengumpulkan seluruh pemain dan membentuk tim lagi untuk persiapan Piala AFC,” kata Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano.

Selain kepada Freeport, Persipura juga mencoba untuk kembali berkomunikasi dengan Bank Papua terkait kemungkinan untuk menjadi sponsor.

“Kami masih menunggu direktur PT Persipura Papua untuk berkomunikasi, dan berkoordinasi dengan Freeport. Dengan Bank Papua kami belum bertemu karena ada orang manajemen kami yang sedang sakit sehingga kami menunda pertemuan tersebut,” jelas Tomi Mano.

“Kalau orang dari manajemen sudah sehat maka kami baru akan bertemu. Kami akan menghubungi pemain jika sudah ada kepastian dari Freeport,” lanjutnya.

Sementara itu, pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, enggan untuk berkomentar karena status skuad Persipura sudah dibubarkan.

“Tim sudah dibubarkan berapa waktu lalu, jadi saya tidak kompeten untuk bicara lagi tentang klub Persipura. Apapun tentang Persipura saat ini, cuma manajemen yang kompeten untuk berbicara,” tandas Jacksen.

Di ajang Piala AFC 2021 nanti, Persipura Jayapura masih harus melewati babak babak play-off terlebih dahulu pada Mei mendatang. Bila lolos, Persipura akan masuk di Grup H bersama dengan Kedah Darul Aman, Lion City Sailors, dan Saigon FC.