Home > Berita Bola > Inikah Isyarat Pele Tak Rela Rekor Golnya Dilewati Ronaldo ?

Inikah Isyarat Pele Tak Rela Rekor Golnya Dilewati Ronaldo ?

Cristiano Ronaldo mencetak milestone setelah mengemas dua gol saat Juventus menang 4-1 atas Udinese di pekan ke-15 Liga Italia 2020-2021, Senin 4 Januari 2021 dini hari WIB. Dua golnya di pertandingan itu membuat koleksi gol Cristiano Ronaldo di level profesional mencapai 758 bola!

Semenjak turun sebagai pesepakbola profesional pada 2002, Cristiano Ronaldo tesudah mengemas 758 gol. Sebanyak 656 gol dibuat di level klub dan 102 lainnya bersama Tim Nasional (Timnas) Portugal. Jumlah itu sudah melampaui gol resmi yang dicetak Pele bersama Santos, New York Cosmos dan Timnas Brasil.

Mentas sebagai pesepakbola profesional selama 21 tahun (1956-1977), menurut catatan resmi Pele mengemas 757 gol, alias terpaut satu bola dari Cristiano Ronaldo. Saat ini Cristiano Ronaldo hanya terpaut satu bola dari pencetak gol terbanyak sepanjang masa yang dipegang legenda Austria-Cekoslovakia, Josef Bican.

Di sepanjang kariernya yang terbentang selama 24 tahun (1931-1955), Josef Bican mengemas 759 gol. Kalau Cristiano Ronaldo mencetak dua gol saat Juventus bertandang ke markas AC Milan di lanjutan pekan ke-16 Liga Italia 2020-2021 pada Kamis 7 Januari 2021 dini hari WIB, Cristiano Ronaldo otomatis melewati rekor Josef Bican.

Tapi, Pele sepertinya tidak rela kalau ada sosok lain yang menyandang status pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Melihat dari bio akun Instagram Pele, @pele, ia masih menempatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Ia menulis bio “Leading Goal Scorer of All Time” (pencetak gol terbanyak sepanjang masa) dengan 1.283 gol. Sejauh ini memang ada perdebatan perihal berapa jumlah gol Pele yang sebenarnya. Pele dan timnya mencatat, jumlah golnya lebih dari 1.000. Sementara dalam catatan resmi FIFA, jumlah gol Pele berada di angka 757. Sebelumnya, mantan klub Pele yaitu Santos juga . . . . . . membantah saat Lionel Messi (Barcelona) meraih status pencetak gol terbanyak bersama satu klub.

Pele

(Penampakan bio Instagram Pele)

Pada Rabu 23 Desember 2020, Lionel Messi mencetak milestone. La Pulga (julukan Lionel Messi) mencetak satu gol saat Barcelona menang 3-0 atas Real Valladolid dalam lanjutan Liga Spanyol 2020-2021. Satu gol itu membuat koleksi gol Lionel Messi bersama Barcelona mencapai 644 bola. Ia mengemas 644 gol dari 749 penampilan, atau semenjak dipromosikan ke tim senior Barcelona pada 2003.

Lionel Messi pun tercatat sebagai pesepakbola dengan koleksi gol terbanyak bersama satu klub. Menurut catatan resmi, koleksi gol Lionel Messi melewati jumlah gol Pele yang tercatat mencetak 643 bola untuk Santos.

Tapi, seperti yang diutarakan di atas, kubu Santos menilai ada 448 gol Pele yang tidak terhitung. Dalam penghitungan kubu Santos yang kemudian dirilis asosiasi riset dan sejarah Santos, jumlah gol Pele bersama Santos sebenarnya adalah 1.091 gol.

Dalam artikel itu, ada sejumlah pertandingan yang dijalani Pele, tapi tidak dihitung dalam catatan resmi. Sebut saja saat Pele dan Santos menghadapi Inter Milan, River Plate, Boca Juniors, Racing, Universidad de Chile, Real Madrid, Juventus, Lazio, Napoli, Benfica Anderlecht dan Barcelona.
Karena itu, akankah Pele bersedia menghapus bio di Instagram-nya demi menyambut Cristiano Ronaldo sebagai pesepakbola tertajam di dunia?

x

Check Also

Jadi Rebutan Klub Raksasa Eropa, Wonderkid Brasil Kembali Cetak Gol Sensasional

Jakarta – Wonderkid asal Brasil yang masih berusia 15 tahun, Endrick Felipe, kembali menarik perhatian ...