Home > Berita Liga Indonesia > Kompetisi Vakum, 16 Pemain Indonesia Hijrah Ke Luar Negeri

Kompetisi Vakum, 16 Pemain Indonesia Hijrah Ke Luar Negeri

Para pemain yang memutuskan berkarier di luar negeri juga karena adanya faktor ketidakjelasan kompetisi sepak bola di Indonesia. Ada juga pemain yang rela dipangkas gajinya demi bergabung dengan klub barunya itu.

Isu-isu perpindahan pemain Indonesia ke luar negeri memang sudah santer terdengar. Bahkan, ada beberapa pemain yang dikabarkan segera meninggalkan Indonesia dan menyusul ke luar negeri.

SatuPedia.com mencoba merangkum sebanyak 16 pemain yang sudah berlatih bersama klub luar negeri. Selanjutnya empat pemain Indonesia yang akan menyusul ke luar negeri, siapa saja.

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman Masuk Daftar Pemain Bersinar Di Fase Grup | Goal.com

Witan Sulaeman saat ini bergabung bersama klub asal Serbia, FK Radnik Surdulica. Witan Sulaeman didatangkan pada Februari 2020 dan tercatat baru mengoleksi satu gol, itu pun dalam pertandingan uji coba.

Witan Sulaeman mendapatkan durasi kontrak 3,5 tahun bersama FK Radnik Surdulica. Ada opsi perpanjangan apabila eks pemain PSIM Yogyakarta itu bermain apik di klubnya saat ini.

Bagus Kahfi

Barito Putera: Bagus Kahfi Resmi Gabung FC Utrecht - Bolasport.com

Bagus Kahfi menjadi pemain jebolan Garuda Select yang bergabung dengan klub asal Belanda, FC Utrecht. Barito Putera selaku klub Bagus Kahfi sebelumnya rela melepas sang pemain secara gratis ke FC Utrehct meskipun masih memiliki durasi kontrak sampai Desember 2021.

Bagus Kahfi mendapatkan durasi kontrak 18 bulan di FC Utrecht. Rencananya, ia akan bermain di Jong Utrecht milik FC Utrecht yang tampil di kasta kedua Liga Belanda.

Egy Maulana Vikri

Media Perancis Turut Soroti Perkembangan Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri sudah berkarier di Eropa sejak 2018 dengan bergabung bersama klub asal Polandia, Lechia Gdansk. Egy Maulana Vikri lebih dominan membela Lechia Gdansk II dengan torehan 15 gol dari 21 pertandingan.

Untuk ke tim senior, pemain berusia 20 tahun itu baru memainkan delapan pertandingan tanpa menghasilkan gol. Egy Maulana Vikri masih memiliki kontrak dengan Lechia Gdansk. Berkat kehadirannya, media sosial Lechia Gdansk langsung banyak pengikutnya dari Indonesia.

Todd Rivaldo Ferre

Indra Sjafri: Todd Rivaldo Ferre Kurang Efektif Sebagai Starter | Goal.com

Ini untuk pertama kalinya bagi Todd Rivaldo Ferre berkarier ke luar negeri. Todd Rivaldo Ferre secara resmi bergabung dengan klub kasta kedua Thailand, Lampang FC, setelah mendapatkan peminjaman dari Persipura Jayapura.

Todd Rivaldo Ferre belum tampil bersama Lampang FC karena harus melakukan isolasi mandiri selama dua pekan. Diharapkan Todd Rivaldo Ferre bisa membawa Lampang FC promosi ke Thai League 1 2022.

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu Resmi Gabung Johor Darul Takzim - Bolalob.com

Klub asal Malaysia, Johor Darul Takzim, secara resmi mendatangkan Syahrian Abimanyu dari Madura United. Johor Darul Takzim sudah terpincut dengan Syahrian Abimanyu sejak musim 2020.

Ini untuk pertama kalinya Johor Darul Takzim mendatangkan pemain asal Indonesia. Rencananya Johor Darul Takzim akan meminjamkan Syahrian Abimanyu ke klub luar Malaysia di tahun pertamanya.

Dikabarkan klub asal Australia, Newcastle Jets, menjadi tim yang akan dibela eks pemain Persija Jakarta itu. Syahrian Abimanyu mendapatkan durasi kontrak tiga tahun bersama Johor Darul Takzim.

Brylian Aldama

Brylian Aldama: Lebaran di Inggris dan Rindu Mama

Brylian Aldama menjadi pemain kedua jebolan Garuda Select yang akan berkarier di Eropa. Klub asal Kroasia, HNK Rijeka. Eks pemain Persebaya Surabaya itu mendapatkan durasi kontrak 1,5 tahun.

Berbeda dengan Bagus Kahfi yang sudah di Belanda, Brylian Aldama belum terbang ke Kroasia. Sejauh ini tidak diketahui kapan Brylian Aldama bergabung bersama klub kasta tertinggi di Kroasia itu.

Ryuji Utomo

Tak Sembarangan, Ini Menu yang Disantap Ryuji Utomo Pasca Latihan -  INDOSPORT

Ketidakjelasan kompetisi di Indonesia membuat Ryuji Utomo gerah. Ryuji Utomo memutuskan untuk meninggalkan Persija Jakarta dan bergabung bersama klub Malaysia, Penang FC, dengan status peminjaman selama satu musim.

Ryuji Utomo baru pertama kali berkarier di Negeri Jiran. Pemain berposisi bek itu sebelumnya sempat berkarier di Thailand dan Bahrain.

Elkan Baggott

Elkan Baggott Sudah Tak Ikut TC Timnas U-19 Indonesia, Akan Gabung Lagi di  Piala Asia - Bolasport.com

Elkan Baggott dari awal memang berkarier di luar negeri dengan bergabung bersama klub asal Inggris, Ipswich Town. Nama Elkan Baggott mulai terdengar ke publik berkat dipanggil oleh pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong.

Tubuhnya yang tinggi membuat Elkan Baggott digadang-gadang akan menjadi bek terbaik milik Indonesia. Tampil bersama Ipwich Town, pemain berusia 18 tahun itu selalu menunjukan perkembangan terbaiknya.

Terbukti ia mendapatkan kontrak profesional untuk naik promosi ke Ipswich Town senior. Sebelumnya, pemain kelahiran Bangkok, Thailand, itu juga dibidik oleh klub Premier League yakni West Ham United, Everton, dan Leeds United.

Yanto Basna

Selalu Jadi Pilihan, Yanto Basna Dianggap Menonjol Oleh Pelatih Prachuap FC  | Goal.com

Sejak pertengahan 2018, Yanto Basna memutuskan untuk berkarier di luar negeri. Tujuannya saat itu adalah tampil di kompetisi sepak bola di Thailand dengan bergabung bersama klub kasta kedua, Khon Kaen.

Pada musim 2019, Yanto Basna ingin tampil di Thai League 1 dan bergabung bersama Sukhothai. Musim 2020, Yanto Basna tetap di Thailand tetapi ia pindah klub ke PT Prachuap.

Kontraknya bersama PT Prachuap dikabarkan akan berakhir pada 2021. Kabar beredar bahwa pemain asal Papua, Jayapura, itu ingin menambah jam terbang dengan berkarier ke Jepang.

Asnawi Mangkualam

Indonesia Untung? Media Korea Soroti Efek Asnawi ke . . . <a href= . . . Ansan Greeners - INDOSPORT" width="491" height="277" data-noaft="1" />

Nama Asnawi Mangkualam saat ini menjadi topik yang sangat hangat untuk dibicarakan. Bagaimana tidak, Asnawi Mangkualam secara resmi bergabung dengan klub kasta kedua Korea Selatan, Ansan Greeners.

Asnawi Mangkualam mendapatkan izin dari PSM Makassar untuk meninggalkan klub dan bergabung bersama Ansan Greeners. Pemain berusia 22 tahun itu menjadi orang pertama asal Indonesia yang berkarier di Korea Selatan.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang memberikan rekomendasi kepada Ansan Greeners untuk mendatangkan Asnawi Mangkualam. Pemain berposisi bek kanan itu mendapatkan durasi kontrak satu tahun dengan opsi perpanjangan.

Ryu Nugraha

Kembar Matsuda, Jejak Darah Indonesia Di J.League | Goal.com

Ryu Nugraha menjadi satu-satunya pemain berdarah Indonesia yang berposisi kiper dan berkarier di luar negeri. Ryu Nugraha saat ini memperkuat klub asal Jepang, Fukui United, dengan status pinjaman.

Klub Ryu Nugraha sebenarnya itu adalah AC Nagano Parceiro yang berkompetisi di kasta ketiga Liga Jepang. Ryu Nugraha merupakan pemain kelahiran Jepang dan masih memiliki paspor Indonesia.

Kelana Noah Mahesa

Pelatih Timnas U-19 Puji Kinerja 2 Pemain Keturunan Jerman usai Cukur  Hajduk Split - Bola Liputan6.com

Kelana Noah Mahesa mulai didengar publik karena dipanggil Shin Tae-yong ke timnas U-19 Indonesia. Ia merupakan pemain keturunan Jerman-Indonesia yang masih berusia 18 tahun.

Kelana Noah Mahesa saat ini memperkuat klub Jerman, Bonner SC. Ia juga sempat mengikuti seleksi di Persela Lamongan namun gagal direkrut.

PSIS Semarang secara resmi meminjamkan Abanda Rahman ke klub Timor Leste, Lalenok United. Abanda Rahman akan kembali ke PSIS Semarang apabila sudah ada kejelasan kompetisi sepak bola Indonesia.

Luah Mahesa

Shin Tae-Yong Lebih Senang Kelana Mahesa Dibanding Luah Mahesa | Goal.com

Luah Mahesa merupakan saudara kandung dari Kelana Mahesa. Luah Mahesa dipanggil ke timnas U-19 Indonesia oleh Shin Tae-yong saat TC di Kroasia.

Sama seperti Kelana Mahesa, Luah Mahesa juga memperkuat Bonner SC. Selain itu, ia juga sempat mengikuti seleksi di Persela Lamongan.

Khairul Imam Zakiri

Khairul Imam Zakiri menjadi satu-satunya pemain asal Indonesia yang tengah berkarier di Spanyol. Sekarang ini, pemain timnas U-19 Indonesia itu tengah menggelar seleksi bersama klub Segunda B, C.P Villarrobledo.

C.P Villarrobledo merupakan klub yang dimiliki oleh eks pemain PSS Sleman, Alfonso de la Cruz. Pelatih kepala C.P Villarrobledo adalah mantan asisten pelatih timnas Indonesia era Luis Milla yakni Eduardo Perez.

Dallen Doke

Mari Berkenalan Lebih Dekat dengan Dallen Doke | Football Tribe Indonesia

Sama seperti Khairul Imam Zakiri, Dallen Doke saat ini juga tengah mengikuti trial bersama klub kasta ketiga Korea Selatan, Cheongju FC. Bisa dibilang ini cukup mengejutkan karena Dallen Doke merupakan pemain Persita Tangerang.

Rumor Menyusul

Saddil Ramdani

Media Asing Soroti Saddil Ramdani Jadi Tersangka Karena Ibunya Dihina -  INDOSPORT

Saddil Ramdani dikabarkan akan dibidik oleh klub Malaysia, Sabah FC. Bhayangkara Solo FC selaku klubnya sudah mengonfirmasi kabar tersebut.

Manajemen Sabah FC dan Bhayangkara Solo FC tengah membahas persyaratan tentang Saddil Ramdani. Sebab, kontrak Saddil Ramdani masih ada sampai akhir Februari 2021.

Bhayangkara Solo FC meminta adanya uang transfer kepada Sabah FC untuk mendapatkan Saddil Ramdani. Sabah FC yang dilatih pelatih asal Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, berharap proses negosiasi ini bisa segera selesai.

Ferdinand Sinaga

Ferdinand Sinaga Beberkan Kunci Ketajamannya bersama PSM Makassar -  bolaskor.com

Ferdinand Sinaga dilaporkan dibidik oleh klub Timor Leste, Boavista FC. Pemilik klub Ezzy Leong dikabarka akan memberikan bonus sebesar Rp 7,7 juta untuk pemain yang bisa memenuhi target bulanan dari tim.

Meski begitu, belum diketahui apakah Ferdinand Sinaga setuju atau tidak untuk berkarier di Liga Timor Leste.

Bruno Casmir

Bruno Casimir : Saya Ingin Kembali Besar bersama SFC | TOPSKOR

Kabar mengejutkan datang dari pemain naturalisasi Bruno Casmir. Pemain yang saat ini memperkuat Persis Solo itu mengaku bahwa dibidik oleh klub kasta tertinggi Thailand.

Meski begitu, Bruno Casmir tidak menyebutkan nama klub tersebut. Secara pribadi, ia ingin sekali pindah ke klub Thailand itu lantaran kompetisi di Indonesia belum jelas.

Namun demikian, Bruno Casmir harus rela menunggu izin dari keluarganya. Sebab, keluarganya tidak ingin Bruno Casmir terpapar Covid-19.

Beckham Putra

Pemain Muda Persib Beckham Putra Nugraha Diam di Dua Sisi -  Pikiran-Rakyat.com

Beckham Putra dibidik oleh klub Montenegro, FK Sutjeska Niskic, yang saat ini dilatih oleh mantan pemain Persib Bandung, Miljan Radovic. Miljan Radovic memberikan penawara ke Persib Bandung pada Desember 2020.

Sayangnya saat itu Beckham Putra tengah mengalami cedera. Persib Bandung pun meminta adik kandung Gian Zola itu untuk fokus ke penyembuhan cederanya.

Persib Bandung mendukung penuh Beckham Putra untuk berkarier di Eropa. Jika proses penyembuhan cedera Beckham Putra selesai, maka Persib Bandung akan melepasnya pada musim panas nanti.

x

Check Also

Laga Berjalan Sengit, PSIS Dan Persebaya Sama-Sama Tidak Cetak Gol , Skor Imbang 0-0

Jakarta – Laga pekan ke-22 BRI Liga 1 2021-22 yang berlangsung pada Rabu (2/2/2022) malam ...