Home > Timnas Indonesia > Elkan Baggott Tetap Bela Timnas Indonesia Meski Piala Dunia U-20 2021 Batal

Elkan Baggott Tetap Bela Timnas Indonesia Meski Piala Dunia U-20 2021 Batal

Seperti diketahui, Elkan Baggott digadang-gadang sebagai pemain andalan masa depan timnas Indonesia. Memiliki postur tinggi dan pengalaman di Eropa, Elkan Baggott dinilai akan menjadi salah satu tumpuan timnas Indonesia di sektor pertahanan.

Sebelum menuju ke timnas Indonesia senior, saat ini Elkan Baggott termasuk dalam skuat timnas U-19 Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Elkan Baggott sudah unjuk gigi bersama timnas U-19 Indonesia saat menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, sudah menurunkan Baggott dalam tiga pertandingan uji coba di Kroasia sekitar bulan Oktober 2020 silam. Dalam tiga pertandingan uji tanding yang dijalaninya, pemain Ipswich Town U-18 itu berhasil membantu skuat Garuda Muda memetik hasil dua kemenangan dan satu pertandingan imbang.

Dua kemenangan itu diraih saat timnas U-19 Indonesia mengalahkan timnas U-19 Makedonia Utara dengan skor 4-1 dan menumbangkan Hajduk Split 4-0. Sedangkan hasil imbang diterima oleh timnas U-19 Indonesia saat ditahan imbang 0-0 atas timnas U-19 Makedonia Utara pada leg kedua.

Berkat penampilan bagusnya, Elkan Baggott pun sempat dinilai Shin Tae-yong sebagai pemain inti Garuda Muda.

“Witan dan Elkan sejauh ini menjadi pemain inti dari skuat ini (timnas U-19 Indonesia),” kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari YouTube PSSI, 19 Oktober 2020.

Timnas U-19 Indonesia memang disiapkan salah satunya untuk mengarungi Piala Dunia U-20 2021. Tapi pada Kamis (24/12/2020), Piala Dunia U-20 2021 ternyata dibatalkan oleh FIFA dan diubah menjadi ke tahun 2023.

Walaupun agenda yang cukup bergengsi itu dibatalkan pada tahun 2021, ternyata . . . . . . Elkan Baggott kelihatannya ‘tak selingkuhi’ timnas Indonesia alias setia bersama skuat Garuda. Walaupun seperti diketahui, Baggott sempat diisukan diincar timnas Thailand karena pemain itu lahir di sana.

Hal ini diisyaratkan oleh Baggott lewat unggahan Instagramnya setelah pengumuman FIFA terkait pembatalan Piala Dunia U-20 2021. Dalam postingan-nya itu, Elkan Baggott membagikan fotonya menggunakan seragam timnas Indonesia dan menuliskan caption yang mengisyaratkan dirinya bertahan walaupun dalam situasi sulit.

“Melewati badai,” tulis Elkan Baggott seperti dilansir dari Instagram-nya pada 29 Desember 2020.

Elkan Baggott sendiri sekarang tergabung dalam daftar pemain yang ikut dalam pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia di Spanyol. Tapi, Baggott yang masih ada di Inggris itu belum bergabung ke Spanyol. Kelihatannya bek berpostur 194 cm itu akan sulit terbang ke Spanyol, karena ada larangan dari pemerintah setempat yang melarang pendatang dari Inggris menuju Negeri Matador.

Kondisi ini dikarenakan sikap tanggap dari pemerintah Spanyol dengan adanya jenis virus baru di Inggris. Dilansir dari Sky News, Spanyol sudah melarang semua pendatang dari Inggris (kecuali warga Spanyol) sejak 22 Desember 2020.

x

Check Also

Ricky Kambuaya Ungkap Sosok Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Jakarta – Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, mengaku memiliki kesan istimewa terhadap sosok pelatih Timnas ...