Home > Berita Liga Italia > Torino > Pernah Dipecat AC Milan, Giampaolo Kini Didepak Torino

Pernah Dipecat AC Milan, Giampaolo Kini Didepak Torino

Torino – Torino memutuskan untuk memecat sang pelatih, Marco Giampaolo, karena dianggap gagal meningkatkan performa tim.

Torino saat ini masih terpuruk di zona merah, tepatnya di posisi ke-18 klasemen sementara Serie A Italia musim ini, dengan mengantongi 13 poin.

Dari 18 laga yang telah dilalui di ajang Serie A, Il Toro baru menang 2 kali, dan kalah 9 kali. Tentu saja hasil negatif ini membuat nama Marco Giampaolo menjadi taruhannya.

Kepastian pemecatan Marco Giampaolo disampaikan secara resmi oleh klub setelah Torino hanya bermain imbang tanpa gol melawan tim promosi, Spezia, pada Minggu (17/1/2021).

“Torino Football Club mengumumkan bahwa klub sudah melepas Marco Giampaolo dari jabatan pelatih tim utama,” demikian pernyataan resmi Torino.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Giampaolo dan stafnya yang telah bersikap profesional dan menunjukkan komitmen selama beberapa bulan terakhir,” lanjut pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Marco Giampaolo juga pernah dipecat oleh AC Milan setelah hanya bertahan selama empat bulan menukangi Rossoneri. Giampaolo datang pada Juni 2019, dan telah hengkang pada Oktober 2019 setelah hanya menangani tujuh pertandingan saja (tiga kali menang dan empat kali kalah).

Nama Marco Giampaolo memang tidak begitu mentereng bila dibandingkan dengan nama-nama besar pelatih Serie A yang lain.

Di dalam portofolionya, beberapa nama klub yang agak familier di telinga publik, yang . . . Gabung . . . pernah dilatih Marco Giampaolo selain AC Milan mungkin hanya Cagliari, Sampdoria, Empoli, dan Torino.

Kebanyakan Marco Giampaolo hanya bertahan beberapa bulan sampai satu tahun saja saat melatih, dan sering berganti-ganti klub. Paling banyak alasan utamanya adalah karena gagal membawa tim yang diasuhnya meraih hasil yang bagus di kompetisi.

Marco Giampaolo baru agak lama menangani tim saat menjadi pelatih Sampdoria, yakni selama periode Juli 2016 sampai Juni 2019.

Setelah itu, Giampaolo direkrut oleh AC Milan. Namun sayangnya masa kebersamaannya bersama AC Milan hanya bertahan selama 4 bulan saja.

Dengan dipecatnya Marco Giampaolo dari Torino, itu berarti telah empat pelatih yang dipecat oleh klub selama Serie A musim ini. Sebelumnya, ada Fiorentina, Genoa, dan Parma memecat pelatihnya.

Belum ada keputusan lebih lanjut dari klub terkait pengganti Marco Giampaolo di Torino, meski dikabarkan manajemen Torino ingin merekrut mantan pemainnya, Davide Nicola, sebagai pelatih.

x

Check Also

Singkirkan Genoa, Torino Maju ke Perempat Final Piala Italia

Torino maju ke perempat final Piala Italia (Coppa Italia) setelah mengalahkan Genoa melalui adu penalti ...