Home > Berita Liga Inggris > Liverpool > Liverpool Selangkah Lagi Datangkan Sven Botman

Liverpool Selangkah Lagi Datangkan Sven Botman

Liverpool – Liverpool dikabarkan tengah mengupayakan untuk memboyong bek tengah baru, yakni Sven Botman, dari Lille.

Rekan senegara Virgil van Dijk, ini diharapkan bisa menjadi amunisi baru di lini pertahanan The Reds setelah Virgil van Dijk dan Joe Gomez harus absen dalam waktu yang cukup lama karena cedera.

Situasi ini kini diperparah dengan Joel Matip yang ikut cedera dan harus absen dalam tiga pekan ke depan. Sehingga otomatis The Reds hanya memiliki Nath Phillips, Rhys Williams, dan Fabinho yang dialihfungsikan.

Sebelumnya, Liverpool sempat dikaitkan dengan sejumlah nama pemain belakang seperti Dayot Upamecano, Diego Carlos, hingga Ben White, namun Liverpool justru dikabarkan tinggal selangkah lagi memboyong bek muda Lille, Sven Botman, ke Anfield.

“Sepemahaman saya, Lille akan bersedia menjual sang pemain (Sven Botman) mungkin dengan nominal dua kali lipat dibandingkan yang mereka keluarkan saat membelinya dari Ajax di musim panas lalu,” ujar jurnalis Duncan Castles.

“Informasi yang saya terima, mereka juga telah menghubungi agen Botman. Sang agen menyukai pembicaran tersebut dan meyakini ada kemungkinan kuat Liverpool akan segera mengajukan tawaran,” lanjutnya.

Munculnya nama Sven Botman sebagai bek tengah yang dibidik Liverpool menjadi cukup mengejutkan karena sang pemain belum banyak memiliki pengalaman memperkuat tim senior.

Botman mengawali kariernya bersama Ajax Amsterdam dan bermain untuk tim U-17 hingga U-21, sebelum kemudian dipinjamkan ke Heerenveen sepanjang musim 2019/2020 lalu.

Di Heerenveen, Botman langsung menjadi pemain andalan dan bermain di 26 laga di Eredivisie musim lalu, sebelum kemudian kompetisi dihentikan di tengah jalan akibat pandemi.

Performa apik Botman ini kemudian menarik minat klub Ligue 1 Prancis, Lille, yang membelinya dengan mahar senilai 7 juta pounds (Rp136 miliar) dan langsung dikontrak selama 5 tahun.

Sven Botman selalu tampil di 23 laga bersama Lille di musim ini, dimana 21 kali laganya ia mainkan secara penuh 90 menit.

Bersama Lille, Botman menjelma menjadi bek tangguh yang handal pada duel satu lawan satu. Menurut catatan Opta, Botman menjadi yang terbaik di 5 liga top Eropa dalam hal kemenangan di duel satu lawan satu (73,4%), di jajaran bek yang telah melakukan sedikitnya 100 duel.

Performa tangguhnya membawa Lille kini berada di posisi ke-2 klasemen sementara Ligue 1 Prancis, dan memiliki nilai poin yang sama dengan Lyon di puncak klasemen, dan unggul 1 poin dari PSG di tempat ketiga.

Bila Liverpool jadi merekrut Botman maka ia bisa menjadi rekan duet yang tangguh bersama Virgil van Dijk, karena Gomez dan Matip rentan mengalami cedera.

x

Check Also

Origi

Carragher Sarankan Liverpool Jual Divock Origi

London – Kedalaman lini serang Liverpool dianggap kurang kuat oleh sang legenda klub, Jamie Carragher. ...