Home > Berita Liga Spanyol > Jarang Disorot, 5 Pemain Ini Ternyata Pernah Perkuat Barcelona

Jarang Disorot, 5 Pemain Ini Ternyata Pernah Perkuat Barcelona

Barcelona merupakan salah satu klub teras Eropa. Koleksi 26 gelar Liga Spanyol dan lima trofi Liga Champions adalah contoh kecil kesuksesan Blaugrana (julukan Barcelona) di percaturan sepakbola Benua Biru. Karena itu, bermain dengan klub sebesar Barcelona merupakan idaman sejumlah pesepakbola.

Kesempatan berprestasi dan bermain dengan sejumlah pesepakbola top menjadi pertimbangannya. Tapi, ternyata ada sejumlah pesepakbola bintang yang tak disangka pernah berseragam Barcelona. Pemain-pemain ini gagal bersinar bersama Barcelona, walau cukup sukses di klub lain. Siapa saja?

Berikut 5 pesepakbola bintang yang tak disangka pernah berseragam Barcelona:

5. Juan Roman Riquelme

Barcelona merupakan klub yang membawa Juan Roman Riquelme berkarier ke Eropa. Blaugrana membawa Riquelme ke Eropa setelah dibawa dari klub asal Argentina, Boca Juniors pada musim panas 2002. Sayangnya, Riquelme gagal bersinar bersama Barcelona.

Dari 42 pertandingan di semua kompetisi pada 2002-2003, Riquelme mengemas enam gol dan sembilan assist.  Riquelme baru bersinar saat dilepas ke Villarreal pada musim panas 2003. Riquelme bahkan membawa Villarreal lolos ke semifinal Liga Champions 2005-2006.

4. Maxi Lopez

Nama Maxi Lopez mencuat saat sang istri, Wanda Nara, direbut penyerang Inter Milan, Mauro Icardi. Padahal sebelum kejadian pada 2013 itu, Maxi Lopez sempat membela klub sebesar Barcelona. Maxi Lopez tercatat 2,5 tahun (2005-2007) membela Barcelona. Sayangnya, penyerang berpaspor Argentina itu gagal tampil impresif. Turun dalam 19 pertandingan, Maxi Lopez hanya mengemas dua gol dan tiga assist.

3. Mikel Arteta

Nama Mikel Arteta mencuat saat membela Everton dari 2005-2011. Kemudian, Mikel Arteta juga sempat menjadi pemain andalan Arsenal dari 2011 sampai memutuskan pensiun pada 2016. Tapi, siapa sangka Mikel Arteta sempat berseragam Barcelona. Hanya saja, Mikel Arteta hanya berkutat bersama tim Barcelona B, tidak pernah mencicipi bermain bareng tim senior.

2. Ricardo Quaresma

Pada musim panas 2003, Barcelona dihadapkan dengan dua pilihan winger Portugal, yaitu Ricardo Quaresma dan Cristiano Ronaldo. Akhirnya, Quaresma yang dipilih dan bisa dibilang itu keputusan yang keliru. karena, Quaresma gagal total bersama Barcelona.

Di sepanjang musim 2003-2004, Quaresma hanya mengoleksi satu gol dan dua assist dari 28 pertandingan di semua kompetisi. Alhasil pada musim panas 2004, Quaresma dijual Barcelona ke FC Porto. Bagaimana dengan Cristiano Ronaldo? Ia memilih hengkang ke Manchester United pada 2003 dan tumbuh sebagai pesepakbola terbaik dunia.

1. Thiago Motta

Sebelum menjadi Warga Negara Italia, Thiago Motta pernah membela Barcelona. Tatkala berstatus sebagai personel tim senior Barcelona (2001-2007), Thiago Motta masih membela Tim Nasional Brasil. Total dalam periode tersebut, Motta turun dalam 147 pertandingan dengan koleksi 10 gol dan 13 assist. Ia juga membantu Barcelona memenangkan empat gelar, termasuk trofi Liga Champions 2005-2005.

Nama Thiago Motta terdaftar di pertandingan final Liga Champions 2005-2006 yang mempertemukan Barcelona vs Arsenal. Bisa dibilang, Thiago Motta merupakan pemain yang paling sukses di Barcelona ketimbang nama-nama di atas.

x

Check Also

Barcelona Meredup Saat Messi Masih Mampu Terus Bersinar

Barcelona gagal meraih tiga angka setelah melawan Cadiz dalam pertandingan lanjutan La Liga, Minggu (21/2/2021) ...