Home > Timnas Indonesia > Elia Di Guiliomaria, Pemain Italia di Skuad Garuda Select 3

Elia Di Guiliomaria, Pemain Italia di Skuad Garuda Select 3

Berikut adalah profil pemain Garuda Select 3, Elia Di Guiliomaria. Dia adalah pemain asing asal Italia yang melengkapi skuat besutan Dennis Wise dan Des Walker. Selain 21 pemain asal Indonesia, musim ini juga ada dua pemain asing Italia yang bergabung dalam skuat Garuda Select 3, yaitu Lorenzo Berra dan Elia Di Guiliomaria.
Lahir dan besar di Italia, membuat Elia sudah akrab dengan si kulit bundar sejak dini. Saat menginjak usia 5 tahun, Elia masuk akademi Ancona, tim dekat rumahnya di Kota Udine.

Tidak lama berselang, Elia pindah ke Inverigo dan masuk ke tim akademi Xenia. Elia juga sempat menimba ilmu di Akademi Inter dari 2014 sampai 2018, lalu dipinjamkan ke Renate hingga Desember 2019. Pada Januari 2020, Elia pindah ke FC Como, klub yang sempat menjadi homebase skuat Garuda Select 2 saat bertandang ke Italia.
Tapi, saat itu Elia terbelit cedera ilipsoas dan harus menepi selama tiga bulan.

Siapa sangka, kegigihannya di lapangan hijau membuat Elia akhirnya dipanggil oleh Direktur Program Garuda Select Dennis Wise, untuk bergabung dalam latihan di Inggris, tepatnya pada Desember 2020.

“Pagi itu, saya baru keluar dari kamar dan bersiap ke sekolah. Saya menerima telepon dari manajer Como FC yang memberitahu kalau saya dan Lorenzo terpilih untuk masuk di Program Garuda Select,” kata Elia.

Walau sempat mengalami . . . . . . kendala bahasa, Elia mengaku bisa cepat beradaptasi karena Edgard Amping dkk cukup ramah dan tidak segan untuk memulai komunikasi.

“Saya sangat gembira dan senang, apalagi pemain lain menerima saya dengan baik. Mereka adalah teman-teman yang baik, memberikan banyak senyum, sangat simpati, dan bersahabat,” kata pemain 17 tahun itu.

Sebagai pemain jebolan FC Como, tentu Elia mengusung target untuk masuk skuat utama dan bermain di Serie C Italia. Elia berharap bisa mengambil banyak ilmu selama mengikuti program Garuda Select.

“Selama sebulan pertama, saya melihat perubahan itu (teknik dan fisik), dan sangat senang dengan hasilnya. Saat kembali ke Como FC di musim semi nanti, saya ingin ikut berlatih dan masuk ke tim utama Como,” kata Elia.

Pada pertandingan perdana Garuda Select vs Port Vale U-18, Desember 2020, Elia Di Guiliomaria masuk di babak kedua. Hasilnya, ia hampir membuat assist dan membawa keunggulan. Hanya saja bola bisa ditahan kiper lawan.

x

Check Also

Pelatih Filipina Tidak Terlalu Mengenal Timnas Putri Indonesia di Piala Asia Wanita 2022

Jakarta – Pelatih Timnas Putri Filipina, Alen Stajcic, mengaku tidak mengenal kekuatan Timnas Putri Indonesia. ...