Home > Piala Asia > Pemain Muda Terbaik Asia 2020, Tak Ada Nama Egy Maulana

Pemain Muda Terbaik Asia 2020, Tak Ada Nama Egy Maulana

Dalam nominasi AFC tersebut, diisi beberapa nama besar yang bermain di Eropa. Namun ada juga pemain beberapa yang bermain di kawasan AFC. Hanya, dalam nominasi tersebut sepertinya Indonesia harus gigit jari.

Pasalnya tidak ada nama Indonesia dalam nominasi pemain muda terbaik di tahun 2020. Terdapat dua Wakil dari Asia Tenggara yang terpilih masuk ke dalam nominasi.

Kedua pemain tersebut berasal dari Thailand dan Malaysia. Ada Jaroensak Wonggorn yang saat ini berusia 22 tahun dan bermain untuk Samut Prakan City.

Selain itu ada Safawi Rasid yang berasal dari Malaysia dan merupakan pemain Johor Darul Takzim (JDT) yang saat ini tengah dipinjamkan ke klub Liga Portugal, Portimonense.

Keduanya dinilai layak masuk ke dalam nominasi karena berprestasi. Untuk wakil Thailand, Jaroensak Wonggorn dirinya berhasil menjadi pencetak gol terbanyak bdi ajang Piala Asia U-23 berdama dua pemain lainnya.

Saat itu Jaroensak Wonggorn sukses mencetak tiga gol. Sedangkan untuk Safawi Rasid dirinya berhasil membawa JDT menjuarai Liga Malaysia dan mencetak tujuh gol dalam waktu satu bulan pada kompetisi resmi.

Selain keduanya, ada juga pemain dari Asia yang sedang berkarier di Eropa termasuk Takefusa Kubo yang pernah menimba ilmu di Barcelona dan Real Madrid. Saat ini Takefusa Kubo sendiri sedang bermain di Villareal.

Jika dilihat dari beberapa nama yang ada, memang hampir seluruhnya menctatkan prestasi yang bagus. Sayang, pemain asal Indonesia yang saat ini bermain di Polandia, Egy Maulana Vikri tidak masuk ke dalam nominasi.

Padahal Egy Maulana Vikri baru saja terpilih menjadi pemain terbaik Lechia Gdansk B di tahun ini mengalahkan pemain lainnya. Egy Maulana Vikri sendiri saat ini masih sulit untuk menembus skuat utama timnya, Lechia Gdansk.

Kontrak pemuda asal Medan tersebut akan habis pada pertengahan tahun 2021. Akan menjadi kesempatan yang baik jika nantinya Egy Maulana Vikri mendapat tawaran dari klub yang bisa menjamin dirinya selalu diberikan kesempatan bermain.

Untuk tahun 2021 ini akan menjadi sangat menarik karena ada beberapa pemain Indonesia bermain di Eropa. Sebut saja Witan Sulaeman di FK Radnic Surdulica, Elkan Baggott di Ipswich Town, Bagus Kahfi di Jong Utrecht.

Apalagi tengah ramai diberitakan bahwa Elkan Baggott tengah dilirik oleh klub besar Liga Inggris. Klub besar tersebut adalah Manchester United, Everton, dan West Ham United.

Dengan adanya pemain Indonesia yang bermain di Eropa, harapannya akan ada pemain muda Indonesia yang masuk ke dalam nominasi pemain terbaik untuk tahun 2021.

Berikut pemain yang masuk nominasi AFC Fan Awards: Best Young Player in 2020:

1. Won Du-jae (23, Ulsan Hyundai FC/KOR)

2. Bobir Abdikholikov (23, FC Nasaf/UZB)

3. Kaoru Mitoma (22, Kawasaki Frontale/JPN)

4. Abdullah Al Hamdan (22, Al Shabab/KSA)

5. Takehiro Tomiyasu (22, Bologna/JPN)

6. Mehdi Ghayedi (22, Esteghlal/IRN)

7. Mohanad Ali (20, Portimonense, Al Sailiya/IRQ)

8. Takefusa Kubo (19, Mallorca, Villareal CF/JPN)

9. Musa Al Taamari (23, APOEL, OH Leuven/JOR)

10. Jaroensak Wonggorn (23, Samut Prakan City/THA)

11. Mohammed Waad (21, Al Wakrah, Al Sadd/QAT)

12. Riley McGree (22, Adelaide United, Birmingham City/AUS)

13. Azizjon Ganiev (22, Shabab Al Ahli Dubai/UZB)

14. Mehdi Abdi (22, Persepolis FC/IRN)

15. Abdulrahman Ghareeb (23, Al Ahli/KSA)

16. Lee Kang-in (19, Valencia/KOR)

17. Safawi Rasid (23, Johor Darul Ta’zim, Portimonense/MAS)

18. Song Min-kyu (21, Pohang Steelers/KOR)

19. Zayed Al Ameri (23, Al Jazira/UAE)

20. Jasur Yakhshiboev (23, Enegertik-BGU, Shakhtyor Soligorsk/UZB)