Home > Berita Euro > Piala Eropa > Gelaran Piala Eropa 2020 Bakal Terkena Dampak Covid-19?

Gelaran Piala Eropa 2020 Bakal Terkena Dampak Covid-19?

Nyon – EUFA direncanakan akan menggelar Piala Eropa 2020 yang ditunda penyelenggaraannya pada 11 Juni-11 Juli 2021 mendatang karena pandemi Covid-19.

Nantinya Piala Eropa 2020 akan digelar di 12 kota, di 12 negara, yakni London (Inggris), Bilbao (Spanyol), Munich (Jerman), Roma (Italia), Budapest (Hungaria), Baku (Azerbaijan), St Petersburg (Rusia), Amsterdam (Belanda), Kopenhagen (Denmark), Dublin (Irlandia), Glasgow (Skotlandia), dan Bucharest (Rumania).

Meski demikian, belakangan muncul usulan agar gelaran Piala Eropa 2020 dilakukan di satu negara saja karena pandemi Covid-19 yang masih merebak di banyak negara.

“Kita tidak boleh lupa bahwa gagasan penyelenggaraan khusus turnamen ini muncul ketika virus korona tidak ada. Itu adalah inisiatif Komisi UE yang ingin sepak bola ditayangkan di seluruh Eropa,” kata CEO Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge.

“Tapi saya tahu, Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, yang sangat berhati-hati dengan corona, sedang memikirkan apakah tidak lebih masuk akal pada saat-saat ini untuk memainkan turnamen hanya di satu negara. Tentu saja dengan konsep kebersihan yang sesuai,” jelasnya.

UEFA juga sedang mempertimbangkan opsi jumlah penonton yang boleh hadir di stadion. Antara opsi stadion penuh, 50:50, 20-30 persen, hingga tanpa penonton.

“Setiap kota tuan rumah bersama dengan UEFA, akan memilih 2-3 skenario dan mengembangkan rencana yang sesuai dalam beberapa minggu mendatang. Keputusan tentang skenario mana yang akan diterapkan secara individual di setiap kota selama turnamen akan dibuat pada bulan Maret,” demikian pernyataan UEFA, belum lama ini.

x

Check Also

Prediksi Belgia vs Kazakhstan, Kualifikasi Euro 9 Juni 2019

Prediksi Belgia vs Kazakhstan, Kualifikasi Euro 9 Juni 2019

Brussel – Kualifikasi EURO 2020 pada hari Minggu (09/06/2019) akan menurunkan duel Grup I antara Belgia ...