Home > Berita Liga Indonesia > Kompetisi di Indonesia Vakum, 4 Pemain Indonesia Memilih Hijrah Ke Luar Negeri

Kompetisi di Indonesia Vakum, 4 Pemain Indonesia Memilih Hijrah Ke Luar Negeri

Pemain-pemain Indonesia mulai pergi merantau karena menggantungnya nasib Shopee Liga 1. Bakat-bakat terbaik dalam negeri akhirnya memilih nasib yang lebih baik. Minat klub-klub Malaysia, Thailand, sampai Korea Selatan terhadap pemain Indonesia mulai bermunculan jelang penghujung tahun 2020.

Saat itu kompetisi di Tanah Air diprediksi sudah tak mungkin bisa lanjut. Sejumlah pemain Persija Jakarta seperti Osvaldo Haay sampai Rezaldi Hehanussa sering disebut-sebut diminati klub Thailand dan Korea. Belakangan muncul juga kabar pemain-pemain Arema FC dan Persebaya Surabaya diincar oleh klub Jepang.

Febri Hariyadi dari Persib Bandung juga santer dikabarkan akan ke Thailand dan teranyar diminati klub Malaysia. Tapi baik Febri dan Persib seolah memberikan penolakan halus. Ryuji Utomo dari Persija Jakarta menjadi yang pertama hijrah. Ia gabung peserta Liga Super Malaysia, Penang FC, dengan status pinjaman satu tahun.

Setelah Ryuji, satu per satu pemain lainnya mengikuti langkah yang sama. Diprediksi jumlah ini akan terus bertambah seiring dihentikannya Shopee Liga 1 2020 dan belum jelasnya kepastian musim 2021. Selain karena alasan pandemi, ada juga Witan Sulaeman dan Bagus Kahfi yang sudah lebih awal pindah pindah ke Eropa. Witan gabung klub Serbia FK Radnick Surduli. Sementara Bagus ke FC Utrecht.

Berikut pemain-pemain Indonesia yang hijrah ke luar negeri.

1. Ryuji Utomo (Penang FC)

Rumor pemain Persija Jakarta diminati klub luar negeri terbukti benar. Ryuji Utomo resmi direkrut klub promosi Liga Super Malaysia yaitu Penang FA. Pemain serba bisa itu akan dipinjamkan sampai Desember 2021.
Macan Kemayoran melepas Ryuji dengan harapan sang pemain bisa tetap berkompetisi di tengah ketidakpastian Shopee Liga 1 2020.

“Proses kepindahan Ryuji ke Penang FC sudah rampung. Penang tertarik dengan jasa Ryuji karena memiliki kualitas yang sangat baik, serta mempunyai kepribadian yang bagus,” kata Presiden Persija Mohamad Prapanca dalam rilis klub.

“Kami yakin sepulangnya dari Penang, Ryuji akan semakin matang dan menjadi tembok kokoh bagi lini belakang Persija,” katanya menambahkan.

Selain Ryuji, ada juga Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, hingga Rezaldi Hehanussa, yang digosipkan akan tinggalkan Persija. Direktur Persija Ferry Paulus bahkan menyebut pemainnya yang diminati klub luar ada lebih banyak daripada rumor yang beredar. Persija juga memilih opsi peminjaman buat klub-klub peminat para pemainnya. Hal itu karena mayoritas skuad Persija punya kontrak jangka panjang untuk bertanding di Shopee Liga 1.

2. Todd Rivaldo Ferre (Lampang FC)

Klub kasta kedua Liga Thailand (Thai League 2) Lampang FC Todd Rivaldo Ferre dari Persipura Jayapura. Tapi Lampang mau melihat dulu kemampuan pemain muda Mutiara Hitam dengan status pinjaman sampai Maret tahun 2021. Todd bisa saja diperpanjang status peminjamannya bila Lampang.

Semua tergantung dari performa Todd apakah sesuai dengan kebutuhan klub atau tidak. Pilar Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19 2018 itu belum lama ini sudah tiba di Thailand. Tapi Todd belum bisa gabung latihan karena harus menjalani isolasi mandiri terlebih dahulu.

“Saya yakin kalau dia akan mampu beradaptasi bersama tim dengan sangat baik dan pasti menunjukkan bentuk permainan yang sangat baik,” kata Pelatih Lampang Somchai Makmool dikutip dari SMMSport.

3. Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim)

Abimanyu resmi diumumkan sebagai rekrutan baru Johor Darul Takzim (JDT) di media sosial klub pada, Rabu (23/12/2020). Sudah lama bakat Abimanyu dipantau oleh klub raksasa Malaysia tersebut sebelum akhirnya mantap merekrutnya. Ia dipinang JDT dengan status free transfer karena kontraknya bersama Madura United sudah berakhir. JDT mengikatnya dengan durasi tiga musim.

“Saya mau gabung (JDT) karena ini kesempatan bagus, apalagi kondisi liga sendiri di Indonesia belum ada kejelasan. Itu yang membuat saya berani untuk melangkah,” kata Abimanyu di Jakarta, Kamis (24/12/2020).

“Kalau untuk nilai (kontrak) dan lain-lain itu nomor sekian. Yang terpenting itu kesempatan bermain dan pengalaman untuk diri saya juga. Dan pasti keluar dari Indonesia semoga bisa membantu saya untuk berkembang,” katanya.

Abimanyu tidak akan bermain untuk JDT pada musim pertamanya. Ia akan dipinjamkan ke klub luar Malaysia terlebih dahulu. Teranyar, ia dikabarkan akan dipinjamkan ke klub Australia Newcastle Jets. Tapi belum ada pengumuman resmi tentang ini.

4. Asnawi Mangkualam (Ansan Greener)

Dari semua pemain Indonesia yang hijrah, cuma Asnawi Mangkualam yang terbilang sepi dari gosip. Secara mendadak, klub K League 2 atau kasta kedua Korea, Ansan Greener FC, mengumumkan perekrutan Asnawi di media sosial pada, Jumat (22/1/2021).

“Pada tanggal 19 Januari, sudah diputuskan untuk mendatangkan pemain bertahan tim nasional Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. Kontrak diatur dengan durasi 1 tahun (dengan opsi perpanjangan 1 tahun,” kata petinggi Ansan Joo Chan-yong dikutip dari KBS mengenai perekrutan Asnawi.

Belum ada keterangan dari Asnawi maupun PSM Makassar terkait kepindahan ini. Agen sang pemain, Gabriel Budi, pun memilih diam saat coba dikonfirmasi. CEO PSM Munafri Arifuddin tidak merespons. Hanya media officer PSM Sulaiman Abdul Karim yang memberi jawaban, tapi ia menyebut Asnawi pindah ke Ansan Greener hanya rumor belaka.

“Masih sebatas rumor. Bukan informasi resmi. Setelah kami telusuri, rumor ini berkembang pertama kali lewat media online di Korea Selatan. Jadi sejauh ini kami belum bisa memberi konfirmasi apa-apa,” kata Sulaiman.

x

Check Also

Piala Menpora 2021 Bakal Disiarkan di Stasiun TV Mana ?

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kini terus mematangkan persiapan agar nantinya Piala Menpora ...