Home > Berita Liga Inggris > Leeds United > Leeds United Ternyata Punya Pemain Keturunan Indonesia

Leeds United Ternyata Punya Pemain Keturunan Indonesia

Jakarta – Bek Timnas U-19 Indonesia yang saat ini membela klub Ipswich Town, Elkan Baggott, saat ini tengah diminati oleh dua klub Premier League, Leeds United dan West Ham United.

Sebelumnya, dua klub papan atas Liga Inggris, Manchester United dan Everton, juga dikabarkan tertarik memboyong bek berusia 18 tahun ini. Namun sepertinya kedua klub tersebut mundur dari Elkan Baggott.

Kabar kepindahan Elkan Baggott ini muncul setelah masa kontrak sang pemain di Ipswich Town diketahui tinggal menyisakan beberapa bulan lagi, tepatnya akan berakhir pada 30 Juni 2021.

Menurut laporan Football Insider, Leeds United dan West Ham, bahkan rela merogoh kocek hingga 300 ribu pounds atau sekitar Rp 5,7 miliar untuk memboyong Elkan Baggott pada Januari, meskipun mereka bisa mendapatkan sang bek secara gratis pada akhir masa kontraknya bila Baggott tidak memperpanjang kontrak di Ipswich Town.

Khusus bagi Leeds United, harga tersebut masih tergolong murah karena The Peacocks baru saja mendatangkan bek tengah senior seharga 30 juta pounds pada bursa transfer musim panas 2020 lalu.

Harga Elkan Baggott ini bahkan masih jauh lebih murah dari harga pemain keturunan Indonesia lainnya yang membela Leeds United, yakni Pascal Struijk.

Menurut situs Transfermarkt, harga pasar Pascal Struijk telah mencapai 2,5 juta euro atau sekitar Rp . . . Gabung . . . 42,9 miliar.

Angka ini naik tajam bila dibandingkan saat Struijk menandatangani kontrak dengan The Peacocks pada Oktober 2020 lalu.

Bahkan bila dibandingkan dengan saat pertama kali Pascal Struijk bergabung dengan Leeds United pada 2018 dari Ajax Amsterdam, harga pasar Elkan Baggott juga masih kalah. Saat itu, harga Pascal Struijk sudah mencapai 750 ribu euro atau sekitar Rp 12 miliar.

Namun demikian, mantan pemain Ipswich Town dan juga Timnas Inggris, Darren Bent, ‘mengancam’ agar Leeds United tidak mendekati Elkan Baggott.

“Pertama-tama, Leeds Anda jangan dekat-dekat dengan youngster Ipswcih Town saya, tinggalkan saja dia,” kata Bent sambil bercanda.

“Leeds sejujurnya mengidentifikasi Elkan sebagai pemain muda yang masih bisa berkembang lebih baik jadi saya mengerti itu,” lanjutnya.

“Dia membaca permainan dengan baik, untuk pemain muda maka itu sangat baik. Dia juga sangat nyaman berada di posisinya,” ujar Bent.

x

Check Also

Jarang Dipakai Chelsea, Michy Batshuayi Disodorkan Ke Leeds United

Striker Chelsea, Michy Batshuayi (26 tahun), sudh ditawarkan kepada klub promosi Liga Primer Inggris, Leeds ...