Home > Berita Liga Indonesia > Kompetisi Belum Jelas, Deretan Pemain Asing Ini Masih Setia di Liga 1

Kompetisi Belum Jelas, Deretan Pemain Asing Ini Masih Setia di Liga 1

Shopee Liga 1 sampai saat ini tidak kunjung mendapatkan kejelasan mengenai kelanjutannya. Hal itu membuat sejumlah pemain asing mulai memutuskan pergi dan bergabung bersama klub di luar Indonesia. Tapi, sejumlah pemain asing tetap berusaha sabar dan tetap menunggu kompetisi kembali diadakan. Sampai saat ini yang baru bisa dipastikan adalah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru berencana untuk mengadakan kembali Shopee Liga 1 pada Februari mendatang.
Tapi, kepastian itu belum ada karena kepolisian belum mengeluarkan izin mengadakan pertandingan yang dibutuhkan agar kompetisi bisa berjalan.

Ketidakpastian itu sudah membuat aliran pemain asing memutuskan meninggalkan klubnya, seperti para pemain asing Persebaya Surabaya, David da Silva, Makan Konate, dan Mahmoud Eid. Tidak hanya itu, sejumlah klub pun sudah mendeklarasikan pembubaran diri, seperti Madura United dan Persipura Jayapura. Sementara itu, mayoritas klub lain memutuskan untuk menghentikan aktivitas tim sembari menunggu kepastian kapan kompetisi akan kembali digelar.
Hanya Persikabo yang sampai saat ini masih mengadakan latihan bersama di Bogor.

Bicara mengenai alur pemain asing yang akhirnya memutuskan meninggalkan Indonesia karena ketidakpastian kapan Shopee Liga 1 diadakan kembali, ada sejumlah pemain asing yang mencoba tetap bertahan. Sejumlah klub bahkan mampu membuat mereka tetap bertahan dengan perpanjangan kontrak.

Berikut rangkuman deretan pemain asing di klub Shopee Liga 1 yang memutuskan untuk tetap bertahan di tengah ketidakpastian kompetisi. Siapa saja mereka?

Marko Simic dan Semua Pemain Asing Persija

Persija Jakarta sejauh ini masih memiliki semua pemain asing mereka walau memutuskan menghentikan aktivitas tim selama lanjutan Shopee Liga 1 belum jelas. Marko Simic, Rohit Chand, Marc Klok, dan Marco Motta tetap memutuskan bertahan. Marko Simic yang dikenal sebagai mesin gol Macan Kemayoran memutuskan untuk tetap menghargai kontraknya yang baru diperpanjang pada awal 2020. Striker asal Kroasia itu diikat oleh Persija dengan kontrak yang membuatnya berstatus pemain Persija hingga 2023.
Tapi, bukan hanya karena ikatan kontrak itu saja Marko Simic ingin bertahan di Persija. Kecintaannya terhadap The Jakmania membuat top scorer Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2019 itu sampai saat ini tetap setia bersama Macan Kemayoran.

Kesetiaan Marko Simic bersama Persija pun diikuti oleh pemain asing Macan Kemayoran yang lain. Marko Motta, Marc Klok, dan Rohit Chand sampai sekarang tidak memutuskan untuk hengkang dari Macan Kemayoran, tapi setia menunggu kabar untuk kembali berkompetisi di Liga 1.

Brwa Nouri dan 2 Pemain Asing Bali United

Bali United kehilangan Paulo Sergio setelah kompetisi Shopee Liga 1 tidak kunjung digelar pada 2020. Pemain terbaik Liga 1 2017 yang tercatat sudah meraih gelar juara bersama Bhayangkara FC dan Bali United itu menjadi satu-satunya pemain Serdadu Tridatu yang memutuskan untuk pergi.
Sementara . . . . . . itu, Brwa Nouri memutuskan untuk bertahan bersama Bali United. Ia dan Melvin Platje memutuskan untuk memperpanjang kontraknya pada akhir Desember 2020 agar tetap bersama Bali United pada musim 2021.

Setelah memperpanjang kontraknya bersama Bali United, Brwa Nouri menegaskan kalau dirinya ingin membela Bali United di kompetisi Asia. Hal itu bisa dimengerti karena pada 2020, Bali United yang menjadi wakil Indonesia tidak dapat menyelesaikan musim lantaran kompetisi Piala AFC 2020 dihentikan. Bali United pun sekarang kembali menjadi wakil Indonesia untuk Piala AFC 2021, dan itu menjadi motivasi bagi pemain berpaspor Irak itu untuk bertahan bersama Serdadu Tridatu.

“Saya tidak ingin perjalanan saya di Bali berakhir tanpa kesempatan untuk membela tim ini di kompetisi Asia dan mempertahankan juara Liga 1,” kata Brwa Nouri seperti dikutip situs resmi klub, Kamis (31/12/2020).

“Hal itulah yang menjadi tantangan untuk saya hadapi. Saya ingin mempertahankan gelar juara di tim ini dan bisa membantu meraih prestasi baru di kompetisi Asia,” kata Brwa Nouri.

Selain Brwa Nouri dan Melvin Platje yang memutuskan memperpanjang kontrak bersama Bali United, Willian Pacheco juga tetap bertahan bersama Serdadu Tridatu karena masih memiliki kontrak dengan tim yang ditangani oleh Stefano Cugurra Teco itu.

Nick Kuipers dan Semua Pemain Asing Persib

Seperti halnya Persija Jakarta, Persib Bandung juga tercatat masih memiliki semua pemain asingnya. Klub berjulukan Maung Bandung itu belum mengumumkan ada pemain asingnya yang memutuskan pergi karena ketidakpastian kompetisi Shopee Liga 1. Bahkan sang pelatih, Robert Alberts, yang berasal dari Belanda memutuskan untuk tetap bertahan di Bandung selama kompetisi tidak bergulir lantaran pandemi COVID-19.
Sampai sejauh ini, Nick Kuipers, Wander Luiz, Geoffrey Castillion, dan Omid Nazari masih berstatus sebagai pemain asing Persib. Nick Kuipers bahkan diyakini akan tetap bertahan seandainya ketiga rekan setimnya memutuskan berbeda.

Walau tergolong baru di Persib Bandung, di mana ia datang pada putaran kedua Liga 1 2019, Nick kelihatannya begitu betah berada di Bandung. Saking betahnya, pemain asal Belanda itu sudah membuka sebuah bisnis di Bandung. Nick Kuipers membuka bisnis makanan sehat di Bandung dengan nama Johnny Wraps, sebuah ekspansi dari bisnis yang dibukanya di Maastricht, Belanda, yang merupakan kota kelahirannya.
Bahkan bisnis itu makin menggeliat saat kompetisi sepak bola Indonesia terhenti sepanjang 2020.

x

Check Also

RANS Cilegon FC Bakal Boyong Mesut Ozil?

Jakarta – Setelah berhasil promosi ke Liga 1, RANS Cilegon FC mulai berbenah, termasuk berencana ...